Bincang Bisnis, Manajemen UKM

6 Kunci Sukses Pelaku UMKM di Indonesia

Kunci sukses UKM dalam memulai usahaSesuai data survey di lapangan, jumlah pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia termasuk paling banyak di antara negara lainnya. Bahkan sejak dua tahun terakhir, jumlahnya terus mengalami perkembangan sehingga diperkirakan tahun 2016 UMKM menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia di pasar bebas ASEAN.

Akan tetapi, jumlah pertumbuhan tersebut nyatanya mengalami pasang surut. Kendati sekarang ini banyak start up baru yang bermunculan, namun tidak sedikit pelaku UMKM di daerah-daerah yang terpaksa menutup usahanya karena tak mampu bersaing di tengah ketatnya himpitan pasar global.

Tentu Anda tak ingin mengalami nasib yang sama bukan? Simak 6 kunci sukses dari pelaku UMKM di Indonesia, yang sempat di wawancara oleh tim liputan BisnisUKM.com.

Satu : “Kunci sukses dalam bisnis bagi pemula adalah keyakinan. Jika anda yakin bisa pasti bisa, yakin mampu pasti mampu, yakin sukses pasti sukses. Artinya, keyakinan akan potensi diri untuk berkembang. Selain itu, jangan lupa untuk berdoa. Dan perbanyak berbagi dengan sesama. Berbagi tak akan rugi, malah akan semakin ditambah banyak rejeki. Jangan hanya mengejar materi namun dari hasil usaha itu upayakan untuk membantu sesama,” Mawan Probodipuro, owner Batik Proboparon.

Soklat Banget, Murah Banget

Soklat Banget, Murah Banget

Paket mulai dari 3,8 Juta mendapatkan semua perlengkapan lengkap.

Baca Juga Artikel Ini :

Tips Menjadi Wirausaha Sukses Bagi Pemula

Komunitas Bisnis, Jadi Kunci Sukses Dalam Berbisnis

Dua : “Seperti kata steve jobs, If you can dream it, you can do it. Jadi selama kita punya keinginan dan disertai doa, dan kita mau melakukannya, pasti disitu ada jalan untuk bisa berhasil. Doa orang tua juga sangat penting dalam hal ini. Ketika kamu belum bisa merubah apa yang ada disekitarmu, maka rubah dulu diri kamu dan kebiasaanmu,” Alfha Gemilang pemilik brand minuman Carica Gemilang.

Tiga : “Sebagai usahawan pemula saya sangat senang dan bersyukur dengan apa yang sudah saya raih saat ini. Masukan saya untuk teman-teman yang ingin memulai atau mengembangkan usahanya lakukanlah dengan sungguh-sungguh, dan menyukai apa yang dikerjakan karena tanpa itu akan berat sekali untuk melewati berbagai tantangan yang muncul. Selalu belajar dari kesalahan, menerima masukan orang apa adanya baik positif maupun negatif untuk pengembangan, tidak pernah putus asa menghadapi tantangan yang muncul dan yang pasti bekerja keras secara cerdas,” IGN Andi K, owner bisnis sambal kemasan Selera Pedas BuMajun.

BINGUNG CARI IDE BISNIS ?
Dapatkan Ratusan Ide Bisnis Dilengkapi Dengan Analisa Usaha.
Klik Disini

Empat : “Jangan menyerah, konsisten, fokus pada satu produk terlebih dahulu lalu kembangkan itu, serta bangun pondasi bisnis secara perlahan, dan tidak mengejar keuntungan secara instan,” Andi Tharsia, produsen Gluck Susu Jagung.

Lima : “Perkataan guru besar saya Tung Desem Waringin, belajarlah dari yang sukses, maka Anda akan lebih mendekati kepada kesuksesan. Waktu kita mau belajar berenang, ya jangan belajar sama orang yang main basket, tapi belajarlah dari guru renang, hal ini terlihat simple tapi begitu bermakna. Karena inputnya salah , outputnya juga salah. Bayangkan jika kita masak nasi goreng dengan kecap duluan, jelas akan gosong semuanya ada step by stepnya, dan tentunya kita bisa pelajari tanpa melakukan kesalahan seperti orang lain yang sudah melakukan kesalahan tersebut. Kita hanya perlu Amati, Tiru dan Modifikasi (ATM),” Yossa Setiadi, pemilik Bawang Goreng Soy.

Enam : “Coba saja jual apa saja yang menurut anda bisa dijual, sekaligus melatih diri kita agar tidak malu dalam berjualan. Lalu dari situ Anda bisa menemukan apa yang memurut anda paling mudah dan paling menguntungkan untuk dijual. Selanjutnya, FOKUS terhadap keputusan yang sudah ambil, dalami, selami dan geluti,. Kerja cerdas memang perlu, tetapi diawal bisnis kerja keras lebih diperlukan,” Novi deviana dan Kaharudin, owner Bonekalucuna.com.

Semoga bisa menginspirasi dan salam sukses!

Tim Liputan BisnisUKM