Komunitas Bisnis, Jadi Kunci Sukses Dalam Berbisnis

Komunitas Bisnis,  Jadi Kunci Sukses Dalam Berbisnis

Komunitas bisnis adalah perkumpulan dari sekelompok orang yang memiliki kesamaan nilai-nilai. Para anggota komunitas bisnis membentuk komunitas untuk saling berinteraksi antara satu sama lain demi kemajuan bisnisnya. Sebelum trend internet meningkat, komunitas bisnis biasanya bertemu secara offline dalam skala regional atau lokal. Namun, saat ini komunitas bisnis sudah menjamur di dunia maya sehingga komunitas bisa terdiri dari orang-orang antar wilayah bahkan negara.

Komunitas bisnis dalam jangka panjang akan mendorong kemajuan usaha Anda, sehingga akan berdampak pada peningkatan omzet perusahaan. Berikut beberapa manfaat komunitas bisnis yang akan menjadi kunci sukses dalam bisnis Anda:

  1. Meluasnya jaringan bisnis. Sebagai pebisnis, kesempatan mengenal rekan pebisnis lain merupakan hal yang berharga. Dengan memiliki banyak jaringan bisnis akan memperkaya wawasan bisnis Anda, baik bisnis di bidang sejenis maupun berbeda. Komunitas bisnis pun memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi terbaru dari jaringan bisnis Anda yang berasal dari berbagai bidang.
  2. Pertukaran Informasi Bisnis. Adanya komunitas bisnis membuat Anda memiliki kedekatan antara anggota satu dengan yang lain. Hal ini dapat memungkinkan Anda dan rekan pebisnis untuk saling mengobrol dan bertukar pikiran. Dalam moment ini tidak jarang kalau terbuka informasi-informasi yang sebelumnya tidak banyak Anda ketahui tentang strategi bisnis yang diterapkan orang lain. Bagi Anda calon pebisnis, Anda pun bisa belajar dari cara orang lain dalam menjalankan bisnisnya. Penting untuk Anda terapkan saat Anda telah memiliki bisnis.
  3. Tercipta Relasi Bisnis yang lebih akrab. Komunitas bisnis juga dapat membangun hubungan yang lebih akrab sehingga menimbulkan rasa saling tolong menolong. Ada kalanya seorang pebisnis berada pada keadaan tidak mampu menjawab masalah yang sedang dihadapinya. Dalam hal ini Anda bisa mendiskusikan dengan relasi bisnis untuk mencari jalan keluar. Mungkin relasi bisnis Anda di komunitas bisnis pernah menghadapi hal yang sama sehingga lebih berpengalaman dan memiliki alternatif pemecahan masalah.

Bergabung dalam komunitas bisnis memiliki manfaat yang begitu besar, bukan? Dari komunitas bisnis, Anda akan bertemu banyak orang yang memiliki minat sama dengan Anda. Dengan mengenal banyak orang, tentu akan turut memajukan bisnis Anda di masa depan. Nah, bagi Anda yang belum memiliki komunitas bisnis, segeralah bergabung dalam komunitas bisnis di sekitar Anda! Jika tidak ada, segera temukan komunitas bisnis Anda di media online. Dan temukan kesuksesan bisnis Anda melalui Komunitas Bisnis.

Sumber Gambar: http://cdn2.business2community.com/wp-content/uploads/2013/03/online_community.jpg

16 Komentar

  1. Perkenalkan saya yudi dari Garut , saya lagi cari supplier pabrik textile untuk bahan kain baku di daerah Garut dan bandung :
    # untuk belanja ke pabrik bahan kain minimal brapa kilo or yard
    # untuk modal awal brapa
    # untuk info lish harga kain bahan untuk gamis or kaos
    trimakasih

  2. mungkin saya bisa share pengalaman saya, saya sama seperti anda kejadianya, bingung karena kurang modal, dan mau usaha apa untuk orang awam seperti saya ini, karena tidak ada modal yang memadai pupuslah impian, tetapi di balik itu semua ada hikmahnya, ternyata buka usaha ga perlu besar-besar modalnya mulai dari yang terkecil, lalu saya tekuni, alhamdulilah, berkembang dan berhasil, setelah berbisnis pulsa itu, baru saya bisa mendapatkan modal dan mengembangkan usaha impian saya.

    kini bisnis pulsa saya berkembang dan orang lain juga merasakan yang sama seperti yang saya alami. intinya sabar dan tekun. jangan menyerah.

  3. Saya Maulana seorang yang sagat-sangat mau jadi pengusaha ,tapi saat ini saya belum ada modal untuk meembangun usaha tau binsis yang selama ini di impikan , jadi saat ini saya mencari pengusaha-pengusa berhasil dahulu untuk bisa membantu saya supaya saya bisa terealisir impian usaha yang akan di capai. mohon pendapat dari semua pengusaha untuk bisa membantu saya dalam hal ini. terima kasih banyak atas bantuanya dan perhatiannya .

    • Selamat pagi Ibu Nur, apabila Ibu Nur belum memiliki stok produk yang cukup, bisa membuka peluang kerjasama dengan beberapa suplier alat bordir di kota Ibu untuk menitipkan produk dagangannya di toko Ibu Nur. Dalam hal ini Ibu bisa menggunakan sistem titip jual, sehingga bisa meminimalisir resiko kerugian bila produk titipan suplier tidak habis terjual. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  4. Assalamualaikum, saya Dani Ramdani tinggal di Karawang Jawa Barat, barangkali ada peluang usaha untuk di kota saya atau kota -kota tetangga insya allah saya siap bekerja sama, untuk sistem kerja sama saya serahkan sama bapak yang lebih berpengalaman dan tau, saya hanya punya tegad untuk berusaha sebaik mungkin demi istri dan keluarga saya. Mohon pertimbangannya dan bantuan nya pak. Insya allah amanah.

  5. Selamat pagi.mohon bimbingan.saya tinggal di purwokerto.saya ingin punya bisnis tapi bisnis apa yang harus saya tekuni….?

  6. saya pemula juga terlalu muda. tapi saya ingin berbisnis namun masalah modal pula jadi masalah. mohon bimbingannya

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk membantu Sdr. Triad mengatasi minimnya modal usaha, berikut ini kami informasikan tips bisnis yang bisa dicoba, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

    • Saya Ardi dari Jakarta saya ingin bergabung berbisnis jika ada yang punya bisnis planing tp, kurang modal terutama yang tinggal di Jakarta. Trims

  7. good article. salam kenal.
    saya pemula, saya berminat untuk berbisnis.
    mohon bantuan dan saran komunitas bisnis apa yang bagus untuk saya bergabung untuk bertukar pikiran.

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk membantu Ibu Dwi bertukar pikiran dengan sesama pemula maupun pelaku usaha, Ibu Dwi bisa bergabung di kelas bisnis yang ada di BisnisUKM.com. Informasi selengkapnya untuk pendaftaran kelas bisa menghubungi customer servis kami melalui 081-329-612-111. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  8. Salam Sukses … Trmksh atas info nya,saya pemula juga yg ingin menjadi sukses ,mungkin sangat sulit utk bisa mulai bisnis tanpa modal,pasti ada walau sedikit , situs ini menarik kalo bisa saya ikut menjadi reseller anda kenapa tidak.

  9. Saya adalag pemula alias calon pembisnis tapi dengan tidak mempunyai modal apakah mungkin ? Dri mana saya harus memulai ?.bingung.

    • Ibu Maryati, untuk pemula bisa bergabung dengan usaha saya sebagai reseller. Atau kalau ibu punya tempat bagus dan strategis (di Surabaya/Sidoarjo/Gresik) khususnya bisa joint dengan usaha saya. terima kasih.

Comments are closed.