Promosi produk merupakan salah satu bagian penting dari strategi pemasaran bisnis. Dengan adanya promosi produk, membantu para pelaku usaha untuk menginformasikan hasil produksinya kepada pangsa pasar. Selain itu promosi produk, juga membantu para pengusaha untuk meningkatkan angka penjualan produk guna meraih omset yang mereka targetkan.

Video Praktisi

Strategi Pemasaran Menjalankan Usaha Konveksi

Berbagai strategi digunakan para pengusaha untuk meningkatkan pemasaran produknya, dari mulai menciptakan produk yang dibutuhkan konsumen, memberikan harga yang sesuai dengan target pasar, memilih lokasi usaha yang strategis, serta melakukan kegiatan promosi yang mendukung peningkatan penjualan. Meskipun telah melakukan berbagai kegiatan pemasaran, namun masih juga ada perusahaan yang tidak berhasil menjalankan pemasaran produknya. Sehingga strategi yang dipakai tidak mampu meningkatkan omset penjualan mereka.

Hal ini mungkin saja terjadi, karena masih banyak perusahaan yang melakukan kesalahan dalam strategi bisnisnya. Bisa jadi kualitas produknya yang bermasalah atau bisa juga terdapat kesalahan dalam strategi pemasarannya. Kebanyakan pengusaha hanya fokus pada caranya saja, namun jarang mengevaluasi strategi yang sudah digunakan. Sehingga mereka tidak mengetahui kesalahan strategi pemasaran yang diterapkannya.

Untuk itu agar usaha Anda tidak termasuk perusahaan yang melakukan kesalahan,apa saja kesalahan dalam pemasaran produk berikut kami berikan informasi mengenai yang sering dilakukan oleh para pelaku usaha.

  • Banyak perusahaan yang mengharapkan pelanggannya datang sendiri, namun tidak memiliki strategi pemasaran khusus yang mampu menarik minat konsumen. Pelaku bisnis selalu berpikiran, bahwa produk yang berkualitas tanpa dipromosikanpun dapat mendatangkan konsumen. Padahal sebagus apapun produk Anda, tidak akan diketahui konsumen tanpa adanya pemasaran yang mendukung. Kualitas produk yang tidak didukung promosi produk, hanya akan kalah bersaing dengan produk lain karena banyak produk baru muncul dengan kualitas yang lebih bagus. Untuk itu ciptakan strategi promosi yang unik, untuk menarik minat konsumen yang menjadi target pasar Anda.
  • Tidak berani menentukan target pasar yang lebih spesifik. Kebanyakan pelaku bisnis, memilih memproduksi produk yang bisa diterima oleh semua orang, ini menjadi kelebihan sekaligus kesalahan di bidang pemasaran. Kelebihannya Anda memiliki sasaran pasar yang lebih luas, namun kekurangannya konsumen tidak mendapatkan nilai lebih dari produk Anda. Sebaiknya jika Anda ingin menjangkau semua pasar, ciptakan keunikan tersendiri untuk tiap segmen pasarnya. Sehingga produk Anda tetap bisa memberikan nilai lebih bagi semua orang, dengan tetap memperhatikan kebutuhan tiap segmen pasar yang berbeda. Misalnya : produsen susu yang membedakan produknya sesuai target pasar yang dilihat dari usia konsumen.
  • Kesalahan yang ketiga yaitu, kebanyakan tampilan kemasan produk lebih menekankan keunggulan produk tersebut dibandingkan cara pemakaiannya. Jadi penjelasan yang diterima konsumen kurang lengkap, ¬†dan pemahaman konsumen akan produk tersebut juga kurang. Maka tak heran jika konsumen kurang tertarik dengan produk tersebut, karena konsumen memutuskan untuk membeli suatu produk berdasarkan informasi yang dicantumkan pada kemasan produk tersebut.
  • Kurangnya riset dan uji pasar, kesalahan melempar produknya ke pasaran tanpa melakukan uji pasar terlebih dahulu sering dilakukan para pelaku usaha. Akibatnya Anda tidak mengetahui apakah produk yang dilempar ke pasaran sudah sesuai dengan kebutuhan pasar yang ada saat ini. Sebelum memasarkan sebuah produk, lebih baik lakukan riset terlebih dahulu mengenai kebutuhan pasar sehingga produk yang Anda tawarkan bisa sesuai dengan kebutuhan konsumen saat ini.
  • Ciptakan inovasi baru dalam memasarkan produk Anda, jangan meniru pemasaran yang sudah sering digunakan para pesaing. Lebih baik Anda menciptakan startegi promosi baru, agar produk Anda tidak dinilai sebagai produk pasaran dan memiliki nilai lebih dimata para konsumen. Hindari pula pemasaran dengan menjatuhkan produk pesaing, karena akan membuat konsumen tidak yakin dengan kualitas produk Anda.
  • Masih banyak pelaku bisnis yang kurang optimal dalam menjalankan strategi pemasaran, pemasaran masih dipandang sebagai beban perusahaan. Jadi sebisa mungkin dana yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Hal ini menjadi kesalahan besar bagi perusahaan, karena semestinya biaya pemasaran juga dianggarkan tersendiri sehingga kegiatannya pun juga bisa dilakukan secara optimal.
  • Bila pemasaran bisnis telah berhasil menjaring pelanggan, biasanya perusahaan tersebut cepat puas. Yang lebih parah lagi, banyak pelaku usaha yang sudah merasa puas bila memperoleh banyak pelanggan baru. Sampai – sampai pelanggan yang lama diabaikan dan hilang¬† begitu saja, karena perusahaan terlalu fokus mencari pelanggan baru. Sehingga pemasaran tidak bertambah luas, hanya berganti pelanggan saja.

Selalu ada pembelajaran besar dari setiap kesalahan, semoga informasi kesalahan dalam menjalankan pemasaran produk juga dapat memberikan pembelajaran besar bagi para pelaku bisnis maupun para pemula yang sedang merencanakan peluang bisnis. Salam sukses.

sumber gambar : http://ruangdosen.files.wordpress.com/2010/04/marketing.jpg dan http://3.bp.blogspot.com/_CY9UU2EqV1M/S71JqBIzxBI/AAAAAAAAGOE/-hnwnLNiooo/s320/ROI+Internet+Marketing.jpg