Pemasaran

Tips Jitu Menyusun Strategi Pemasaran Usaha Kecil

tips-jitu-menyusun-strategi-pemasaran-usaha-kecil

Strategi pemasaran usaha kecil merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk menjalankan sebuah usaha. Baik peluang usaha baru maupun usaha yang telah lama dirintis. Mulai usaha kecil maupun usaha yang telah berkembang sekalipun. Semuanya membutuhkan strategi pemasaran untuk mengembangkan usaha yang dijalankan.

Berbicara tentang konsep marketing, maka sesungguhnya kita sedang membicarakan bagaimana strategi pemasaran produk yang kita jual. Hal itu pulalah yang dihadapi oleh usaha kecil yang saat ini banyak bermunculan. Merencanakan strategi pemasaran yang tepat untuk menarik minat konsumen pada usaha kecil masih sangatlah sulit. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha kecil tentunya dengan fokus pada strategi pemasaran.

Mengoptimalkan Strategi Pemasaran Usaha Kecil

Dengan terbatasnya anggaran marketing yang dimiliki usaha kecil, bukan berarti menjadikan usaha kecil kalah dengan usaha skala besar. Untuk itu kita harus lebih kreatif dengan anggaran biaya yang minim untuk menghasilkan strategi pemasaran yang tepat. Berikut beberapa cara untuk mengoptimalkan pemasaran dengan anggaran terbatas :

  1. Bekerjasama dengan pengusaha atau rekan Anda untuk pemasangan iklan
  2. Mencoba mengirimkan penawaran produk kepada pelanggan serta memberikan potongan harga untuk paket pembelian tertentu.
  3. Perkenalkan produk dan usaha Anda melalui media gratis, hal ini akan membantu pencarian para konsumen tentang produk yang Anda tawarkan.Misalnya saja publikasi melalui internet.
  4. Libatkan lingkungan yang ada disekitar usaha Anda, dalam salah satu kegiatan yang usaha Anda laksanakan. Ini dapat dijadikan sebagai salah satu cara publikasi gratis kepada masyarakat sekitar.

menyusun-strategi-pemasaran-usaha-kecil

Tips Jitu Menyusun Strategi Pemasaran Usaha Kecil

Selain itu beberapa hal yang wajib untuk dipelajari dan diperhatikan dalam menyusun strategi pemasaran untuk usaha kecil yaitu sebagai berikut :

1. Konsistensi

Konsistensi dalam menjalankan usaha adalah salah satu yang wajib untuk dijalankan. Dengan adanya konsistensi terhadap semua area marketingnya, dapat membantu mengurangi biaya marketing dan meningkatkan efektivitas penciptaan merk.

Cara yang bisa dilakukan dengan melakukan secara maksimal, menghindari pikiran negatif, mencoba melakukan hal baru, menaikkan level kerja, terus belajar dan lakukan perbaikan secara berkala, evaluasi, libatkan orangdisekitar anda dan sharing informasi seputar usaha yang dijalankan.

2. Perencanaan

Perencanaan konsep marketing yang akan dijalankan usaha kecil sangat mempengaruhi banyaknya pelanggan yang diperoleh. Oleh karena itu luangkan waktu untuk merencanakan visi dan misi usaha, tujuan usaha, strategi pemasaran, anggaran marketing, serta konsep lainnya yang berhubungan dengan pemasaran.

Dengan perencanaan yang tepat dan benar maka akan membantu pengusaha untuk menentukan target jangka panjang. Sehingga tingkat keberhasilan suatu usaha juga akan tinggi.

Tujuan dari perencanaan tidak hanya digunakan untuk menentukan target saja. Namun  untuk pengawasan dan pengendalian usaha setiap harinya, untuk mendapatkan investasi dari lembaga maupun perorangan, mengatur target yang akan diajak untuk bekerja sama.

3. Strategi

Menentukan strategi usaha merupakan upaya yang dilakukan oleh pengusaha dalam mengambil sebuah kebijakan dan pedoman. Strategi merupakan dasar untuk kelanjutan kegiatan marketing yang telah direncanakan. Dengan adanya startegi pemasaran maka maka pengusaha dapat dengan mudah menentukan  siapa target pasar, bagaimana usaha kecil membidik pelanggan, dan bagaimana cara menjaga konsumen yang ada sebagai pelanggan tetap.

4. Target Market

Mendefinisikan secara tepat pangsa pasar yang dituju, dengan memilih satu atau lebih dari segmen pasar yang akan dimasuki. Target pasar yang jelas akan membuat konsep marketing lebih mudah dilaksanakan.

Salah satu menentukan target market dengan pengelompokan berdasarkan berbagai aspek. Diantaranya mengelompokkan berdasar usia, jenis kelamin dan pendapatan masyarakat sekitar usaha. Sedangkan pengelompokan target market berdasarkan geografisnya adalah berdasar tempat tinggalnya.

5. Anggaran

Menghitung anggaran marketing merupakan bagian yang berat dan membutuhkan keakuratan hasil hitungan. Dari anggaran yang dibuat, dapat dipersipkan dana yang akan dibutuhkan untuk pemasaran. Biasanya usaha kecil membuat anggaran dengan tidak terlalu akurat, sehingga terjadi pemborosan.

Maka persiapkan anggaran usaha secara detail dan matang. Anggaran ini berisi mengenai rincian yang berkaitan dengan pengeluaran dalam periode tertentu, bisa laporan setiap bulan atau maupun tahun. Pada bisanya anggaran berisi pengeluaran, harga jual barang, jumlah penjualan, waktu dan tempat penjualan.

6. Marketing Mix

Marketing mix merupakan kombinasi kegiatan inti dari pemasaran. Pada biasanya dijelaskan sebagai produk, harga, tempat, dan promosi. Sebagai pengusaha kecil, perlu memutuskan dengan spesifik produk (atau jasa), harga yang sesuai, dimana dan bagaimana Anda akan mendistribusikan produk Anda, dan bagaimana orang lain dapat mengetahui tentang produk yang ditawarkan.

7. Website

Bagi seorang pengusaha kehadiran website berpengaruh besar dalam hal pemasaran. Softaware yang satu ini dinilai sangat membantu untuk menyusun strategi marketing yang tepat. Saat ini bisnis apapun termasuk usaha kecil usahakan memiliki website, karena hampir 60% konsumen datang dari informasi dari internet.

Sehingga informasi produk melalui website pun sangat mendukung peningkatan jumlah pelanggan yang tertarik dengan produk Anda. Dengan adanya website mampu membantu pemasarannya menjadi lebih luas dan pelanggan akan lebih percaya dengan usaha.

8. Branding

Branding adalah bagaimana konsumen menerima produk dan perusahaan yang membuat produk tersebut. Terkadang usaha kecil selalu melupakan kebutuhan brand atau pengenalan gambar, logo, bahkan produk yang usaha kecil hasilkan.

Adanya branding juga menjadi salah satu cara inovasi yang dilakukan oleh pengusaha. Tujuannya sendiri untuk membuat produknya berbeda dibandingkan dengan pesaing. Branding merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan karena salah satu bentuk komunikasi dalam rangka memperbesar brand.

9. Promosi dan iklan

Promosi dan iklan merupakan konsep marketing yang harus dipertimbangkan pada berbagai bisnis dan produk, termasuk pada usaha kecil. Strategi promosi dan iklan yang baik akan menghasilkan pengakuan brand yang efektif  hingga mampu meningkatkan penjualan. Untuk itu promosi dan iklan menjadi salah satu hal yang tak boleh terlewatkan. Teruslah rajin melakukan promosi secara kreatif dan jangan takut beriklan untuk membuat produk Anda lebih dikenal luas.

10. Customer Relationship Management

Pengelolaan hubungan dengan pelanggan yang tepat menjadi salah satu hal penting untuk menciptakan konsumen yang loyal dan konsisten. Misalnya saja dengan membuat kartu membership, dan memberikan potongan harga tertentu bagi para member.

Ingat, bahkan sebuah usaha bisa hancur jika strategi pemasaran yang diterapkan tidak tepat. Oleh karena itu, review kembali konsep pemasaran dan rencana strategi pemasaran usaha kecil Anda, agar usaha Anda dapat berkembang lebih cepat dan tepat.

Demikian adalah strategi pemasaran usaha kecil yang kami bagikan. Semoga dapat membantu Anda untuk menentukan startegi pemasaran. Ada juga nih tips menentukan target pemasaran untuk usaha cafe yang bisa Anda jadikan referensi.

Nah apabila dirasa masih kurang dengan penjelasan diatas, Simak juga beberapa strategi pemasaran berikut ini. Sedikitnya ada 50 lebih pegusaha cafe, restoran, rumah makan, tips dan trik pemasaran yang bisa dijadikan inspirasi. Anda bisa menemukan berbagai video startegi pemasaran tersebut di bisniskuliner.id atau bisa KLIK DISINI.

Sumber gambar : 
1. https://donedealwebsite.com/marketing-strategies-for-real-estate-investors/
2. https://oakbrookmarketing.co.uk/what-we-do/strategic-marketing/