Strategi pemasaran bisnis memang tidak pernah ada matinya. Sampai hal – hal kecil pun ternyata dapat dijadikan sebagai strategi untuk mengembangkan sebuah bisnis. Salah satu contoh hal kecil yang sangat berpengaruh terhadap pemasaran adalah kemasan produk.

Pentingnya Kemasan Produk

Tidak semua pelaku bisnis menyadari bahwa kemasan produk yang mereka tawarkan ternyata memberikan pengaruh besar terhadap angka penjualan produk mereka. Apalagi para pelaku usaha kecil yang saat ini banyak bermunculan, mereka hanya fokus untuk menciptakan suatu produk namun tidak memperhatikan kemasan produk yang digunakannya. Kemasan yang sering digunakan hanyalah kemasan plastik biasa yang tidak berbeda dengan pelaku bisnis lain.

Sebagian besar alasan para konsumen saat memilih produk, sebab mereka tertarik dengan kemasan produk yang unik dan menarik. Jika para konsumen telah tertarik dengan kemasan produk yang Anda tawarkan, peluang usaha Anda untuk meraih kesuksesan pun telah di depan mata. Karena Anda telah berhasil memberikan kesan pertama yang menarik bagi para konsumen untuk lebih loyal terhadap produk tersebut, sehingga tidak diragukan lagi bahwa peningkatan angka jual pun juga akan dialami usaha ini.

Tips Sukses

Meskipun kemasan produk menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif, namun harus diperhatikan pula desain dan bentuk kemasan yang diminati para konsumen. Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan dalam membuat kemasan produk :

1.   Ciptakan kemasan produk yang unik dan menarik

Usahakan untuk menciptakan kemasan produk yang belum dipakai oleh produk lain. Sehingga produk yang Anda tawarkan memberikan kesan lebih menarik dan lebih unik dibandingkan produk lain dengan jenis usaha yang sama.

2.   Sesuaikan desain kemasan dengan isi produk

Selalu sesuaikan desain kemasan luar dengan isi dalam kemasan. Misalnya menawarkan produk snack jagung, maka kemasan luar produk bisa didesain dengan menampilkan gambar animasi jagung yang menarik. Sehingga konsumen tidak salah memilih produk yang mereka inginkan.

3.   Ciptakan kemasan dalam berbagai ukuran

contoh kemasan produkTujuan menciptakan kemasan dalam berbagai ukuran, dari yang kecil hingga kemasan yang berukuran besar karena tidak semua konsumen membutuhkan produk dalam jumlah yang banyak. Jadi mereka bisa memilih kemasan kecil sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu konsumen juga lebih menyukai produk dengan ukuran yang kecil, karena konsumen lebih tertarik dengan kemasan kecil yang lebih murah disbanding harga ukuran besar.

4.   Pilih kemasan yang dapat didaur ulang

Usahakan memberikan kemasan produk yang dapat di daur ulang, karena saat ini konsumen lebih memyukai kemasan yang dapat didaur ulang untuk mengurangi adanya global warming. Disamping itu kemasan yang tidak dapat didaur ulang juga dapat merugikan lingkungan.

5.   Sesuaikan kemasan dengan karakter konsumen

Bedakan kemasan produk sesuai dengan karakter para konsumen. Misalnya saja membuat desain kemasan produk sesuai dengan target pasarnya, bisa dibedakan berdasarkan umur konsumen, maupun jenis kelamin konsumen.

Dengan kemasan produk yang unik dan menarik juga dapat membentuk image atau citra suatu produk. Untuk itu para pelaku usaha sebaiknya mengetahui pentingnya kemasan produk, dan dapat mempraktekannya dalam menjalankan usaha. Semoga bermanfaat, salam sukses.

7 thoughts on “Pentingnya Kemasan Produk”

  1. Sya mau menjual kemasan kecil tapi keuntungan terlalu sedikit.terpaksa harus di bungkus sendiri (repacker) .pertanyaan sy bagaimanakah sy bisa menjual kemasan kecil dn mendapat keuntungan cukup tinggih?

    Reply
  2. sangat setuju.. kemasan sangat berpengaruh terhadap produk .. itupun harus yang inovatif dan kreatif

    Reply
  3. Artikel yang luar biasa! Saya, sebagai pengusaha percetakan yang juga melayani desain hingga pencetakan produk, merasa terinspirasi sekali. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Aamin

    Reply
  4. saya sedang mencari kemasan produk saya, kira-kira dimana saya bisa cari informasinya, apakah ada rekan-rekan member UKM yang memproduksi kemasan silakan hubungi saya di email: cemilan_berkah@yahoo.com, terima kasih

    Reply
  5. saya sedang mencari kemasan produk saya, kira-kira dimana saya bisa cari informasinya, atau apakah ada rekan-rekan member UKM yang memproduksi kemasan silakan hubungi saya di email ekaresmita@yahoo.co.id, terima kasih

    Reply
  6. Kemasan ibarat baju bagi produk Anda. Ingat pepatah seperti ini, jangan mengukur baju orang lain dengan badan sendiri!
    Ini artinya ketika Anda akan membuatkan baju (baca kemasan) untuk produk Anda pertama kali yang Anda lakukan adalah kenali karakter produk dan siapa konsumen sasarannya. Coba gali sedalam-dalamnya! Kemasan adalah produk desain. Di situ ada yang namanya elemen atau unsur-unsur desain, yakni bentuk/visual, warna, komposisi, typografi dan lain sebagainya. Keterlibatan Anda sebagai pemilik produk di sini dalam menentukan kemasan yang bagus harus dibatasi! Artinya, di sini peran Anda bukan sebagai pemilik produk bisa dengan semena-mena menentukan mana desain kemasan yang bagus dan mana yang jelek. Serahkan semua itu pada ahlinya yang punya kompetensi untuk itu. Carilah seorang desainer grafis di sekitar Anda. Atau cobalah browsing di internet, ribuan desainer siap memberikan yang terbaik untuk Anda. Penting diingat, kalau Anda punya saudara atau keponakan atawa kenalan yang punya jiwa seni atau bisa menggambar jangan coba-coba minta tolong dibuatkan desain kemasan. Kenapa begitu? Taruhannya mahal! Lebih baik Anda mengeluarkan uang lebih banyak untuk seorang desainer kemasan daripada harus membuat desain yang tidak terukur impact-nya terhadap konsumen Anda. Gambar bagus dan indah bukanlah desain yang bagus! Tugas utama desainer kemasan adalah membuat konsumen jatuh cinta pada produk Anda melalui kemasan itu tadi. Bukan Anda sendiri yang jatuh cinta!

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba