Jika Anda pernah mengikuti perjalanan wisata dengan menggunakan beberapa bus atau study tours pada waktu sekolah, perjalanan yang menyenangkan tersebut tidak lepas dari peran travel agent. Jasa travel agent sangat dibutuhkan di saat mereka yang akan melakukan perjalanan tidak memiliki banyak waktu untuk mempersiapkannya sendiri.

Video Praktisi

Tips Menghadapi Kompetitor, Owner Poyeng Knit Shop

Usaha perjalanan wisata merupakan salah satu jenis bisnis jasa yang cukup menjanjikan. Setiap bulan ada banyak wisatawan baik asing maupun domestik yang ingin melakukan perjalanan wisata. Disinilah letak peluang bisnis yang mungkin dapat menjadi pilihan usaha Anda. Karena dengan mendirikan travel agent, berarti Anda telah membantu banyak orang dalam mempersiapkan rencana perjalanannya.

Jika Anda ingin menjalankan bisnis ini, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan yaitu.

  • Mengetahui jenis kendaraan yang  paling ekonomis, tetapi tetap nyaman digunakan.
  • Menentukan trayek yang akan dilalui.
  • Pekerjakanlah sopir yang berpengalaman.
  • Beberapa fasilitas kantor juga harus disediakan, seperti lembar booking, faktur, surat-surat yang harus dibawa sopir dalam perjalanan dan data alamat pelanggan.
  • Jaringan telepon dan mesin faksimili.

Yang menjadi hambatan dalam menjalankan bisnis ini adalah kerusakan mobil. Kerusakan ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya, sopir ugal-ugalan yang memperlakukan kendaraan dengan tidak baik, dan parahnya kalau sampai terjadi kecelakaan. Cuaca yang buruk kadang juga dapat menjadi hambatan untuk melakukan perjalanan. Dan hambatan paling nyata adalah persaingan dengan bisnis sejenis lainnya.

Namun jangan pernah takut untuk bersaing dalam berbisnis jasa travel agent, karena ada beberapa strategi bisnis yang dapat menjadi panduan awal bagi Anda. Yang pertama gunakan telepon secara efektif. Gunakan media massa untuk meraih konsumen, dengan cara mengiklankannya dikoran maupun majalah. Kemudian buat strategi marketing yang jitu untuk menghindari kerugian. Dan yang paling penting adalah jalin hubungan baik dengan perusahaan agen perjalanan lainnya agar bisa berbagi pengalaman dan informasi.

sumber gambar: http://www.selectadventures.com/air.gif & http://w12.itrademarket.com/pdimage/01/839901_volvo_bus.gif