Bika singkongSingkong yang dahulu sering dikait-kaitkan dengan makanannya orang miskin, kini menjelma menjadi kreasi aneka makanan yang banyak diminati. Singkong merupakan salah satu makanan yang mudah ditemukan dimana-mana. Selain itu, singkong juga merupakan makanan murah dan dapat diolah menjadi berbagai macam makanan yang enak dan lezat.

Video Praktisi

Menyiasati Persaingan Bisnis PaperOn

Siapa tidak kenal bika Ambon?? hampir semua kalangan masyarakat tahu dan suka. Nah sekarang saatnya  Anda mencoba kreasi baru kue bika dari singkong.  Kue bika singkong yang sangat lezat rasanya dan dapat dinikmati kapanpun dimanapun juga sangat cocok untuk oleh-oleh atau camilan keluarga. Dan inilah peluang usaha Anda.Bahan baku yang mudah dicari dan murah bisa menjadi income yang potensial bagi Anda yang berminat untuk mengembangkan bisnis makanan.  Selain itu apabila olahannya enak dan menarik, Anda dapat memasarkannya di supermarket bahkan sampai diimpor ke luar negeri.

Anda bisa mulai bisnis bika singkong yang lezat dan menguntungkan ini dari bawah dengan menitipkan ke toko-toko kue atau ke pedagang-pedangang makanan ringan di pasar. Jika dirasa produk Anda layak untuk dikembangkan, maka Anda bisa membuka toko kue, atau Anda bisa buka kedai kopi yang sebagai menu utamanya bika singkong. Pasti sangat menarik dan nikmat jika bika singkong disajikan dengan secangkir kopi panas. Jangan lupa jika Anda membuat tempat usaha, harus memiliki ciri khas kreasi Anda.

Selamat mencoba dan Salam Sukses

Bahan :

Singkong                                             1 kg

Kelapa Parut                                      1 butir

Mentega Cair                                   45 grm

Baking Powder                                   1 sdm

Gula Pasir                                          ¼ kg

Vanili                                                  ¼ sdm

Tepung Terigu                                30 grm

Telor                                                    2 butir

Garam                                                 secukupnya

Cara Membuat :

  1. Parut kelapa, lalu bagi menjadi 2 bagian, yang sebagian diambil santannya sebanyak 1 gelas dan sebagian lagi disisihkan.
  2. Kocok gula dan telur hingga mengembang, masukkan sisa kelapa parut, singkong parut, aduk hingga rata.
  3. Masukkan mentega cair, vanili serta santan, aduk lagi hingga rata. Masukkan tepung, baking powder dan garam.
  4. Olesi cetakan dengan margarin dan tepung terigu secukupnya. Tuang adonan kedalam cetakan tersebut lalu masukkan dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu. Panggang dalam oven 100 derajat  kira-kira 1 jam.
  5. Masukkan lidi ke dalam adonan, jika adonan tidak lengket (kalis) berarti bika singkong sudah matang. Angkat biarkan dingin, barulah dipotong-potong.

sumber gambar : ibushella.blogspot.com/2008/08/bika-singkong.html