Inspirasi Bisnis

Ide Usaha Kreatif: Bika Singkong, Lezat Menguntungkan, Berani Coba?

ide-usaha-bika-singkong-lezat-dan-menguntungkan

Ide usaha kreatif kali ini adalah olahan dari bahan baku singkong yang diolah menjadi kue bika. Pernahkah terbayang bahan baku singkong ini bisa dijadikan berbagai olahan makanan? Ternyata jika kamu kreatif singkong ini bisa diolah menjadi berbagai makanan yang lezat yang tak kalah nikmat dengan makanan-makanan kekinian.

Dahulu singkong sering dikait-kaitkan dengan makanan orang miskin. Semakin berkembangnya zaman kini menjelma menjadi kreasi aneka makanan yang banyak diminati. Singkong merupakan salah satu makanan yang mudah ditemukan dimana-mana. Selain itu, singkong juga merupakan makanan murah dan dapat diolah menjadi berbagai macam makanan yang enak dan lezat.

Ide Usaha Kreatif, Bika Singkong

Siapa tidak kenal bika Ambon? hampir semua kalangan masyarakat mengetahui makanan yang satu ini. Bahkan peminat makanan yang satu ini lumayan cukup banyak. Kehadiran makanan ini tidak hanya sebagai oleh-oleh saja namun juga sebagai camilan keluarga yang bisa disantap saat santai. Nah melihat pangsa pasar akan kue bika Ambon ini luas. Sekarang saatnya  kamu mencoba kreasi baru kue bika dari olahan bahan baku singkong.

Kue bika singkong ini sangat lezat rasanya, tak kalah nikmat dengan bika Ambon biasanya dan aneka kue-kue coklat diluar sana. Kue ini bisa dinikmati kapan pun dan dimana pun, juga sangat cocok untuk oleh-oleh atau camilan keluarga. Dengan melihat potensi tersebut tentu ini bisa menjadi peluang buat kamu coba. Kini tunggu apa lagi? Kamu bisa mengambil kesempatan berikut untuk dijadikan ladang usaha mencari pundi-pundi rupiah.

Bahan baku yang mudah dicari dan murah bisa menjadi income yang potensial buat kamu yang berminat untuk mengembangkan bisnis makanan. Selain itu apabila olahannya enak, menarik dan tentunya dengan adanya inovasi yang unik tentu memiliki daya tarik yang tinggi. Untuk memasarkanya kamu bisa memasarkannya di supermarket bahkan sampai diimpor ke luar negeri.

Kamu bisa mulai bisnis bika singkong yang lezat dan menguntungkan ini dari bawah dengan menitipkan ke toko-toko kue atau ke pedagang-pedangang makanan ringan di pasar. Jika dirasa produkmu layak untuk dikembangkan, maka kamu bisa membuka toko kue, atau bisa buka kedai kopi yang sebagai menu utamanya bika singkong. Pasti sangat menarik dan nikmat jika bika singkong disajikan dengan secangkir kopi panas. Jangan lupa jika kamu mau membuka tempat usaha, harus memiliki ciri khas kamu yang dikreasikan secara apik . Selamat mencoba !

Resep Ide Usaha Kreatif, Bika Singkong

Tertarik menekuni usaha kreatif bika Ambon dari olahan singkong? Yuk, cobain deh resep pembuatanya berikut. Caranya mudah, bahan baku dan peralatan yang mudah tentunya tidak merepotkan ya. Simak dulu bagaimana proses pembuatanya seperti apa.

Bahan :

  • Singkong 1 kg
  • Kelapa parut 1 kg
  • Mentega cair 45 gram
  • Baking powder 1 sdm
  • Gula pasir 1/4 kg
  • Vanili 1/4 sdm
  • Tepung terigu 30 gram
  • Telor 2 butir
  • Garam secukupnya

Cara Membuat :

  1. Parut kelapa, lalu bagi menjadi 2 bagian, yang sebagian diambil santannya sebanyak 1 gelas dan sebagian lagi disisihkan.
  2. Kocok gula dan telur hingga mengembang, masukkan sisa kelapa parut, singkong parut, aduk hingga rata.
  3. Masukkan mentega cair, vanili serta santan, aduk lagi hingga rata. Masukkan tepung, baking powder dan garam.
  4. Olesi cetakan dengan margarin dan tepung terigu secukupnya. Tuang adonan kedalam cetakan tersebut lalu masukkan dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu. Panggang dalam oven 100 derajat  kira-kira 1 jam.
  5. Masukkan lidi ke dalam adonan, jika adonan tidak lengket (kalis) berarti bika singkong sudah matang. Angkat biarkan dingin, barulah dipotong-potong.

ide-usaha-kreatif-bika-singkong

Analisa Usaha Ide Usaha Kreatif Bika Singkong

Peluang Usaha

Peluang usaha bika singkong ini bisa dikatakan lumayan menjanjikan. Dengan adanya inovasi baru olahan singkong menjadi bika ini bisa dikatakan cukup menarik perhatian. Bahkan rasa yang dihasilkan pun tak kalah enak dengan bika Ambon pada umumnya. Maka tak heran jika bika singkong ini banyak penggemarnya. Dengan minat masyarakat yang sangat antusias dengan inovasi olahan singkong ini tentu menjadi peluang usaha yang bisa kamu manfaatkan.

Memulai Usaha

Untuk memulai usaha bika singkong ini bisa dikatakan sangat mudah. Kemudahan dalam mengolah, kemudahan mendapatkan bahan baku, bahan baku yang melimpah, dan harga bahan baku yang relatif murah. Dengan kemudahan yang ada tersebut tentu untuk memulai usaha ini bisa dijalankan dengan skala kecil dan dengan modal usaha yang kecil.

Bahan Baku

Bahan baku yang digunakan untuk memprodiksi bika singkong ini tentu sangat mudah untuk didapatkan. Kehadiran singkong yang melimpah dan harganya yang sangat terjangkau menjadikan kelebihan yang dimiliki usaha ini. Tak perlu repot dengan bahan baku karena bisa ditemukan tanpa mengenal musim. Bahkan harga bahan baku tersebut relatif stabil sehingga tidak akan mempengaruhi harga jual dan keuntungan.

Target Pasar

Target pasar yang bisa kamu bidik dari kuliner bika singkong ini sangat luas sekali. Melihat tekstur makanan ini yang sangat lembut tentu bisa dinikmati oleh siapa pun. Mulai dari anak kecil sampai lansia. Bika singkong ini pun bisa dinikmati untuk camilan saat berkumpul keluarga.

Lokasi Usaha

Lokasi usaha yang paling cocok untuk digunakan menawarkan kuliner bika singkong ini kamu bisa memilih lokasi yang strategis. Strategis adalah tempat yang banyak dilalui oleh khalayak umum dan ramai. Kamu bisa memilih lokasi usaha difood court dipusat perbelanjaan, atau didepan supermarket ataupun didepan-depan kantor diinstansi.

Kendala

Setiap usaha pasti memiliki kendala masing-masing. Tak terkecuali usaha bika singkong yang satu ini. Kendala yang dihadapi usaha yang satu ini adalah bahan baku. Terkadang ada singkong yang rasanya pahit jika sampai salah memilih singkong yang kurang bagus. Untuk itu usahakan untuk benar-benar mengetahui dan pilih jenis singkong yang berkualitas baik.

Pelaku Usaha

Pelaku usaha bika singkong ini sangat terbuka luas untuk dijalankan oleh siapapun. Kemudahan dalam mengolahnya menjadikan usaha ini tidak mengedepankan keahlian khusus. Siapapun dapat menekuni usaha ini. Dengan kemudahan yang ada tersebut tidak heran jika pelaku usaha yang menekuni usaha ini lumayan cukup banyak.

Strategi Promosi

Untuk memasarkan produk bika singkong ini kamu bisa menggunakan berbagai strategi promosi dengan menawarkan diskon atau potongan harga, memberikan kupon dan memberikan voucher untuk menarik pembeli. Untuk awalan kamu juga bisa menawarkanya dengan menggunakan trik lama dari mulut ke mulut. Atau kamu juga bisa menitipkan produkmu di toko oleh-oleh atau swalayan terdekat.

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang bisa kamu gunakan untuk mengenalkan produk bika singkong ini dengan cara online. Cara yang satu ini dianggap paling efektif karena responnya sangat cepat. Dengan melalui media sosial jaringannya bisa menjangkau lebih luas. Kamu bisa mencoba menawarkanya diberbagai sosial media seperti instagram, facebook, whatsapp dan bisa juga bergabung dengan layanan gofood. Sudah banyak yang membuktikan dengan kekuatan sosial media sangat membantu perkembangan usaha kuliner.