Biasanya Umbi talas (Colocasia esculenta) atau nama jawanya lebih dikenal dengan sebutan Entik ini, dapat dinikmati dengan cara direbus atau digoreng. Namun, sesungguhnya kegunaan talas tidak hanya sebatas itu. Tumbuhan talas ternyata memiliki berbagai khasiat obat. Menurut Prof. Hembing Wijayakusuma, umbi talas memiliki efek farmakologis anti pembengkakan (antiswelling). Kandungan kimia yang ada dalam tumbuhan ini adalah zat besi, kalsium, garam fosfat, protein, vitamin A dan B. Bagian yang bisa dipakai adalah daun, umbi, dan seluruh bagian  tumbuhan. Talas juga berfungsi mengatasi diare.

Video Praktisi

Memaksimalkan Bisnis Berbasis Hobi, Asimetris Craft

Di Indonesia tanaman talas bisa dijumpai paling banyak di Bogor, Malang, dan Bali walaupun talas bisa dijumpai hampir di seluruh kepulauan dan tersebar dari tepi pantai sampai pegunungan di atas 1000 m diatas permukaan laut, baik liar maupun di tanam.

Seringkali talas menyebabkan gatal ketika kita memakannya. Untuk mengatasinya, cuci talas sebelum dikupas. Apabila talas dicuci setelah dikupas, maka lendir akan keluar dan menimbulkan gatal.

Dari berbagai uraian diatas, dapat kita lihat begitu banyak manfaat dari umbi talas tersebut. Hal itulah yang dapat kita jadikan peluang usaha untuk dapat membuat olahan talas yang memiliki nilai jual lebih. Seperti memulai dengan berbisnis camilan stik talas, dengan bentuk yang panjang dan pipih, dan ketika dikunyah berbunyi “kress” ini, sangat menggugah selera bagi sebagian masyarakat yang memiliki hoby menikmati camilan. Camilan jenis stik ini layak untuk diperhitungkan, tampilan yang menarik berbentuk kotak kecil memanjang dan biasanya stik talas ini berwarna kuning. Camilan stik talas ini biasa kita jumpai dalam kemasan plastik.

Modal yang Dibutuhkan

Modal Tetap

  1. Mesin sealer (perekat plastik)
  2. Tas motor (untuk membawa produk di motor)

Modal Operasional

  1. Plastik 0,5 Ons
  2. Platik ukuran 2 kg
  3. Kertas label

Potensi Pasar

Binis camilan berbentuk stik ini memang sudah banyak pemainnya, namun celah pasar masih terbuka lebar. Kunci sukses bisnis ini ada pada rasa dan kemasan. Jika Anda berhasil mengolah lebih variatif baik rasa ataupun kemasan, maka dapat dipastikan bahwa usaha Anda akan segera menuai keuntungan. Untuk penjualannya, ada banyak cara yang dapat dilakukan, mulai dari toko oleh-oleh (kemasan 500 gr-1000 gr), swalayan, toko kelontong, maupun kantin sekolah (kemasan 100 gr-300gr).

Keunggulan Camilan Stik

  1. Target pasar yang dituju adalah anak-anak. Anda perlu tahu, pasar anak-anak tidak pernah mengalami penurunan asalkan Anda pintar mempertahankan kualitas.
  2. Tidak memerlukan strategi khusus. Pada masa-masa awal merintis usaha ini, siapkan mental baja untuk menawarkan dagangan dari satu toko ke toko lain.
  3. Modal di luar dagangan cukup sepeda motor milik sendiri dan tas kanvas untuk membawa dagangan.
  4. Tak perlu repot untk membuat camilan stik sendiri. Cari supplier bahan jadi di toko grosir  camilan, Anda tinggal mengemasnya kembali.

sumber gambar : tim bisnisUKM