Bisnis Kuliner

Ide Bisnis Camilan Kering Ini Bisa Bikin Kantongmu Tebal !

Ide Bisnis Camilan Kering Ini Bisa Bikin Kantongmu Tebal !

Bisnis camilan kering memang selalu awet pangsa pasarnya seawet camilannya. Memang jika mau ditelusuri sudah banyak yang menekuni bisnis camilan. Segala jenis camilan kering cukup populer di masyarakat karena camilan adalah makanan yang biasanya disuguhkan untuk teman bersantai atau sekedar berkumpul bersama keluarga atau pun teman. Jadi bukan hal baru lagi dong ya jika camilan sangat mudah ditemukan dimana pun dan kapan pun.

Penasaran ga nih kira-kira camilan kering apa yang bakalan jadi pembahasan kali ini? Camilan kali ini merupakan camilan kering berbahan dasar umbi talas. Nah jenis bahan makanan talas ini jarang dimanfaatkan karena rasa dan bentuknya yang terlihat kurang menarik.

Kalo biasanya bahan dasar ini diolah begitu – begitu saja, kini talas mulai diolah menjadi camilan yang renyah, gurih dan nikmat pastinya. Nah ada yang tahu kiara – kira talas ini bakalan diolah menjadi camilan apa? Hmm enaknya dijadiin stik dong ya, nah sebelum kita berlanjut ke resep pembuatan camilan ini kenalan dulu sama bahan camilan kering ini yuk.

Mengenal Bahan Baku Bisnis Camilan Kering Stik Talas

Umbi talas (Colocasia esculenta) atau nama jawanya lebih dikenal dengan sebutan Entik ini, dapat dinikmati dengan cara direbus atau digoreng. Namun, sesungguhnya kegunaan talas tidak hanya sebatas itu. Tumbuhan talas ternyata memiliki berbagai khasiat obat.

Menurut Prof. Hembing Wijayakusuma, umbi talas memiliki efek farmakologis anti pembengkakan (antiswelling). Kandungan kimia yang ada dalam tumbuhan ini adalah zat besi, kalsium, garam fosfat, protein, vitamin A dan B. Bagian yang bisa dipakai adalah daun, umbi, dan seluruh bagian  tumbuhan. Talas juga berfungsi mengatasi diare.

Di Indonesia tanaman talas bisa dijumpai paling banyak di Bogor, Malang, dan Bali walaupun talas bisa dijumpai hampir di seluruh kepulauan dan tersebar dari tepi pantai sampai pegunungan di atas 1000 m diatas permukaan laut, baik liar maupun di tanam.

Seringkali talas menyebabkan gatal ketika kita memakannya. Untuk mengatasinya, cuci talas sebelum dikupas. Apabila talas dicuci setelah dikupas, maka lendir akan keluar dan menimbulkan gatal. Dari berbagai uraian diatas, dapat kita lihat begitu banyak manfaat dari umbi talas tersebut. Hal itulah yang dapat kita jadikan peluang usaha untuk dapat membuat olahan talas yang memiliki nilai jual lebih.

Seperti memulai dengan berbisnis camilan stik talas, dengan bentuk yang panjang dan pipih, dan ketika dikunyah berbunyi “kress” ini, sangat menggugah selera bagi sebagian masyarakat yang memiliki hoby menikmati camilan. Camilan jenis stik ini layak untuk diperhitungkan, tampilan yang menarik berbentuk kotak kecil memanjang dan biasanya stik talas ini berwarna kuning. Camilan stik talas ini biasa kita jumpai dalam kemasan plastik.

Resep Pembuatan Stik Talas

Bahan :

  • Talas 1 kg
  • Kapur Sirih 2 sdt
  • Air 1500 ml
  • Minyak Goreng
  • Garam

Cara Membuat :

  1.  Langkah pertama kupas talas terlebih dahulu kemudian cuci talas sampai   bersih dan pastikan jika getahnya sudah hilang
  2. Kemudian selanjutnya iris berbentuk kotak atau melintang dan buat potongan lebih kecil dan tipis lagi, atau potong sesuai selera
  3. Jika sudah dipotong-potong selanjutnya jemur talas dibawah sianr matahari langsug kurang lebih selama 2-3 jam agar getah benar-benar kering.
  4. Kemudian setelah kering masukkan dalam wadah dan rendam dengan campuran air garam dan kapur sirih. Tunggu hingga setengah jam lamanya
  5. Jika sudah maka bilas dam cuci hingga talas benar-benar bersih.
  6. Selanjutnya panaskan loyang atau wajan yang sudah berisi minyak goreng dan kemudian masukkan perlahan-lahan, aduk dan tunggu hingga warna sampai kekuningan.
  7. Jika sudah matang angkat dan kemudian tiriskan sebentar.
  8. Jangan tunggu sampai benar-benar dingin, mumpung masih hangat taburkan bumbu bubuk gurih ataupun pedas sesuai selera.
  9. Stik talas siap dihidangkan.

Bagaimana Analisa Bisnis Camilan Kering Ini?

Modal Operasional

Modal Tetap

  1. Mesin sealer (perekat plastik)
  2. Tas motor (untuk membawa produk di motor)

Modal Operasional

  1. Plastik 0,5 Ons
  2. Platik ukuran 2 kg
  3. Kertas label

Potensi Pasar

Binis camilan berbentuk stik ini memang sudah banyak pemainnya, namun celah pasar masih terbuka lebar. Kunci sukses bisnis ini ada pada rasa dan kemasan. Jika Anda berhasil mengolah lebih variatif baik rasa ataupun kemasan, maka dapat dipastikan bahwa usaha Anda akan segera menuai keuntungan. Untuk penjualannya, ada banyak cara yang dapat dilakukan, mulai dari toko oleh-oleh (kemasan 500 gr – 1000 gr), swalayan, toko kelontong, maupun kantin sekolah (kemasan 100 g – 300gr).

Keunggulan

  1. Camilan stik yang sederhana, ringan dan cukup nikmat untuk disantap sehingga banyak yang menyukai camilan stik ini. Sudah jelas dong jika target pasarnya bisa luas.
  2. Jika target pasar yang dituju adalah anak – anak, orang dewasa dan orang tua yang perlu untuk diketahui, pasarnya tidak pernah mengalami penurunan asalkan pintar dalam mempertahankan kualitas dan memberikan inovasi yang lebih kreatif sehingga tidak mudah bosan.
  3. Tidak sulit dalam hal pemasaran. Mungkin pada awal merintis bisnis siapkan mental baja untuk menawarkan dagangan dari satu toko ke toko lain. Bisa juga menitipkannya di swalayan, toko oleh – oleh dan retail camilan.
  4. Dengan kemudahan teknologi di era modern ini pemasaran bisa dilakukan lewat online. Dengan begitu akan memudahkan pengenalan produk dan jangkauannya tentu bisa lebih luas.
  5. Pengemasan yang praktis dan juga menarik akan membantu memudahkan dalam pemasaran.
  6. Mudah dalam pengolahan dan pencarian bahan baku jadi tidak menyulitkan pelaku usaha.
  7. Bahan camilan yang sangat sederhana tentu harganya terjangkau maka bisa jadi solusi bagi para pelaku bisnis yang mau merintis bisnis tapi mencari bisnis yang minim modal.

Yuk Cobain Bisnis Camilan Kering

Gimana tuh, kepengen cobain bisnis sederhana yang bisa bikin kantong kamu tebal ini? Semoga ulasan diatas bisa menginspirasi kamu ya. Kalau pengen jualan camilan kering kayag diatas tapi gatau mau bikin kemasan yang kayag gimana dan yang paling cocok kemasan apa, bisa cek di websitenya dikemas.com atau bisa cek langsung DISINI. Kamu bisa bebas pilih kemasan karena disana menyediakan berbagai jenis, bentuk kemasan dengan desain yang keren dan kekinian. Kamu pun bisa dapetin berbagai fasilitas konsultasi desain gratis, desain gratis , harga murah, banyak bonusnya.

Contoh Kemasan Snack Camilan

Ini nih contoh kemasan snack alupaper printing laminasi glosy. Standing pouch alupaper printing Laminasi glosy ini cocok digunakan bagi para pelaku usaha snack. Terbuat dari bahan aluminium foil dengan laminasi glosy art paper di bagian luarnya,  kemasan snack model stand pouch alupeper printing glosy ini masih jadi primadona bagi para pelaku bisnis camilan.

kemasan-snack-stand-pouch-glossy

Cari Inspirasi Bisnis

Nah dimudahkan banget kan? Udah ga perlu pusing lagi, kalo mau bisnis tapi masih ragu karena masih pengen tahu lebih banyak gimana strategi pemasarannya, startegi memulai usaha, tips dan trik memulai usaha dan lain sebagainya cek di bisnisukm.com, disana kamu bisa dapetin artikel apapun untuk menambah pengatahuan dan mempelajari bagaimana memulai sebuah bisnis, ide-ide kreatif dan masih banyak lagi yang bisa kamu temukan mengenai bisnis. Biar makin yakin untuk melangkahkan kaki memulai sebuah bisnis bisa baca beberapa snpirasi bisnis dari pengusaha sukses kuliner. Salah satunya kisah seorang pengusaha kuliner baksp. Sampai sekarang bakso masih jadi bisnis kuliner yang menguntungkan. 

Tenang, masih ada channel lain untuk belajar dan mencari sebuah inspirasi bisnis. Simak juga liputan video usaha kuliner.id inspirasi dari para pengusaha sukses. Sedikitnya ada kumpulan liputan dari 50 lebih pegusaha cafe, restoran, rumah makan, inspirasi usaha dari para pengusaha sukses maupun pemula. Cek di website bisniskuliner.id atau kisah seorang pengusaha yang mengawali bisnisnya, otodidak dalam belajar bisnis akhirnya mengantarkanya pada gerbang kesuksesan.

Sumber gambar : tim bisnisUKM.