Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik, Usaha Masa Depan

/ / Inspirasi Bisnis /

Daur ulang sampah plastikSampah plastik merupakan bagian dari kehidupan manusia yang tidak dapat terpisahkan. Jumlah sampah plastik semakin hari kian menggunung dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) juga kian sempit karena telah melewati batas penampungan. Berbagai macam cara telah dilakukan untuk menangani masalah sampah, namun tetap saja belum bisa terselesaikan.

Seiring dengan perkembangan teknologi di Negara kita ini, kebutuhan akan plastik juga semakin meningkat sehingga sampah plastik yang dihasilkan mau tidak mau juga meningkat. Ditambah lagi, plastik mempunyai waktu yang lama jika harus melewati proses daur ulang secara alami karena plastik tidak dapat membusuk, tidak dapat menyerap air, tidak dapat terurai, sehingga sampah menjadi permasalahan yang serius bagi lingkungan hidup.

Proses daur ulang sampah plastik yang dilakukan sekarang ini untuk menanggulangi masalah penumpukan sampah masih berbanding jauh dengan besarnya jumlah plastik yang dihasilkan. Melihat kondisi yang seperti itu, maka dibutuhkan sebuah ide dan kreatifitas guna untuk menekan jumlah sampah plastik menjadi sebuah barang yang dapat dimanfaatkan kembali.

Pernahkah terlintas dalam benak Anda bahwa begitu banyaknya tumpukan sampah plastik ini memiliki peluang bisnis yang bagus untuk mendatangkan keuntungan yang besar. Produksi sampah yang tinggi menjadikan peluang bisnis dengan bahan dasar sampah plastik ini tidak akan pernah kehabisan bahan bakunya. Dan keunggulan menjalankan bisnis daur ulang sampah plastik ini adalah hanya dibutuhkan modal kecil saja karena harga bahan baku yang murah sangat berpengaruh pada hasil akhir produk daur ulang.

Salah satu contoh yang bisa menjadi ide bisnis adalah mengubah sampah plastik menjadi produk untuk keperluan rumah tangga. Ada beberapa jenis barang yang bermanfaat dari daur ulang sampah plastik, misalnya saja seperti keranjang sampah, souvenir, tas, dompet dan lain sebagainya. Ketika sampah plastik tersebut telah disulap menjadi bentuk dan fungsi lain yang lebih bermanfaat maka semua itu adalah peluang bisnis alternatif dari sampah plastik yang menguntungkan.

Sampah plastik yang dapat digunakan kembali sebagai bahan baku produksi untuk membuat kerajinan tangan sangat bermacam-macam. Mulai dari sampah plastik keras yang berasal dari botol minuman sampai dengan sampah plastik lunak yang berasal dari kantong plastik. Bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan tangan sebagai salah satu ide bisnis disini diantaranya adalah benang, lem, kawat dan pewarna jika diperlukan. Setelah semuanya tersedia, Anda hanya tinggal menentukan ide untuk kreasi produk yang berguna dan inovatif. Pastinya yang mempunyai nilai jual tinggi dipasaran.

Kekuatan produk dari hasil daur ulang sampah plastik ini tidak dapat diragukan lagi. Selain plastik merupakan bahan yang terbuat dari sintetis yang bersifat tahan lama, jika dibuat dan diproses dengan teliti maka tingkat keawetan produk juga bisa semakin tahan lama. Semua produk yang memiliki nilai seni serta manfaatnya yang luas maka secara otomatis pasar akan sangat antusias meresponnya. Keuntungan yang didapatkan dari bisnis daur ulang sampah plastik ini juga presentasinya sangat tinggi karena harga bahan bakunya murah sehingga hanya membutuhkan modal kecil.

Peluang bisnis daur ulang sampah plastik ini termasuk dalam kategori industri global, dimana bisnis ini tidak hanya untuk industri dalam skala besar saja melainkan usaha kecil dan menengah juga dapat mengubah sampah plastik menjadi produk yang bermanfaat. Jika Anda adalah salah satu orang yang peduli dengan lingkungan hidup, memiliki ide-ide yang inovatif maka peluang bisnis daur ulang sampah plastik ini dapat menjadi pilihan untuk mendapatkan keuntungan besar. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Training Pengolahan Sampah Plastik Jadi BBM, BisnisUKM

Sumber gambar : http://www.mongabay.co.id/wp-content/uploads/2013/11/Konsp-Bank-Sampah-diterapkan-dalam-project-B-Indonesia.jpg