bisnis otomotifGeliat industri otomotif (mobil dan motor) diprediksikan akan terus meningkat setiap tahunnya. Kondisi tersebut bisa kita lihat dari angka penjualan kendaraan bermotor yang menunjukan perkembangan cukup signifikan beberapa tahun belakangan ini.

Video Praktisi

Pentingnya Nilai Tambah Suatu Produk, Lumica Jogja

Jika pada tahun 2011 silam penjualan mobil mencapai angka 837.948 unit, maka pada tahun 2012 ini diperkirakan penjualannya bisa mencapai angka 940.000 unit. Hal serupa juga dialami oleh industri penjualan sepeda motor, bila tahun lalu terjual 8.043.535 unit, maka pada tahun ini jumlahnya diprediksi bakal meningkat hingga mencapai angka 9.000.000 unit.

Tentu ini menjadi bukti nyata bagi kita semua, bahwasannya roda bisnis otomotif di Indonesia mulai menunjukan peningkatan signifikan dan berhasil melahirkan peluang bisnis turunan yang menjanjikan keuntungan cukup besar bagi para pelakunya.

Nah, bagi Anda yang sedang bingung mencari peluang bisnis rumahan yang menjanjikan keuntungan cukup besar, berikut kami informasikan beberapa ide bisnis turunan di bidang otomotif yang peluangnya semakin kompetitif.

1.    Bisnis Penjualan Kendaraan Bermotor
Salah satu bisnis rumahan yang bisa Anda jalankan adalah membuka jasa penjualan kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor. Apabila modal usaha Anda terbatas, tidak perlu khawatir, Anda bisa menjadi broker (makelar) yang menghubungkan calon konsumen dengan produsen maupun distributor kendaraan bermotor. Salah satu penjual sepeda motor rumahan yang sukses menjual 4 sampai 5 unit sepeda motor setiap bulannya adalah Ismed Junaidi di bilangan Karang Tengah, Tangerang.

2.    Bisnis Perawatan Mobil dan Motorbisnis bengkel mobil
Melihat angka penjualan mobil dan sepeda motor mengalami lonjakan cukup pesat, tentunya kemunculan beragam jenis layanan perawatan dan servis kendaraan bermotor diminati para konsumen. Beberapa ide bisnis yang bisa Anda jalankan antara lain usaha bengkel motor maupun mobil, membuka bisnis salon mobil, mendirikan bisnis cuci motor dan mobil, serta beberapa layanan jasa lainnya yang dibutuhkan para pengguna kendaraan bermotor.

3.    Bisnis Penjualan Sparepart Mobil dan Motor
Bisnis penjualan sparepart tidak terpengaruh trend, sehingga tidak heran bila banyak masyarakat yang menjadikan bisnis sparepart mobil maupun motor sebagai peluang bisnis investasi yang cukup menguntungkan. Sebab, resikonya terbilang kecil, harga dan permintaannya cenderung stabil, serta nilai asetnya hanya mengalami sedikit perubahan.

4.    Bisnis Aksesoris dan Modifikasi Kendaraan Bermotor
Tak kalah bersaing dengan bisnis penjualan sparepart, peluang bisnis aksesoris dan modifikasi kendaraan bermotor juga menjanjikan keuntungan cukup besar. Beberapa aksesoris dan jasa modifikasi yang banyak dicari konsumen antara lain alat penghemat BBM, modifikasi jok mobil maupun motor, modifikasi audio mobil, jasa lukis mobil dan motor, jasa pemasangan stiker (skotlet) mobil ataupun motor, velg ban, tambahan alat bonceng anak, jasa pembuatan box motor delivery, dan lain sebagainya.

5.    Bisnis Perlengkapan Bagi Para Pengendara
Tidak hanya sparepart dan tampilan kendaraannya saja yang diperhatikan para pengendara, beberapa perlengkapan pendukung seperti misalnya helm, jaket, sarung tangan, tisu helm, jas sepatu (anti air), jas hujan, car pillow, sarung setir, dan lain sebagainya.

Dengan mengerahkan daya kreativitas dan tetap jeli dalam mengamati perkembangan pasar, tidak menutup kemungkinan bila Andapun bisa sukses mendatangkan untung besar dari bisnis otomotif peluangnya semakin kompetitif. Semoga informasi berita bisnis yang kami angkat pada pekan ini bisa menginspirasi para pelaku bisnis maupun calon pebisnis yang sedang bingung mencari peluang usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://www.kabarkami.com/wp-content/uploads/2012/08/bajaj.jpg
2. http://www.flowcrete.com/ImagesCollection/Markets/Automotive/Automotive%20Header%20Image%204.jpg