Peluang Bisnis Sampingan Untung Besar Dari Kreasi Cake 3D

cake 3dMemanfaatkan skill, kreativitas, hobi, dan waktu luang untuk merintis bisnis sampingan, memang menjanjikan keuntungan cukup besar. Peluang inilah yang belakangan mulai digeluti para pelajar, mahasiswa, karyawan, bahkan ibu rumah tangga, untuk mendatangkan tambahan penghasilan dari bisnis sampingan yang tengah mereka jalankan.

Dari sekian banyak peluang bisnis sampingan yang cukup potensial dijalankan, kuliner merupakan salah satu bidang usaha yang cukup diminati masyarakat. Mulai dari bisnis katering, warung makan,  kedai kopi, toko aneka kue kering, sampai bisnis sampingan yang baru-baru ini sedang booming yaitu usaha kreasi kue tiga dimensi (cake 3D) yang menawarkan aneka bentuk, warna dan rasa yang cukup unik dengan keuntungan usaha hampir mencapai 50%.

Cukup menggiurkan bukan? Bagi Anda para pemula yang sedang bingung mencari peluang usaha sampingan. Tidak ada salahnya bila Anda memanfaatkan waktu luang yang ada untuk berkreasi dan berinovasi menekuni bisnis kue tiga dimensi yang menjanjikan keuntungan cukup besar setiap bulannya.

Konsumen
Sekarang ini aneka kreasi kue tiga dimensi (cake 3D) banyak dipesan konsumen untuk acara-acara spesial, seperti misalnya ulang tahun anak, anniversary pernikahan, anniversary perusahaan, kado spesial untuk orang terdekat, dan beberapa moment spesial lainnya. Keunikan bentuk dan aneka macam rasa yang ditampilkan pelaku usaha kue 3D, membuat harga jual cake tersebut cukup tinggi di pasaran. Faktor inilah yang menjadikan kreasi kue 3D banyak dipesan kalangan masyarakat menengah ke atas.

Info Bisnis
Tak kalah bersaing dengan kreasi rainbow cake (kue pelangi) yang beberapa waktu lalu cukup menyita perhatian masyarakat, kemunculan kreasi cake 3D juga diminati para konsumen karena mereka bisa mengapresiasikan keinginannya melalui replika berbahan dasar kue. Bahkan tidak hanya itu saja, para konsumen bisa memesan bentuk, tulisan, warna, dan rasa kue sesuai dengan permintaan mereka, sehingga tidak heran bila kreasi kue 3D ini diperkirakan masih terus diburu konsumen untuk jangka waktu yang cukup lama.

Tertarik untuk mencobanya? Berikut kami informasikan salah satu cara sederhana yang bisa Anda jalankan untuk menghias kue tiga dimensi.

Cara membuat kue 3D

sculpted cake

Pertama, yang perlu Anda lakukan yaitu membentuk cake sesuai dengan permintaan konsumen (gunakan pisau dan gunting yang tajam serta bersih untuk menjaga kualitas kue).
Kedua, bila bentuk kue sudah siap, selanjutnya poles dengan buttercream.
Ketiga, tutup dengan fondant (sesuai warna yang diinginkan) usahakan menggunakan fondant yang telah diuleni sempurna dan digilas dengan ketebalan 3-4mm.

  • Trim atau potong bagian samping yang berlebih menggunakan gunting/ pastry cutter/ fondant tool.
  • Gosok dengan fondant smoother sampai permukaannya halus dan mulus
  • Jika perlu, gunakan sedikit maizena agar tidak lengket. Namun sebisa mungkin penggunaannya sedikit saja, hal ini penting agar fondant tidak cepat kering dan retak.

Keempat, pasang aneka hiasan baik yang terbuat dari fondant maupun edible image

Kelima, cake 3D sudah siap dikemas dan diantarkan kepada konsumen.

Kelebihan Bisnis
Pada dasarnya seni memahat kue (kreasi cake 3D) sudah lahir sejak tahun 2005-2006 silam. Namun di Indonesia sendiri trend tersebut baru mulai booming satu tahun belakangan ini. Bentuk atau replikanya yang sangat mirip dengan benda asli yang diinginkan konsumen, memberikan daya tarik dan nilai tambah tersendiri bagi para pemesannya. Sehingga wajar adanya bila harga kue tiga dimensi bisa sangat tinggi di pasaran, yakni berkisar antara Rp 150.000,00 sampai jutaan rupiah (tergantung dengan tingkat kerumitan yang dipesan konsumen).

Kekurangan Bisnis
Menggeluti usaha kue di tengah ketatnya persaingan pasar, tentu bukanlah pekerjaan mudah bagi para pelaku bisnis. Meskipun sampai hari ini peluang untungnya masih cukup besar, namun para pebisnis yang menggeluti usaha tersebut jumlahnya semakin hari juga kian bertambah. Karenanya, para pelaku bisnis dituntut untuk jeli mengamati peluang dan kreatif serta inovatif agar produk yang dihasilkan memiliki daya saing yang cukup kuat.

Selain persaingan pasarnya yang semakin ketat, kreasi kue tiga dimensi juga riskan kerusakan bila pengemasan dan pengirimannya kurang diperhatikan dengan baik. Oleh sebab itu, penting bagi para pemula untuk memilih kemasan yang benar-benar safety, misalnya menggunakan kardus kue tart dan mika plastik bening, serta memilih jasa kurir yang pelayanannya cukup terpercaya.

Strategi Pemasaran

Melihat perkembangan teknologi internet sekarang ini semakin pesat, Anda bisa memanfaatkan media online sebagai salah satu alat pemasaran yang cukup efektif. Anda bisa membuka gerai online dan menjajakan produk kue tiga dimensi melalui jejaring sosial, seperti facebook, twitter, blog, forum online (seperti bisnisukm.com, kaskus, detik forum, indonetwork, dan lain sebagainya). Sekarang ini strategi pemasaran online memang cukup ampuh, terbukti banyak konsumen yang mulai melakukan pemesanan produk setelah mereka melihat produk cake 3D yang dipasarkan para pelaku usaha melalui dunia maya.

Disamping memanfaatkan media online sebagai sarana promosi, Anda juga tidak boleh melupakan strategi pemasaran konvensional (offline) untuk mengoptimalkan penjualan. Contohn ya saja seperti membuat kartu nama, brosur, atau bila Anda memiliki waktu luang adakan kegiatan demo langsung untuk berbagi ilmu kepada orang-orang di sekitar Anda mengenai cara membuat kue tiga dimensi (cake 3D). Dengan begitu, orang-orang di sekitar Anda bisa mengetahui keberadaan bisnis Anda dan tidak menutup kemungkinan bila mereka akan mempromosikan bisnis Anda kepada orang lain yang dikenalnya.

Kunci Sukses
Yang perlu Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis kue tiga dimensi (cake 3D) adalah kreativitas dan keahlian Anda untuk memahat roti semirip mungkin dengan benda aslinya. Selain itu, pastikan kualitas produk yang Anda hasilkan bebas bahan pengawet, tanpa menggunakan pemanis buatan, dan menggunakan pewarna makanan yang aman dikonsumsi setiap konsumen. Kalau harus menggunakan bahan tambahan untuk mempercantik penampilan kue, gunakan beberapa bahan alternatif yang aman (seperti misalnya kayu, tusuk gigi, sumpit, spaghetti mentah, dan lain sebagainya).

Analisa Ekonomi

Asumsi
Proses produksi dilakukan dirumah,
setelah pulang kerja atau pada saat libur akhir pekan.
Menerima orderan 3-4 kue/minggu atau sekitar 15 kue per bulan.
Harga kue 3D mulai dari Rp 150.000,00-Rp 500.000,00

Modal awal
Mixer                                Rp   450.000,00
Oven                                 Rp   900.000,00
Loyang, spatula, baskom, dll         Rp   350.000,00
Timbangan untuk mengukur bahan       Rp   150.000,00+
Total modal                          Rp 1.850.000,00

Peralatan mengalami penyusutan selama dua tahun :
1/24 bln x Rp 1.850.000,00    =      Rp 77.100,00

Biaya operasional per bulan
Bahan baku kue (terigu, gula, margarin, fondant, dll)
@ Rp 100.000 x 15 kue                Rp 1.500.000,00
Kemasan (kotak dan plastik mika)     Rp   100.000,00
Biaya listrik dan telepon            Rp   150.000,00
Biaya transportasi                   Rp   150.000,00
Biaya penyusutan                     Rp    77.100,00+
Total biaya per bulan                Rp 1.977.100,00

Omzet Per bulan
Penjualan kue 3D diambil harga rata-rata Rp 250.000,00 :
@ Rp 250.000,00 x 15 buah            Rp 3.750.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 3.750.000,00 - Rp 1.977.100,00 =  Rp 1.772.900,00

ROI (Return of Investment)
(Modal awal : laba bersih per bulan) ± 1 bulan

Semoga informasi peluang bisnis sampingan untung besar dari kreasi cake 3d ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menjadi salah satu inspirasi bisnis bagi para pemula yang sedang bingung mencari bisnis sampingan. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://athome.kimvallee.com/images/blog_kimvallee_com/WindowsLiveWriter/WhimsicalCakesbyStudioCakes_AED9/funcakes_studiocake_2.jpg
2. http://farm9.staticflickr.com/8447/7865624418_044f0aaa63.jpg