internet marketingMenjalankan bisnis online bukan berarti Anda bebas dari hambatan usaha. Sama seperti halnya bisnis yang dijalankan secara offline, bisnis di dunia maya juga memiliki beberapa kendala yang sering dihadapi para pelaku usaha. Misalnya saja seperti sulitnya mendongkrak pemasaran melalui media online, adanya penolakan dari beberapa calon konsumen, maupun dicurigai sebagai salah satu pelaku bisnis penipuan online yang belakangan ini mulai marak terjadi di kalangan masyarakat. Tidaklah heran bila banyak pelaku bisnis online yang kini mulai bertumbangan sebelum mereka sempat mencapai puncak kesuksesannya.

Video Praktisi

Kiat Memulai Bisnis Cokelat Ndalem Jogja

Nah, untuk mengantisipasi adanya kegagalan dalam menjalankan bisnis online. Berikut kami informasikan dua kunci utama memasarkan bisnis di dunia maya.

Pertama, selalu optimis dalam menghadapi penolakan. Meskipun pemasaran internet dipandang lebih praktis jika dibandingkan dengan bisnis konvensional, namun pada dasarnya belum semua orang percaya untuk melakukan transaksi secara online. Sehingga tidak jarang Anda akan mendapatkan penolakan dari beberapa calon konsumen Anda.

Ketika Anda menghadapi kondisi tersebut, sebaiknya jangan cepat menyerah dan tanyakan secara baik-baik mengapa mereka belum mau memutuskan untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan. Perhatikan semua keluhan pelanggan, dan lakukan evaluasi ulang sebelum akhirnya Anda menawarkannya lagi untuk kedua kali. Sehingga tidak menutup kemungkinan bila mereka akan mendengarkan penawaran terbaru Anda yang telah disesuaikan dengan kebutuhan atau permintaan para konsumen.bisnis online

Kedua, berusaha menghindari strategi pemasaran yang bombastis. Munculnya berbagai jenis kasus penipuan online, ternyata membuat strategi pemasaran yang berlebih-lebihan atau terlihat bombastis dicurigai sebagai iklan yang berpotensi menjebak atau menipu para konsumen. Karenanya, sebisa mungkin hindari penggunaan strategi tersebut agar produk atau jasa yang Anda tawarkan tidak dinilai buruk oleh calon konsumen Anda.

Akan lebih aman bila Anda memasarkan produk melalui strategi pemasaran soft selling atau mendekatkan diri kepada pelanggan melalui website yang menarik dan menampilkan informasi-informasi yang dibutuhkan para konsumen, sehingga mereka betah berlama-lama mengunjungi website tersebut dan tertarik dengan penawaran yang disampaikan.

Sekian dulu tips bisnis online yang bisa kami informasikan pada pekan ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan memotivasi para pemula untuk terus berkarya menciptakan strategi pemasaran bisnis yang efektif guna memenangkan persaingan pasar yang ada. Mulai dari yang kecil, mulai dari yang mudah, mulai dari sekarang. Salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://www.justiz.nrw.de/Gerichte_Behoerden/justizimwww/justiz_im_www.jpg
2. http://cantrikmodern.co.cc/wp-content/uploads/2010/08/internet.jpg