Video Praktisi

Kunci Pemasaran Bisnis Kuliner Roti van Java

Buah naga atau dragon fruit (buah dari tanaman Hylocereus undatus) termasuk pendatang baru yang cukup popular. Masuk akal, selain penampilannya yang eksotik, rasanya asam manis menyegarkan dan memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Pendatang baru satu ini langsung terkenal. Bentuknya yang unik dengan warna mencolok, mengundang keingintahuan orang. Kini buah naga telah dibudidayakan di Indonesia dan ternyata, bukan cuma buahnya yang unik, bentuk pohonnya juga bagus dengan bunga harum semerbak. Cukup cantik sebagai tanaman hias penyemarak taman.

Buah naga dihasilkan dari tanaman sejenis kaktus. Buah asal Mexico ini mempunyai sulur batang yang tumbuh menjalar. Batangnya berwarna hijau dengan bentuk segi tiga. Bunganya besar, berwarna putih, harum dan mekar di malam hari. Setelah bunga layu akan terbentuk bakal buah yang menggelantung di setiap batangnya.

Sekilas rasa buah naga seperti buah kiwi, kombinasi antara manis, asam dan segar. Buah naga dapat dinikmati sebagai buah meja, diolah menjadi puding, isi pai, campuran salad atau es buah. Dibalik rasanya yang manis menyegarkan, buah naga kaya akan manfaat. Banyak orang percaya buah ini dapat menurunkan kolesterol dan penyeimbang gula darah. Namun, mengingat asalnya dari jenis buah kaktus, kita percaya buah naga mengandung vitamin C, beta karoten, kalsium dan karbohidrat. Yang pasti buah naga tinggi serat sebagai pengikat zat karsinogen penyebab kanker dan memperlancar proses pencernaan.

Perintis home industry dragon candy (permen jelly buah naga) merupakan kumpulan dari sekelompok mahasiswa Proyek Akhir PTBB (Pendidikan Teknik Boga dan Busana) Fakultas Teknik UNY, yang terdiri dari Dwi Adhi Wahyu Saputri, Yuni Astuti, Erfin Dwi Priana dan Siti Hartati.  Karena, memiliki latar belakang pendidikan yang sama tentang tata boga, maka kami melihat prospek usaha kuliner dragon candy (permen jelly buah naga) ke depannya bagus. ”Dragon Candy” adalah nama usaha industri permen jelly buah naga yang diusung saat ini.

Usaha di bidang kuliner merupakan ”usaha sepanjang masa”. Pendapat ini memang benar karena semakin hari bisnis di bidang kuliner semakin berkembang. Saat ini, semakin banyak jenis makanan yang dibisniskan. Berbagai macam usaha di bidang kuliner, bisa dimenbangkan menjadi bisnis yang cukup besar. Salah satu contohnya adalah permen, di pasaran banyak sekali ditemukan berbagai macam permen dengan berbagai macam rasa. Pada umumnya, permen hanya mempunyai rasa buah jeruk, mangga, nanas, strawberry dan susu. Oleh karena itu, kami selaku perintis home industri ”Dragon Candy” akan memberikan pengembangan rasa permen dari buah naga merah dan buah naga putih.

Konsumen
Konsumen bisnis dragon candy mencakup masyarakat dari berbagai umur, anak – anak hingga orang tua pun dapat mengkonsumsi dragon candy karena makanan ini memiliki kandungan vitamin yang cukup banyak. Maka tak heran lagi jika harga permen buah naga sedikit lebih mahal dibandingkan permen lainnya.