Pengen Buka Usaha Home Industri? Dragon Candy Aja!!

pengen-buka-usaha-home-industri-dragon-candy-ajaBuah naga  (buah dari tanaman Hylocereus undatus) termasuk salah satu buah yang cukup popular dikalangan masyarakat. Selain penampilannya yang eksotik, rasanya yang asam manis mampu menyegarkan para penikmatnya dan terlebih lagi, buah ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Sejak awal masuknya buah ini dipasaran sekitar tahun 2000an, buah satu ini langsung terkenal. Bentuknya yang unik dengan warna mencolok, mengundang keingintahuan orang. Kini buah naga telah dibudidayakan di Indonesia dan ternyata, bukan cuma buahnya yang unik, bentuk pohonnya juga bagus dengan bunga harum semerbak. Cukup cantik sebagai tanaman hias penyemarak taman.

Buah naga dihasilkan dari tanaman sejenis kaktus. Buah asal Mexico ini mempunyai sulur batang yang tumbuh menjalar. Batangnya berwarna hijau dengan bentuk segi tiga. Bunganya besar, berwarna putih, harum dan mekar di malam hari. Setelah bunga layu akan terbentuk bakal buah yang menggelantung di setiap batangnya.

Sekilas rasa buah naga seperti buah kiwi, kombinasi antara manis, asam dan segar. Buah naga dapat dinikmati sebagai buah meja, diolah menjadi puding, isi pai, campuran salad atau es buah. Dibalik rasanya yang manis menyegarkan, buah naga kaya akan manfaat.

Banyak orang percaya buah ini dapat menurunkan kolesterol dan penyeimbang gula darah. Namun, mengingat asalnya dari jenis buah kaktus, kita percaya buah naga mengandung vitamin C, beta karoten, kalsium dan karbohidrat. Yang pasti buah naga tinggi serat sebagai pengikat zat karsinogen penyebab kanker dan memperlancar proses pencernaan.

Perintis home industry dragon candy (permen jelly buah naga) merupakan kumpulan dari sekelompok mahasiswa Proyek Akhir PTBB (Pendidikan Teknik Boga dan Busana) Fakultas Teknik UNY, yang terdiri dari Dwi Adhi Wahyu Saputri, Yuni Astuti, Erfin Dwi Priana dan Siti Hartati.  Karena, memiliki latar belakang pendidikan yang sama tentang tata boga, maka kami melihat prospek usaha kuliner dragon candy (permen jelly buah naga) ke depannya bagus. ”Dragon Candy” adalah nama usaha industri permen jelly buah naga yang diusung saat ini.

Usaha di bidang kuliner merupakan ”usaha sepanjang masa”. Pendapat ini memang benar karena semakin hari bisnis di bidang kuliner semakin berkembang. Saat ini, semakin banyak jenis makanan yang dibisniskan. Berbagai macam usaha di bidang kuliner, bisa dimenbangkan menjadi bisnis yang cukup besar.

Salah satu contohnya adalah permen, di pasaran banyak sekali ditemukan berbagai macam permen dengan berbagai macam rasa. Pada umumnya, permen hanya mempunyai rasa buah jeruk, mangga, nanas, strawberry dan susu. Oleh karena itu, kami selaku perintis home industri ”Dragon Candy” akan memberikan pengembangan rasa permen dari buah naga merah dan buah naga putih.

Konsumen
Konsumen bisnis dragon candy mencakup masyarakat dari berbagai umur, anak – anak hingga orang tua pun dapat mengkonsumsi dragon candy karena makanan ini memiliki kandungan vitamin yang cukup banyak. Maka tak heran lagi jika harga permen buah naga sedikit lebih mahal dibandingkan permen lainnya.

Info Produk
Produk yang diproduksi hanya satu jenis yaitu permen jelly buah naga. Produk ini mempunyai kandungan gizi serat yang baik untuk kesehatan. Industri ini didirikan dari  kerjasama empat orang yang mempunyai komitmen dan tujuan yang sama untuk mengembangkan variasi olahan dari buah naga yaitu permen jelly buah naga agar lebih dikenal dan disukai oleh masyarakat luas.

Rata-rata kapasitas produksinya dalam 1 bulan mencapai 2400 bks permen. Bahan baku utama adalah buah naga merah dan buah naga putih, sedangkan bahan pendukung adalah Gula pasir, gelatin, glukosa, citrid acid, buffer sitrat dan natrium benzoat. Dalam sebulan kebutuhan akan bahan-bahan tersebut antara lain:

Nama Bahan            Jumlah             Harga

Buah Naga Merah      5 kg/ bulan     Rp 35.000,-/kg

Buah Naga Putih      5 kg/ bulan     Rp 16.000,-/kg

Gula Pasir           58 kg/ bulan    Rp 13.000.-/kg

Gelatin              15 kg/ bulan    Rp 270.000,-/kg

Glukosa              15 kg/ bulan    Rp  7.500,-/kg

Citrid Acid           ½ kg/ bulan    Rp 10.000,-/kg

Buffer sitrat         ¼ kg/ bulan    Rp 38.000,-/kg

Natrium benzoat      1 ons/ bulan    Rp 23.000,-/kg

Icing Sugar          10 kg           Rp 10.000,-/kg

Mineral              1 galon         Rp 15.000,-/galon

Bahan baku utama buah naga merah dan  buah naga putih diperoleh dari Glagah, Kulon Progo. Sedangkan bahan pendukung diperoleh dari daerah jogja dan sekitarnya.

permen-jelly-buah-naga-2

 

Empat orang perintis home industry dragon candy tersebut juga yang akan menjadi karyawan di industri ini. Masing-masing dari mereka mempunyai tugas dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Pembagian tugas sudah disepakati oleh semua karyawan.

Setiap karyawan memiliki 8 jam kerja/hari dan dapat memproduksi kurang lebih 25 kemasan produk produk permen jelly buah naga dengan berat bersih 25 g/bks. Gaji yang diberikan kepada karyawan pada tiap bulannya adalah Rp 450.000,-

Proses Produksi
1.  Campur buah naga yang sudah dihaluskan, gelatin dan air panas, kemudian diaduk sampai larut. Tambahkan natrium benzoat, dan aduk sampai rata. Sisihkan.
2.  Glucose, gula, dan air, dicampur ke dalam wadah. Masak hingga mencapai suhu 110o C.
3.  Tambahkan citric acid dan buffer sitrat sambil diaduk terus dan dipanasi hingga mencapai suhu 120oC. Matikan api.
4.  Campurkan adonan gelatin dengan adonan gula, aduk sampai rata.
5.  Tuang ke loyang atau cetakan, tunggu sampai dingin dan kenyal.
6.  Siap diangkat dari cetakan, kemudian taburi dengan icing sugar

Wilayah Pemasaran
Saat ini, wilayah pemasaran produk dragon candy hanya di lokal Jogja, dengan pertimbangan dragon candy merupakan produk baru yang belum begitu dikenal oleh masyarakat. Maka, pemasaran difokuskan di jogja terlebih dahulu.

Harga jual dragon candy Rp. 5000,-/ bks. Karena harga jual yang sudah cukup tinggi maka sasaran pasar yang dituju adalah kalangan menengah ke atas.

Analisa Ekonomi

Pengeluaran

A. Bahan dragon candy:
Buah Naga Merah    5 kg/bulan x Rp  35.000,-/kg       = Rp   175.000,-
Buah Naga Putih    5 kg/bulan x Rp  16.000,-/kg       = Rp    80.000,-
Gula Pasir        58 kg/bulan x Rp  13.000.-/kg       = Rp   754.000,-
Gelatin           15 kg/bulan x Rp 270.000,-/kg       = Rp 4.050.000,-
Glukosa           15 kg/bulan x Rp   7.500,-/kg       = Rp   112.500,-
Citrid Acid        ½ kg/bulan x Rp  10.000,-/kg       = Rp     5.000,-
Buffer sitrat      ¼ kg/bulan x Rp  38.000,-/kg       = Rp     9.500,-
Natrium benzoat   1 ons/bulan x Rp  23.000,-/kg       = Rp     2.300,-
Icing Sugar       10 kg       x Rp  10.000,-/kg       = Rp   100.000,-
Mineral            1 galon    x Rp 15.000,-/galon     = Rp    15.000,- +
Jumlah                                                = Rp 5.302.800,-

B. Tenaga Kerja :
Karyawan           4 x Rp. 750.000,-                  = Rp 3.000.000,-
Total Pengeluaran  Rp 3.000.000,- + Rp 5.302.800,-    = Rp 8.302.000,-

Omset
Penjualan Dragon candy   2400 x Rp 5.000,-            = Rp 12.000.000,-

Keuntungan
Rp 12.000.000,- - Rp 8.302.000,-                       = Rp 3.698.000,

Home industri dragon candy (permen jelly buah naga), menjadi salah satu peluang bisnis yang memiliki prospek besar. Dengan bisnis baru yang unik, Anda bisa memperoleh peluang pasar yang lebih besar dibandingkan bisnis lain yang sudah banyak dijalankan. Semoga bermanfaat dan salam sukses.

Sumber : tim bisnis UKM

18 Komentar

  1. saya dari balikpapan, saya tertarik untuk pasarkan produk permennya di balikpapan. belum ada tuh di kota saya. Gimana ? bisa kasih sample dulu mbak?

  2. Salam,
    Aq tertarik membuat permen jelly, tapi ga tau takaran dari masing2 komposisi diatas? Boleh dong resepnya? Trims bgt sebelumnya.

  3. maaf mba,bs d email kan lg ga…
    coz tak cek d inbox kok ga masuk ya.
    tlong email k dear_privacy@yahoo.com ya…thx

  4. wah bagus bgt produknya mba…klo aq mo jd reseller bs ga mba?gmn caranya?
    aq posisi jg d yogya,jd bs ambil barangnya langsung kt4 mba.
    aq krj d yogya,tp asli solo,jd sring balik k solo – smg….
    soalnya buah naga sendiri aza byk peminatnya d daerahq…
    ni no HPq : 08170423980

    Terimakasih telah mengunjungi virtual office kami www.bisnisukm.com
    Penjelasan telah kami kirimkan melalui email.

    Salam Sukses

    Terimakasih

  5. Saya tinggal di Bandung, jika saya ingin memesan permen tsb brapa bnyak pesanan minimal untuk dikirim ke bandung.

    Terimakasih telah mengunjungi virtual office kami http://www.bisnisukm.com
    Penjelasan telah kami kirimkan melalui email.

    Salam Sukses

    Terimakasih

  6. Wah ide kreatif Sehat , Menarik dan Inovative .. Mbak Putri , kayaknya Batam masih belum ada products ini … Bisa jadi distributor nggak … Caranya gimana tuh ,,, Tku and regards (08127046605 )

  7. saya sebagai siswa smk kls 3,berkat adanya situs ini saya mendapat motipasi untuk membuka home industri ini sendiri sehubungan saya lulusan patiseri saya kan coba.terimakasi atas insfirasinya

  8. permen ini bisa dikirim kejakarta tdk ? mau kerjasama tdk untuk dikirim ke ujung pandag dengan system konsinasi ? no hp saya 085825014775

  9. ide sangat kreatif dan penuh inovasi.
    boleh dong saya komentar lain, terutama pada tampilan produk. tampilan produk sangat menentukan minat seseorang untuk mengkonsumsi produk yang kita tawarkan. di dunia maya konsumen tidak disuguhi dengan aroma dan rasa tetapi tampilan. dengan melihat tampilan harapan kita untuk menarik konsumen akan banyak direspon. dengan tampilan yang jelas dan detil serta menarik akan memainkan pikiran konsumen dengan membayangkan rasa dan aroma dari produk. saran saya agar rasa terlihat menarik, detil dan jelas seharusnya tampilan di foto yang harus ditonjolkan adalah produknya bukan dekorasi dan buah aslinya. sehingga perlu menampilkan permen tanpa bungkus dan disertai dengan permen yang dibungkus. Dengan melihat produk aslinya konsumen akan tertarik pada pandangan pertama, untuk rasa no kedua karena rasa harus dicicipi, naaaah kapan nih saya bisa nyicip permen yang ditawarkan. oke selamat berjuang dan sukses selalu untuk usaha yang akan dirintis.

  10. kiswari: bisa saja saudara membuka usaha permen jelly buah naga dengan cara bekerjasama dengan kami.kami akan mendistribusikan ke surabay.untuk info lebih lanjut silahkan menghubingi CP yang tertera di iklan

    Dewa: untuk saat ini produksi permen jelly buah naga baru di jogjakarta, kami usahakan dalam waktu dekat ini untuk memasarkan di kota2 besar.jika mau mencicipi produk kami,silahkan kunjungi tempat produksi kami di alamat jogokarryan MJ III/ 672 A.

  11. apakah saya bisa dapet ne permen di swalayan? pengen banget neh nyobain..
    produk yang menarik..dan kayaknya baru tempat ini yang buat yah…

  12. Saya sangat tertarik dengan bisnis tersebut, bagaimana caranya ya kalau mau buka usaha permen dragon candy di surabaya, saya tinggal di surabaya, trims.

  13. ebta : makasih ya ebta udah mencicipi dragon candy… kalo mau pesen juga bisa kok…hub. aj ke 08175496163 putri .tq ^_^

    Bunga : boleh kok kalo mau mencicipi..ditunggu pesanannya..tq ^_^

    sule : sudah dibuat industri, kalo mau nyicipin bisa pesen kok..hub. aj ke 08175496163 putri …tq ^_^

  14. cukup menarik, apakah itu sudah dikerjakan secara industri pa belum?
    jd kepengen nyobain, dimana saya bs dapatkan itu permen…?

  15. Mau dong nyicipi, pasti enak yach!
    .-= Bunga´s last blog ..Bunga Gerbera Daisy – Makna Keceriaan =-.

  16. Setelah mencicipi sendiri ternyata memang enak..
    Memang ide yang kreatif…
    .-= ebta´s last blog ..Test Antivirus terbaik di awal 2010 (Av-comparatives) =-.

Comments are closed.