bisnis makananMeningkatnya pertumbuhan UKM di Indonesia ternyata cukup di dominasi oleh industri makanan dan minuman. Sejak beberapa tahun yang lalu, perkembangan bisnis di bidang makanan dan minuman mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan. Puncaknya terjadi pada tahun 2009 silam dimana industri tersebut meningkat dari yang hanya 2,34% (Th.2008) mengalami lonjakan pesat menjadi 11,22% dengan volume penjualan hingga Rp 555 Trilyun (Th. 2009).

Video Praktisi

Tips Memulai Bisnis Bagi Pemula, Owners Gudeg Kaleng Mbak Yayah

Meskipun peningkatannya sangat tinggi di tahun 2009, namun pada saat krisis global terjadi pada tahun 2010 silam, sektor industri makanan dan minuman sempat mengalami penurunan yang cukup hebat menjadi 2,73% walaupun omsetnya masih tetap tinggi yaitu menyentuh angka Rp 605 Trilyun. Dan yang lebih menggembirakan lagi, pada tahun 2011 industri makanan dan minuman kembali bersinar dengan mengalami peningkatan sekitar 9,34% pada kuartal kedua.usaha minuman

Selain omsetnya yang terus meningkat, jumlah pelaku bisnis di bidang makanan dan minuman juga mengalami pertumbuhan yang cukup positif. Saat ini berbagai macam produk makanan dan minuman mulai diinovasikan menjadi aneka menu baru yang ditawarkan pelaku usaha untuk memanjakan para konsumennya. Bahkan sekarang banyak pengusaha yang berhasil mengembangkan usahanya menjadi bisnis waralaba dengan menawarkan nilai investasi yang beragam, dari mulai jutaan rupiah hingga ratusan juta rupiah.

Tentunya kondisi tersebut tidak hanya memberikan keuntungan bagi para pelaku usaha di bidang makanan dan minuman, namun juga menyerap jumlah tenaga kerja yang cukup besar dan membukakan peluang usaha baru bagi para pemula yang tertarik berinvestasi di bidang bisnis kuliner.

Semoga informasi berita bisnis ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca yang tertarik menekuni bisnis makanan dan minuman. Dengan adanya pergerakan industri makanan dan minuman mulai berkembang ini, diharapkan bisa membantu pertumbuhan UKM di Indonesia dan meningkatkan perekonomian lokal maupun nasional. Yakinkan diri Anda bahwa dimanapun Anda berada selalu ada peluang untuk memulai usaha, mulai dari yang kecil, mulai dari yang mudah, mulai dari sekarang. Salam sukses.

sumber gambar : http://cantikayu8.files.wordpress.com/2011/09/aneka-kue.jpg dan http://en.indonesiafinancetoday.com/gallery/post/OTAwZDg1Zjc0MTExMDU1YmE0ZTRhOTNkNDdiZDg3YTEuanBn