Apa Anda memiliki hobi menulis? Dengan memiliki hobi dan kemampuan menulis, seseorang bisa menciptakan peluang bisnis baru yang cukup menguntungkan. Salah satunya menjadi freelance writer bagi bisnis online.

Video Praktisi

Membangun Kerjasama Tim Bisnis Roti van Java

Tak perlu diragukan lagi bila bisnis online bisa menciptakan berbagai peluang bisnis, bukan hanya publisher iklan, serta bisnis affiliate saja yang banyak dijalankan orang. Menjadi freelance writer bagi bisnis online juga diminati banyak orang, bukan hanya di luar negeri saja namun di Indonesia juga sudah banyak para penulis konten yang menawarkan jasa penulisan artikel untuk media online.

Dalam menjalankan bisnis melalui internet, apapun peluang bisnis yang ditekuninya memerlukan adanya konten atau artikel untuk memasarkan bisnis mereka. Dengan adanya konten yang menarik, secara tidak langsung akan meningkatkan jumlah kunjungan pada blog maupun website yang mereka miliki. Disamping itu adanya konten juga bisa menjadi sales letter untuk memasarkan sebuah produk, misalnya saja menuliskan ulasan produk yang ditawarkan melalui online.

Namun sayangnya tidak semua pelaku bisnis online memiliki waktu untuk menulis konten bagi bisnisnya, bahkan banyak pula diantara mereka yang tidak memiliki kemampuan menulis. Kondisi ini dimanfaatkan para  freelance writer sebagai peluang untuk menawarkan jasanya.

Banyak pemilik blog atau website yang menggunakan jasa freelance writer untuk mengisi konten pada bisnis online mereka. Beberapa jasa yang sering ditawarkan freelance writer antara lain SEO artikel untuk meningkatkan kunjungan konsumen yang menggunakan kata kunci dengan search engine, artikel untuk di upload pada blog, konten untuk ebook, serta artikel untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan pemilik blog/website.

Tips penulisan konten yang baik dan mudah ditemukan search engine:

1. Usahakan konten tersebut asli dan bukan hasil dari copy paste. Bila Anda menulis dari sebuah sumber, usahakan untuk menulis ulang dengan bahasa Anda sendiri.

2. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan sesuai dengan EYD. Bila menggunakan bahasa Inggris, perhatikan grammer dan tata bahasa yang digunakan

3. Hindari unsur SARA, pornografi, serta semua hal yang bertentangan dengan hukum. Agar konten Anda dapat dinikmati semua kalangan masyarakat. Konten yang banyak dicari adalah tips, cara, ulasan atau liputan dan berita terbaru yang berguna bagi para pembaca

4. Pastikan konten tersebut belum pernah dipublish, jadi masih baru dan belum beredar baik online maupun offline

5. Dalam menulis artikel usahakan lebih dari 100 kata, idelanya antara 300 sampai 700 kata. Semakin banyak kata yang Anda tuliskan, maka semakin banyak pula kata kunci yang mempermudah mesin pencarian. Usahakan untuk menuliskan kata kunci yang tersebar merata di semua paragraf.

6. Dalam penulisan judul, usahakan maksimal terdiri dari 6 kata dan mengandung kata kunci. Yang paling penting, judul konten harus mewakili isi yang dibahas dalam konten tersebut

7. Pastikan dalam penggunaan SEO jangan melebihi 4%, karena penggunaan SEO yang berlebihan hanya akan merusak nilai SEO

8. Tambahkan pelengkap pada konten, agar lebih menarik. Misalnya memberikan sebuah gambar atau video yang berhubungan dengan konten tersebut. Namun jangan lupa, bila menambahkan gambar maupun video, lengkapi pula dengan judul. Judul gambar atau video, maksimal 20 karakter.

Demikian informasi mengenai jasa freelance writer bagi bisnis online, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan membantu Anda yang tertarik menjadi freelance writer dalam menulis konten. Salam sukses.

sumber gambar : http://penuliskonten.com/wp-content/uploads/2010/09/hand-writing-300×237.jpgdan http://clamourcreative.com/wp-content/uploads/2009/11/taking-control-of-your-content.png