Pola hidup sehat yang kini sedang jadi tren di kalangan masyarakat membuat peluang bisnis jus buah semakin terasa segar menggoda. Meskipun terlihat sederhana, bisnis yang menjual perasan aneka buah ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Kita akan menyadari betapa pentingnya buah-buahan bagi kesehatan sebagai asupan vitamin dan serat bahkan antioksidan tubuh kita. Kegemaran akan buah mulai dari kalangan rakyat jelata sampai orang-orang berduit, terbukti penjaja buah di pinggir jalan tetap mempunyai pelanggan, demikian juga yang kalangan menengah ke atas.

Buah sudah menjadi kebutuhan, hanya bagaimana bentuk penyajiannya yang beragam mulai dari buah segar, buah kalengan, juice buah bahkan sampai asinan atau manisan buah. Khususnya di kalangan menengah ke atas, kesadaran mengonsumsi buah menjadi bagian dari rencana hidup, mengapa demikian? Banyak para wanita dan bahkan pria menyadari pentingnya pola kombinasi makan (food combining), sehingga makan buah atau minum jus secara terencana dan teratur menjadi bagian dalam hidup sehat mereka.

Ke depan pola hidup sehat dengan mengonsumsi buah akan menjadi makin baik dengan meningkatnya kesadaran masyarakat karena pendidikan formal dan non formal yang mereka peroleh. Jadi, boleh dikata bisnis buah-buahan dalam bentuk buah segar dan jus mempunyai kesinambungan.

Gaya hidup

Tampaknya di kalangan menengah sampai atas minum jus buah menjadi bagian dari gaya hidup mereka. Hanya perlu dicermati apakah jus tersebut 100% dari buah segar atau konsentrat dengan komposisi tambahan sampai zat pengawet, gula dan pewarna yang memenuhi syarat kesehatan dan keamanan pangan. Hal ini menentukan kemurnian dari jus buah sendiri dan kandungan vitamin dan seratnya. Kemudahan mengkonsumsi dalam bentuk jus buah berbagai kemasan dan ukuran membuat jus buah diminati konsumen dalam kesibukan mereka. Di setiap mal, restoran, hotel atau cafe mereka tidak luput menyediakan jus buah. Disini tampak gaya hidup sehat, praktis dan keamanan pangan akan mendorong pertumbuhan pasar.

Kunci sukses

  • Produk

Pada dasarnya jus buah dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu :

Long shelf life juice dengan merek seperti Berri, Welch\’s, Just Juice, Martinellis, Ocean Spray, Sunkist, Dewlands, Chabaa, Buavita, ABC, Country Choice, dan Carrefour (produk impor dan lokal dengan bahan konsentrat), sedangkan merek Happy Day, Ceres & Original sebagai produk impor berbahan buah segar.

Fresh juice. Produk-produk juice yang membutuhkan penempatan di refrigerator juga bervariasi cukup banyak dengan merek Marco, Jungle Juice, Berri dengan beberapa category, Frutang,Classics, Sunshine, Sunripe, Diamond, Nucleo, Pulp Orange dan Love Juice.

Di sini tampak bahwa juice buah punya prospek baik, kalau tidak mengapa sekian banyak pemain masuk? keunggulan produk dan layanan masing-masing pasti sudah mengklaim dengan posisi tertentu seperti keasliannya, tanpa pengawet, tanpa pewarna, murah. Jadi, Anda perlu memikirkan kategori baru dalam juice buah untuk menciptakan diferensiasi di pasar. Jaga mutu rasa, perhatikan cara pengemasannya menarik, kualitas buah dan kebersihannya agar produk Anda dapat menjadi pilihan konsumen.

  • Harga

Penentuan harga menjadi salah satu faktor strategi dalam pemasaran dan penjualan dalam menciptakan citra dan profit. Biasa untuk cup sedang berkisar harga Rp 3000,. – Rp 7000,. dapat sering kita jumpai pada penjual jus buah di pinggir jalan. Namun, tergantung pula pada musim masing-masing buah.

  • Promosi

Promosi yang paling efektif dan tidak mengeluarkan banyak biaya adalah promosi dari “mulut ke mulut” hingga berbagai media, baik cetak (banner, koran, majalah, flyer, poster, pamflet), atau elektronik (internet, TV, radio, SMS)

Berbisnis sukses dengan sajian kuliner juice buah saat ini dan kedepannya banyak diminati para pebisnis, karena potensi yang menarik dan menjanjikan. Pilihan dapat diambil salah satunya adalah membeli produsen juice buah yang telah ada dipasar karena pemilik lama pasti sudah melewati fase penetrasi yang melelahkan dan berisiko gagal. Ingat setiap fase dari siklus bisnis pasti ada tantangan dan benefit yang diperoleh termasuk intangible assets (goodwill) yang sudah terbentuk selama perjalanan bisnisnya.

sumber gambar : http://www.google.co.id/imglanding?q=gambar jus buah&imgurl=http://4.bp.blogspot.com/