chairul tanjung
chairul tanjung

Siapa yang tak mengenal sepak terjang Chairul Tanjung. Kesuksesan “Si Anak Singkong” ini dalam membangun kerajaan bisnis tentunya sudah tidak perlu kita ragukan lagi. Meskipun terlahir dari keluarga sederhana, Chairul Tanjung yang akrab disapa CT ini tak pernah menyerah dengan keadaan yang ada dan berusaha bangkit untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak. Semangat inilah yang kemudian mengantarkan Chairul Tanjung menjadi seorang pengusaha sukses yang berhasil membesarkan Bank Mega, Trans Corp, dan Carrefour di Indonesia.

Video Praktisi

Membangun Bisnis dari Hobi, Poyeng Jogja

Semua kesuksesan yang Ia genggam saat ini tentunya tidak Ia raih secara instan. Lika-liku kegagalan dalam membangun sebuah usaha pastinya tak pernah luput dari perjalanannya. Namun baginya, kegagalan adalah sahabat terbaik bagi Chairul Tanjung. Karena dari sebuah kegagalan, Ia bisa belajar tentang banyak hal baru.

Nah, bagi Anda yang ingin menapaki kesuksesan seperti halnya kisah Si Anak Singkong. Berikut ini kami informasikan tiga kunci sukses Chairul Tanjung Dalam membangun bisnis.

  • Kerja Keras

“Seorang calon pengusaha tidak boleh cengeng dan mudah menyerah,” tegas Chairul Tanjung. Melihat potensi kekayaan alam Indonesia yang melimpah ruah, tentunya amat disayangkan bila kita tidak memanfaatkan kelebihan tersebut dengan maksimal. Karenanya, wajib hukumnya bagi setiap pengusaha untuk tetap menomorsatukan kerja keras dibandingkan memikirkan modal usaha. “Kita kebanyakan makan mie instan, sehingga segala sesuatunya juga mau instant,” ujar Chairul Tanjung sembari bergurau. Padahal kenyataannya beliau rela bekerja hingga lebih dari 18 jam untuk mewujudkan semua mimpinya yang terkadang dianggap orang lain berlebihan.

  • Kerja Cerdas
kerja cerdas
kerja cerdas

Selain kerja keras, seorang pengusaha juga dituntut untuk bisa kerja cerdas. Sebab, ketika Anda terjun menjadi seorang entrepreneur, maka secara tidak langsung Anda juga harus bisa membuat perencanaan yang baik, mengambil keputusan dengan tepat, dan mengatasi semua kendala usaha dengan cerdas. Contoh nyata bisa kita lihat dari keberhasilan Chairul Tanjung yang menciptakan ide-ide segar dan mewujudkannya menjadi nyata. Seperti misalnya inovasi Trans Studio buatannya yang belakangan ini disebut-sebut sebagai taman bermain di dalam ruangan (indoor) terbesar di Indonesia.  “Saya membeli masa depan dengan uang masa lalu.” tutur Chairul Tanjung yang dituliskan dalam buku “Si Anak Singkong”.

  • Kerja Ikhlas

Ketika Anda sudah bekerja keras dan bekerja cerdas, maka kunci sukses yang terakhir adalah kerja ikhlas. Setelah semuanya Anda kerjakan dengan optimal, maka selanjutnya serahkan segala keputusan kepada Yang Maha Kuasa. “Syukuri apa yang kita miliki, jangan pernah berburuk sangka terhadap kuasa-Nya, maka Allah akan menambahkan segala nikmat-Nya kepada kita.” pesan Chairul Tanjung. Ia selalu berpesan kepada setiap pengusaha untuk terus mensyukuri keberhasilan yang mereka dapatkan hari itu, dan terus ikhtiar dan bertawakal untuk mencapai puncak kesuksesan yang diinginkan.

Semoga ketiga tips bisnis ala Chairul Tanjung ini bisa memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca dan memotivasi para pemula untuk segera terjun di dunia usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://2.bp.blogspot.com/-PXDvOxC5XOk/T9AbuSNyb-I/AAAAAAAABn4/LMN7evQphUY/s320/ct-cover.jpg
2. http://www.andradonatta.com/wp-content/uploads/2012/08/work-smarter.jpg