Sosial Media

Mengoptimalkan Peran Sosial Media di Tahun 2013

social media

social media

Rasanya tidak berlebihan bila sekarang ini beragam jenis situs sosial media sudah sangat familiar di seluruh lapisan masyarakat. Bahkan tak hanya kalangan masyarakat atas saja yang sekarang ini bisa mengakses internet dengan mudah. Beragam jenis situs jejaring sosial sekarang ini juga sudah diseting para penciptanya dengan sistem mobile friendly, sehingga tidak heran bila dari ponsel atau smartphone yang mereka miliki, sekarang ini penggunaan sosial media semakin mudah diakses oleh semua kalangan masyarakat.

Berdasarkan hasil survei yang dirilis oleh American Expres, sekarang ini seperempat konsumen datang dari dari jejaring sosial seperti misalnya Facebook dan Twitter. Kondisi inilah yang diperkirakan akan melambungkan pendapatan iklan di jejaring sosial pada tahun 2013. Bahkan menurut riset yang dilakukan situs eMarketer diperkirakan tahun ini pendapatan iklan jejaring sosial bisa mencapai angka 10 milyar dolar. Peluang inilah yang bisa Anda manfaatkan dengan baik untuk mengoptimalkan peran sosial media dalam mempromosikan produk-produk unggulan Anda.

Nah, kira-kira langkah apa saja yang bisa Anda jalankan untuk mengoptimalkan peran sosial media di tahun 2013? Berikut kami informasikan beberapa langkah mudah yang bisa Anda jalankan untuk mengoptimalkan strategi promosi online.

  • Jaring follower sebanyak-banyaknya

Untuk mendatangkan banyak transaksi penjualan, tentunya Anda juga harus memiliki follower atau pengikut sebanyak-banyaknya. Jaring follower dengan memberikan konten yang bermanfaat dan sesuai dengan produk yang Anda promosikan. Misalnya Anda mempromosikan produk-produk gadget, maka konten yang Anda publikasikan bisa berupa tips aman memilih atau merawat produk-produk gadget. Dengan begitu, para follower mendapatkan banyak manfaat dari akun Anda dan semakin loyal dengan perusahaan yang Anda bangun.

  • Berikan kualitas gambar yang cukup bagus
sosial media

sosial media

Ketika mempromosikan sebuah produk di dunia maya, modal utama yang Anda butuhkan adalah gambar atau foto yang kualitasnya cukup bagus. Jika di dunia nyata para konsumen bisa melihat langsung produk yang akan mereka beli, maka di dunia maya mereka hanya bisa memperkirakan kualitas produk dari gambar atau foto yang mereka lihat. Karena itu tidak ada salahnya bila Anda menggunakan sosial media seperti misalnya Pinterest atau Instagram yang menawarkan desain-desain yang cukup memikat.

  • Jangkau kalangan profesional dengan bantuan  LinkedIn

Seperti kita ketahui bersama, LinkedIn merupakan salah satu situs jejaring sosial yang banyak digunakan para profesional. Untuk meningkatkan kelas produk Anda, tidak ada salahnya bila Anda ikut bergabung di situs tersebut untuk membidik kalangan profesional, seperti misalnya para public figure, pejabat negara, pengusaha, dan lain sebagainya. Anda tidak perlu takut mempromosikan produk-produk Anda, karena pada dasarnya mereka juga ingin berbelanja seperti kalangan masyarakat umum lainnya.

Dengan mengoptimalkan ketiga tips bisnis online yang telah kita bahas bersama, semoga di tahun 2013 ini promosi online yang kita jalankan bisa bekerja dengan maksimal dan mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://2.bp.blogspot.com/-vIiM3iNdOrc/UM2aSrWjJdI/AAAAAAAAADI/rFptF1o-dg0/s1600/Social-Media.jpg
2. http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2012/09/1346684230832529220.png