Hampir dalam segala hal, selalu ada persaingan. Bahkan banyak pula yang beranggapan,  jika tidak ada persaingan maka hal tersebut dianggap kurang menarik. Begitu juga dengan persaingan di bidang bisnis, akan ada persaingan bisnis baik secara langsung maupun secara tidak langsung.

Video Praktisi

Strategi Promosi Ubiyabi Melalui Media Sosial

Adanya persaingan bisnis memang sangatlah wajar, namun sebaiknya jangan terlena dan melemah jika menghadapi persaingan bisnis yang bermunculan. Coba amati berbagai produk yang beredar dipasaran, semakin hari produk yang ditawarkan semakin kreatif dan inovatif seiring dengan persaingan pasar yang semakin ketat. Hal ini menunjukan bahwa tidak selamanya persaingan bisnis menjatuhkan lawannya, tetapi malah mampu memotivasi sebuah bisnis untuk berkembang dengan cepat. Agar bisnis yang Anda jalankan tidak melemah ketika menghadapi persaingan, berikut kami berikan tips sukses menjadikan persaingan sebagai motivasi bisnis bagi Anda :

  • Nikmatilah persaingan bisnis yang menghampiri Anda. Karena dengan menikmatinya Anda dapat berpikir mengenai ide – ide baru yang kreatif dan inovatif untuk menghadapi persaingan tersebut.
  • Jangan anggap persaingan sebagai beban, karena hanya akan melemahkan mental diri Anda. Sehingga tak jarang sebuah bisnis bisa hancur karena pemiliknya hanya meratapi persaingan yang semakin ketat, tanpa memikirkan inovasi baru untuk menghadapinya.
  • Jadikan persaingan sebagai motivasi bisnis Anda, dengan begitu Anda lebih semangat untuk mengembangkan bisnis. Jadi perkembangan bisnis bisa lebih cepat, dan tidak hanya bertahan dalam satu kondisi tertentu tanpa adanya kemajuan apapun.
  • Dengan adanya persaingan bisnis, Anda juga bisa mengevaluasi sejauh mana kualitas produk yang Anda ciptakan mampu bersaing dengan produk perusahaan lain. Selain itu Anda juga bisa menilai kelebihan produk pesaing, sehingga Anda dapat merencanakan inovasi produk yang lebih baik dari produk pesaing .
  • Teruslah belajar dan mencoba sesuatu yang baru, jangan pernah merasa takut gagal. Karena semakin sering mencoba inovasi baru, maka para pesaing semakin kesulitan untuk meniru produk Anda. Selain itu dengan perkembangan produk, bisnis Anda tidak tertinggal oleh bisnis para pesaing.
  • Dan yang terpenting adalah jangan pernah menganggap para pesaing sebagai musuh kita. Bila perlu adakan sebuah pertemuan para pengusaha dibidang yang sama, untuk berdiskusi, bertukar informasi dan mengatasi masalah bisnis bersama – sama. Ini perlu diperhatikan untuk menghindari adanya kecurangan atau penggunaan cara kotor dalam memenangkan persaingan pasar.

Ini membuktikan bahwa hadirnya persaingan bisnis bukan hanya memberikan kerugian, namun juga bisa memberikan keuntungan bila Anda dapat menyikapinya dengan positif. Semoga informasi ini dapat meningkatkan motivasi bisnis Anda dalam menghadapi persaingan yang semakin meningkat. Salam sukses.

sumber gambar : http://1.bp.blogspot.com/_4WO5KTfNUIQ/TLqp_n0mYSI/AAAAAAAADbM/eqnvtN8SLXk/s1600/strategy-vs-tactics-chess.jpg dan http://www.imageurlhost.com/images/fh3k9yg4a7s4vlmg1ddi.jpg