Manajemen UKM

Masih Galau Juga Hadapi Persaingan Usaha? Ikuti 6 Tips Bisnis Ini!

Masih Galau Juga Hadapi Persaingan Usaha Coba Ikuti 6 Cara Ini

Di jaman serba digital, semua orang bisa dengan mudah memulai usaha. Bahkan penjual yang tak memiliki lapak fisik seperti toko, kios, ataupun warung, tetap bisa berjualan melalui media online. Kekuatan internet inilah yang membuat persaingan bisnis di Indonesia semakin hari kian ramai.  Buat penjual yang nggak mau berinovasi, sudah pasti bakal kelibas dengan pemain baru.

Kalau kamu nggak mau terus-terusan galau liat penjual lainnya kebanjiran orderan, sedikitnya ada 6 tips bisnis dari BisnisUKM.com yang bisa kamu coba jalankan dari sekarang!

6 Tips Bisnis Jitu Untuk Menghadapi Persaingan Usaha

 

1. Tips bisnis yang pertama, berusaha menikmati persaingan

Karena dengan menikmatinya kamu dapat berpikir mengenai ide – ide baru yang kreatif dan inovatif untuk menghadapi persaingan tersebut.

2. Jangan pernah menganggap persaingan sebagai beban

Tak jarang sebuah bisnis bisa hancur karena pemiliknya hanya meratapi persaingan yang semakin ketat, tanpa memikirkan inovasi baru untuk menghadapinya.

3. Jadikan persaingan usaha sebagai motivasi bisnis bagimu

Dengan berpikir positif, kemunculan para pesaing bisa memotivasi kamu untuk terus mengembangkan bisnis bisa lebih cepat dan tidak hanya bertahan dalam satu kondisi tertentu tanpa adanya kemajuan apapun.

4. Persaingan usaha jadi alat ukur kualitas produkmu dengan pesaing

Selain itu kamu juga bisa menilai kelebihan produk pesaing, sehingga kamu dapat merencanakan inovasi produk yang lebih baik dari produk pesaing .

5. Terus belajar dan berkreasi, jangan pernah merasa takut gagal

Karena semakin sering mencoba inovasi baru, maka para pesaing semakin kesulitan untuk meniru produk Anda. Selain itu dengan perkembangan produk, bisnis Anda tidak tertinggal oleh bisnis para pesaing.

6. Tips bisnis yang terakhir, jangan jadikan pesaing sebagai musuh

Bila perlu adakan sebuah pertemuan dengan para pengusaha dibidang yang sama, untuk berdiskusi, bertukar informasi dan mengatasi masalah bisnis bersama–sama. Ini perlu diperhatikan untuk menghindari adanya kecurangan atau penggunaan cara kotor dalam memenangkan persaingan pasar.

Yang perlu diingat pelaku usaha adalah tidak selamanya persaingan memberikan dampak buruk pada usaha kita, tapi juga bisa memberikan manfaat bagi perkembangan bisnis kita, kalau disikapi dengan cara yang positif. Selamat mencoba dan salam sukses!

SHARE YUK!