sosial media marketingPernahkah Anda mendengar tentang sosial media marketing atau pemasaran melalui media sosial? Tahukah Anda apa itu sosial media marketing? Sosial media marketing adalah sebuah upaya pemasaran online dengan menciptakan visibilitas, eksistensi, dan keberadaan sebuah situs web pada jaringan media sosial, seperti Facebook, twitter, Digg dan lainnya.

Sosial media marketing ini dibutuhkan karena sosial media merupakan platform yang sangat efektif untuk berkomunikasi dan sekaligus mendengarkan pendapat pelanggan tentang bisnis yang Anda jalankan. Sekaligus menjadi faktor penting untuk meningkatkan peringkat situs web di “search engine”, sehingga dapat mendatangkan kunjungan yang signifikan serta berkualitas di situs web bisnis Anda.

Apalagi saat ini sebagian besar masyarakat menggunakan media sosial dalam keseharian mereka, baik facebook maupun twitter. Tentu hal ini akan menjadi nilai tambah dan lebih membuka peluang Anda untuk melakukan pemasaran secara efektif, untuk mengembangkan  usaha.

Namun tidak jarang terjadi beberapa webmaster dan internet marketer melakukan promosi yang berlebihan dan melampaui batas sehingga berujung kepada spam. Ingatlah selalu bahwa tujuan situs jejaring sosial adalah untuk tujuan sosial, maksudnya adalah media sosial menjadi media untuk saling mengenal satu sama lain, membangun jaringan pertemanan, bukan menjual produk secara terang-terangan.

Untuk itulah Anda perlu memperhatikan beberapa poin penting dibawah ini, sehingga Anda tidak salah dalam melakukan pemasaran melalui media sosial.

Gunakan jaringan sosial dengan benar

Ingatlah bahwa situs jaringan sosial adalah situs untuk menjalin pertemanan. Upayakan untuk selalu berbagi informasi yang penting dan bermanfaat. Dan jangan tergesa-gesa melakukan penawaran/promosi kepada teman yang baru Anda kenal. Masuklah terlebih dahulu dalam kehidupannya, ketahulah dulu apa kesukaannya, apa yang dia butuhkan. Sehingga tidak semata-mata Anda berteman untuk berpromosi. Bisa-bisa dia kan pergi dan tidak mau berteman dengan Anda lagi, sehingga usaha promosi Anda tidak menghasilkan apa-apa.

Rencanakan strategi pemasaran sosial media

Tentukan terlebih dahulu perangkat sosial media Anda, siapa yang akan bertugas melakukan update setiap harinya, siapa yang membuat serta memegang akun sosial media Anda. Setelah Anda merencanakan strategi pemasaran, maka hal yang harus dilakukan adalah konsisten dalam menjalankannya.

Buatlah jadwal waktu sosial media Anda

Sosial media akan sangat menyita waktu Anda. Jadi agar tidak keteteran, buatlah, aturlah jadwal penentuan waktu untuk menjalankan sosial media Anda. Berapa jam dalam sehari, pada jam berapa saja, dan semacamnya.

peran sosial mediaTentukan dan cari pelanggan

Lakukanlah riset terlebih dahulu pada calon pelanggan Anda. Di mana kira-kira pelanggan atau calon pelanggan Anda berumpul secara online. Apakah mereka memiliki sebuah komunitas tertentu? Memang membutuhkan waktu, namun Anda akan lebih mudah masuk kedalam dunia mereka jika Anda telah mengenal mereka secara mendalam.

Aktif berkomunikasi dan belajarlah mendengarkan

Jika Anda ingin pelanggan dan calon pelanggan Anda tetap dapat menjalin hubungan baik, maka aktiflah berkomunikasi. Dengan demikian akan terjadi hubungan sosial yang kuat. Disaming itu, ikutlah untuk berinteraksi dengan pelanggan. Dengarkan apa yang mereka inginkan dan butuhkan.

Edukasi bukan menggurui

Saat Anda Anda akan promosi, usahakan jangan dilakukan secara terang-terangan. Pahamilah terlebih dahulu calon pelanggan dan pelanggan Anda. Ketika Anda menemukan apa yang mereka inginkan, Anda bisa memberikan atau menyelipkan kata-kata edukasi sebagai bagian dari promosi. Misal, ada dalah satu teman Anda yang merasa sering lelah dan kurang bersemangat, Anda bisa mengedukasinya atau memberikan pengetahuan kepadanya tentang pentingnya hidup sehat, lalu Anda bisa menyelipkan promosi produk Anda yang dapat memberikan tambahan stamina. Jadi secara tidak langsung Anda telah menyisipkan promosi kepada pelanggan Anda.

Berilah nilai tambah dan cepat tanggap

Ketahuilah bahwa mereka menginginkan sesuatu yang mungkin diluar apa yang Anda promosikan. Cobalah untuk fleksibel sebagai salah satu nilai tambah Anda dalam melakukan promosi dan menjalin pertemanan. Semakin Anda cepat tanggap dengan apa yang calon pelanggan dan pelanggan inginkan, semakin berhasil sosial media marketing yang Anda jalankan.

Sekarang Anda telah mengetahui cara-cara menjalankan sosial media marketing. Semoga bisa menambah pengetahuan dan semangat Anda dalam mengembangkan bisnis. Salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://paulbrouard.files.wordpress.com/2012/10/social-media-strategy1.jpg
2. http://capturehits.com/marketing/wp-content/uploads/2011/10/Social-Media-participation.jpg