sate keongSetiap mendengar nama keong sawah yang terlintas pastinya hewan yang menjijikkan dan sering menjadi musuh petani di Indonesia. Namun, hewan yang satu ini sebenarnya bisa disulap menjadi masakan yang lezat, dan tentunya aman untuk disantap. Walaupun kebanyakan orang merasa takut mencoba karena empedu dari keong tersebut bisa membuat pusing. Namun, dengan teknik tersendiri dalam pengolahannya, racun dalam keong tersebut akan hilang serta tidak berbau amis dan berlendir.

Video Praktisi

Membangun Bisnis dari Hobi, Poyeng Jogja

Dalam membuat sate keong, ada tiga tahapan yang dilakukan agar cita rasa sate dan rica-rica keong lezat, tahapan-tahapan tersebut antara lain:

  1. Pertama, keong dibersihkan dan direbus agar keong mati dan mudah dilepaskan dari rumahnya, setelah itu empedu yang keras seperti batu didalam perut keong keluarkan. Jangan sampai lupa mengeluarkannya karena empedu itulah racunnya.
  2. Kedua, keong dipotong-potong lalu kembali direbus dengan air yang baru, bersama daun pandan, daun salam dan daun jeruk untuk menghilangkan lendir dan amis.
  3. Ketiga, setelah bumbu ditumis daging keong dimasukan. Rica-rica keong emas siap disantap. Sementara untuk membuat Sate Keong Emas hanya ditambah tahap ditusuk lidi lalu dicampur kecap dan merica.
  4. Dan masakan ini akan lebih nikmat ditemani teh rosela hangat. Tujuannya untuk menetralisir apabila ada yang alergi dengan zat yang terkandung didalam keong.

Bumbu-bumbu yang dipergunakan antara lain Bawang merah 6 buah, Bawang putih 5 siung, Ketumbar secukupnya, Merica secukupnya, Cabe merah secukupnya, Garam secukupnya, Sedikit Gula pasir, Kecap manis, Minyak goreng untuk menumis. Selamat mencoba menikmati rica-rica dan sate keong.

Diolah dari berbagai sumber

sumber gambar: http://jcglobalcitizen.files.wordpress.com/2009/03/sate-keong-kulit.jpg