Nikmatnya Rica-Rica dan Sate Keong

sate keongSetiap mendengar nama keong sawah yang terlintas pastinya hewan yang menjijikkan dan sering menjadi musuh petani di Indonesia. Namun, hewan yang satu ini sebenarnya bisa disulap menjadi masakan yang lezat, dan tentunya aman untuk disantap. Walaupun kebanyakan orang merasa takut mencoba karena empedu dari keong tersebut bisa membuat pusing. Namun, dengan teknik tersendiri dalam pengolahannya, racun dalam keong tersebut akan hilang serta tidak berbau amis dan berlendir.

Dalam membuat sate keong, ada tiga tahapan yang dilakukan agar cita rasa sate dan rica-rica keong lezat, tahapan-tahapan tersebut antara lain:

  1. Pertama, keong dibersihkan dan direbus agar keong mati dan mudah dilepaskan dari rumahnya, setelah itu empedu yang keras seperti batu didalam perut keong keluarkan. Jangan sampai lupa mengeluarkannya karena empedu itulah racunnya.
  2. Kedua, keong dipotong-potong lalu kembali direbus dengan air yang baru, bersama daun pandan, daun salam dan daun jeruk untuk menghilangkan lendir dan amis.
  3. Ketiga, setelah bumbu ditumis daging keong dimasukan. Rica-rica keong emas siap disantap. Sementara untuk membuat Sate Keong Emas hanya ditambah tahap ditusuk lidi lalu dicampur kecap dan merica.
  4. Dan masakan ini akan lebih nikmat ditemani teh rosela hangat. Tujuannya untuk menetralisir apabila ada yang alergi dengan zat yang terkandung didalam keong.

Bumbu-bumbu yang dipergunakan antara lain Bawang merah 6 buah, Bawang putih 5 siung, Ketumbar secukupnya, Merica secukupnya, Cabe merah secukupnya, Garam secukupnya, Sedikit Gula pasir, Kecap manis, Minyak goreng untuk menumis. Selamat mencoba menikmati rica-rica dan sate keong.

Diolah dari berbagai sumber

Sumber gambar: http://jcglobalcitizen.files.wordpress.com/2009/03/sate-keong-kulit.jpg

23 thoughts on “Nikmatnya Rica-Rica dan Sate Keong”

  1. mau tanya apakah mengkonsumsi daging keong yg blum di hilangkan empedunya bisa menyebabkan kmatian ?mohon di jawab agar tdak ada keraguan saya untk menyantapnya .sblumny trimakasih .sutarmo di karanganyar

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kandungan gizi yang ada pada keong emas cukup tinggi. Setiap 100 gram daging keong emas mengandung energi makanan 83 kalori, niacin 1.8 mg, protein 12.2 gram, kalium 17 mg, karbohidrat 6.6 gram, lemak 0.4 gram, fosfor 61 mg, abu 3.2 gram, natrium 40 mg, riboflavin 12 mg, dan kandungan nutrisi makanan yang lain seperti vitamin C, Zn, Cu, Mn, dan Iodium. Bahkan belakangan ini keong emas mulai diolah menjadi produk makanan seperti kerupuk, nugget, dan lain sebagainya. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di bisnisukm.com. Untuk membuat sate keong, sebaiknya menggunakan jenis keong konsumsi (yang tidak mengandung racun). Biasanya jenis keong yang dipakai adalah keong emas atau sebagian orang menyebutnya keong sawah. Selamat mencoba dan salam sukses!

      Reply
  2. selama ni sy nyari keong buat pakan alternatif ternak unggaa dan ikan, saat ini pengin nyoba resep ini. Salam songko cilacap,,,,,,,,

    Reply
  3. Oalaaaahh…bikin perutku jd laper ajah nie…yg namany keong mo di rica2, sate, gongso, or kuah asem pedas…semua enaaaakk n nikmaaattt..!! Klo Pak Bondan bilang, “Pokok’e mak nyuuuss..” palagi buat menu buka puasa, klo ga kontrol bisa kalap makannya jack! Oya, jgn makan “keong racun” ya…xixixi..

    Reply
  4. asik juga nih. aku mau coba soalnya didaerahku keong jadi momok untuk para petani. modal yg perlu dikeluarkan berapa? kirim email ke solikhuno@yahoo.com

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba