Siapa yang tidak suka ngemil saat waktu luang datang?? Semua orang menyenangi camilan. Camilan merupakan makanan ringan yang dinikmati sebagai selingan. Orang tidak akan pernah bosan untuk menyantapnya. Camilan bisa bermacam-macam jenisnya, mulai dari camilan buah, makanan kering, sampai keripik. Rasa yang banyak ditonjolkan untuk camilan adalah gurih, asin, manis, dan pedas. Tidak hanya anak-anak muda saja yang menyenangi camilan tapi juga anak-anak hingga orang tua.Karena penggemar camilan begitu banyak, maka hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang baik untuk Anda. Ada banyak pilihan dalam menjalankan usaha camilan ini, bisa memproduksi sendiri atau cukup mengemas ulang dan memasarkannya. Bagi pemula, cara kedua lebih disarankan.  Camilan dapat diperoleh melalui supplier. Usaha camilan ini bisa dimulai dengan membeli bermacam-macam camilan dalam jumlah besar. Setelah itu camilan tersebut bisa dijual dalam jumlah yang lebih kecil. Usaha camilan ini menguntungkan karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, produknya dapat bertahan lama (daya simpan lama), membutuhkan ruangan yang kecil, variasinya banyak serta pengelolaannya yang mudah. Walaupun modal yang dibutuhkan kecil, namun usaha camilan berpotensi menghasilkan keuntungan yang besar.

Video Praktisi

Kunci Pemasaran Bisnis Kuliner Roti van Java

Hal-hal yang perlu disiapkan dalam memulai bisnis camilan ini adalah :
–    Data supplier camilan yang berkualitas dan harga terjangkau
–    Lokasi
–    Persiapan peralatan dan tenaga

Data supplier camilan yang berkualitas dan harga terjangkau merupakan hal penting karena berhubungan dengan kualitas camilan yang akan dijual. Selain itu perlu diperhatikan juga lokasi penjualan camilan dan persiapan peralatan dan tenaga. Lokasi penjualan merupakan faktor terpenting dalam mempertahankan kelangsungan usaha. Pilihlah lokasi yang dapat dijangkau banyak orang.  Kemudian siapkan seluruh peralatan yang dibutuhkan dan tenaga. Beberapa lokasi yang cocok untuk penjualan camilan adalah, daerah kos-kosan, dekat dengan sekolah, dan lain-lain.

Potensi besar bisnis camilan ini tidak hanya terletak pada rasa dan keaneka ragaman saja, namun yang tak kalah menjadi perhatian adalah sang kompetitor. Jika ada kompetitor, maka Anda harus memiliki nilai lebih dalam produk Anda. Misalnya dari segi variasi, harga, atau kualitas yang lebih baik. Anda juga bisa memperbaiki dari segi layanan terhadap konsumen. Anda juga bisa memberikan sedikit inovasi pada kemasan Anda. Pilihlah kemasan yang aman dan menarik. Kemasan merupakan hal penting karena memberikan image langsung terhadap produk yang dijual.

sumber gambar : http://u.kaskus.us/1/2jf6ofy2.jpg