Cerahnya Prospek Bisnis Jasa Sewa Bus Pariwisata

cerahnya-prospek-bisnis-jasa-sewa-bus-pariwisata

Cerahnya prospek bisnis jasa sewa bus pariwisata memang menjanjikan bagi para pelaku persewaan bus pariwisata. Tak terkecuali dengan pemilik usaha jasa sewa bus ini. Kali ini tim bisnisukm berhasil menemui pihak manajemen PO Selera Masa, perusahaan yang bergerak di bidang penyewaan bus pariwisata untuk berbagai keperluan seperti “Study Tour” anak sekolah dan wisata Sumatera-Jawa-Bali – Lombok. Nah berikut ini liputan yang dibagikan khusus untuk kamu, langsung simak aja yuk.

Sebelum menjadi perusahaan yang bergerak di bidang penyewaan bus, PO Selera Masa adalah jasa transportasi dengan menggunakan bus – bus kecil empat roda yang melayani trayek reguler berupa Angkutan Pedesaan (Angkudes) dan Angkutan Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP). Kemudian pada akhir tahun 2000 PO Selera Masa membuka trayek Angkutan Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) menggunakan bus-bus besar kapasitas 60 seats, sekaligus merintis Angkutan Khusus Pariwisata.

Prospek Bisnis Jasa Sewa Bus

Awal Memulai Bisnis

Mulai merintis bisnis jasa sewa bus tahun 2001 barulah PO Selera Masa lebih berkonsentrasi pada Angkutan Pariwisata dengan menggunakan bus – bus besar kapasitas 44 sampai dengan 60 seats. Armada bus yang digunakan PO Selera Masa adalah bus AC dan bus Non -AC.

Untuk bus AC, bus yang digunakan tergolong keluaran baru bermesin belakang merk Mecedes Benz OH1521/60 dengan pilihan tempat duduk 2 – 2 mapun 2 – 3, reclining seats, dan dilengkapi dengan beberapa audio. Bus yang terbaru yang dimiliki PO Selera Masa adalah bus AC dengan menggunakan “air suspensi”.

Untuk bus Non-AC tersedia kapasitas 60 seats dengan berbagai merk seperti Nissan CB, Hino RK juga Mercedes Benz OH1518/60. Bus-bus PO Selera Masa 80% merupakan bus-bus baru dengan 50% bermesin belakang.

Jumlah Karyawan

Jumlah karyawan kantor di PO Selera Masa berjumlah 4 orang. Dua orang bertugas menerima order dan kontak langsung dengan konsumen baik itu melalui telepon ataupun konsumen yang langsung datang ke kantor dan seorang lagi bertugas sebagai tenaga administrasi yang mengurusi segala pembukuan dan pembagian komisi kepada awak kendaraan.

Tugas Karyawan

Yang terakhir adalah adalah seorang mandor yang bertanggung jawab penuh terhadap jadwal keberangkatan bus, koordinasi terhadap sopir dan kernet, melakukan pengecekan terhadap kondisi bus serta menyediakan segala sesuatu yang berkaitan dengan perawatan dan sparepart yang dibutuhkan oleh sopir dan kernet.

Jumlah Armada

PO Selera Masa saat ini memiliki 21 armada diantaranya adalah 12 bus Non-AC dan 9 bus AC. Tiap-tiap armada memiliki awak kendaraan satu orang sopir dan satu orang kernet. Kernet bertugas melayani penumpang jika membutuhkan suatu hal dan membantu sopir menjaga kenyamanan bus saat dalam perjalanan.

Mereka berdua secara bersama-sama bertugas menjaga dan merawat kondisi bus saat berada di pool sehingga pada saat kendaraan dipakai untuk suatu perjalanan wisata kondisinya sehat dan tidak mengalami kerusakan atau masalah.

Ruang Kantor

Ruang kantor yang mereka gunakan untuk bekerja terbagi menjadi dua. Satu ruangan di dalam dimana ruangan tersebut digunakan untuk pimpinan perusahaan yang dilengkapi dengan meja kerja dan meja kursi untuk menerima klien / rekan kerja. Ruangan yang satu lagi terletak didepan, yakni ruangan dimana keempat karyawan tersebut bekerja melaksanakan tugas masing-masing.

Analisa Usaha Jasa Sewa

Pemasaran

Harga dari setiap penyewaan unit armada, disesuaikan dengan masing-masing keperluan dan jenis armada yang digunakan. Untuk bus AC, harga sewa hariannya adalah 2 juta rupiah. Sedangkan untuk bus Non AC, harga sewa hariannya adalah 1,7 juta rupiah.

Pemesanannya – pun cukup mudah. Konsumen tinggal menelpon atau datang langsung ke kantornya untuk memastikan apakah jadwal keberangkatan yang mereka telah tentukan masih tersedia dan ada tidaknya armada yang dikehendaki. Kebanyakan konsumen PO Selera Masa adalah sekolah dan instansi.

Pembagian Tugas

Pada saat perjalanan, awak bus bertanggung jawab penuh agar tercipta kenyamanan bagi penumpang mereka. Sopir bertugas membawa bus sebaik mungkin selama di perjalanan dan berhati-hati dalam mengemudikan bus.

Strategi Pemasaran

Untuk pemasaran, cukup banyak cara dan media yang digunakan bus pariwisata PO Selera Masa untuk lebih mengenalkan jasa angkutannya. Mulai dari pemberian souvenir berupa tas dan kaos yang bertulisankan PO Selera Masa, penyebaran brosur, iklan radio hingga acara rutin tahunan yang dikemas dalam “Temu Pelanggan”.

PO Selera Masa juga menggunakan voucher ibadah umroh bagi pemakai jasanya. Sudah banyak konsumen yang meraih ibadah umroh dan telah diberangkatkan oleh pihak PO Selera Masa. Selain itu untuk memperluas pemasaran, pada bulan Mei 2006 PO Selera Masa Gombong membuka cabang di Jogjakarta, tepatnya di Jl. Sardjito No.66.

Analisa Ekonomi

Simulasi Keuntungan
Pemasukan
Asumsi : 1 bus disewa per hari dengan rata-rata sewa              Rp 2.000.000,00
Omset per bulan : 30 x Rp 2.000.000,00                          = Rp 60.000.000,00

Pengeluaran
Operasional bus
Solar : Rp 120.000,00 x 30                                      = Rp 3.600.000,00
Uang makan awak : Rp 20.000,00 x 30                             = Rp 600.000,00
Zakat : 2,5% x Rp [60.000.000,00 - (3.600.000,00 + 600.000,00)] = Rp 1.395.000,00
Perawatan : 5% x (Rp 55.800.000,00 - Rp 1.395.000,00)           = Rp 2.720.500,00
Komisi awak : 12,5% x (Rp 54.405.000,00 - Rp 2.720.500,00)      = Rp 6.460.500,00
Total opersional bus = Rp 14.776.000,00

Operasional kantor
Gaji karyawan kantor                                           : Rp. 3.500.000,00
Souvenir pelanggan                                             : Rp. 1.200.000,00
Listrik, telepon, admin kantor, dll                            : Rp. 6.000.000,00
Total operasional kantor                                       : Rp. 10.700.000,00

Total pengeluaran                                              : Rp. 25.476.000,00

Perkiraan Keuntungan
Rp 60.000.000,00 - Rp25.476.000,00                             = Rp 34.524.000,00




Demikian ulasan liputan yang bisa tim bisnisukm bagikan, semoga dapat bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari peluang usaha.

Cari Inspirasi Usaha ?

Buat yang lagi cari inspirasi usaha, ide – ide usaha dan peluang usaha jangan lewatkan pula artikel insprasi – inspirasi usaha lainnya di bisnisukm.com, ide – ide usaha menarik yang bisa jadi kamu tiru, tips dan trik memasarkan, promosi, cara memulai usaha, peluang usaha, usaha online, video usaha. Salah satu yang wajib kamu pelajari nih sebelum memulai usaha yakni mempelajari startegi pemasaran, berikut ini strategi marketing yang bikin dagangan laris manis di tahun 2020.

Satu lagi inspirasi usaha yang bisa membantu kamu mendapatkan inspirasi yang inovatif dan kreatif yakni dari video liputan usaha dari pengusaha sukses. Hanya di bisniskuliner.id kamu bisa menemukan sedikitnya 242 video dari 50 lebih pengusaha restoran, cafe, warung makan, rumah makan dan masih banyak lagi. Kamu bisa menemukan berbagai inspiasi usaha, cara memulai usaha dari nol, modal usaha, lokasi usaha, resep, produksi, pemasaran, keuangan, manajemen keuangan, pengembangan usaha.

 

 

 

Sumber gambar : https://marketeers.com/lagi-pemerintah-beri-insentif-bagi-po-bis-berprestasi/

8 thoughts on “Cerahnya Prospek Bisnis Jasa Sewa Bus Pariwisata”

  1. seandainya saya ingin gabung ke travel yg bpk kelola bisa apa tidak pak dan kalau bisa apa saja syarat yg kami harus penuhi tks

    Reply
  2. Usaha Bis Pariwisata memang menjanjikan, saya sendiri sedang mencari pemilik modal, barangkali ada yang berminat untuk membuka Bisnis Bis Pariwisata khususnya di daerah bandung,
    Saya siap untuk mengelolanya. Kebetulan banyak pengalaman di dunia bis pariwisata. barangkali ada yang menat hubungi saya Hp. 081214514024
    Thanks

    Reply
  3. Salam Sukses.
    Maaf bisa tidak jika kami bekerjasama dengan Perusahaan Bapak dalam jasa ankutan bus malam solo- jakarta..?
    dan bagaimana syaratnya?.
    Terimakasih.

    Reply
  4. mas Anto dan haji Ahmad, mohon maaf dan terima ksh.seandainya kami dpt order carteran apa bisa ambil bis anda.kajoran

    Reply
  5. saya ingin mengetahui sejarah berdirinya PO Bis Selera Masa, mohon sekiranya anda dapat membantu kami sebagai bahan artikel yg sedang kami buat. terima kasih sebelumnya

    Reply
  6. Saya ingin menyewa bis untuk ke Lombok-Bali-bandung-Bogor-Jogja-Jakarta Selama 14 Hari,,, Kira” 2 Bis Ac dan Berapa Biaya nya???

    Reply
  7. saya ingin menyewa bis untuk ret-ret ke puncak kira” berapa biayanya,,kira” saya inign menyewa 2 bis ac untuk 2 malam

    Reply
  8. wah bagus sekali, tapi disini yang membuat saya agak bingung adalah tempat pemesanannya, bagaimana cara pemesanannnya.

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba