Saat kita menyebut bakpia, maka yang terpintas dalam pikiran kita adalah kota Jogja. Entah sejak kapan bakpia mulai dibuat di kota Jogja, tapi yang jelas bakpia sangat lekat dengan kota yang dijuluki sebagai kota pelajar tersebut. Rasanya yang legit karena terbuat dari campuran kacang hijau yang diberi rasa manis gula, serta dibungkus dengan kulit yang terbuat dari tepung terigu yang garing dengan bentuk bulat pipih ini. Mampu memikat para konsumen baik local maupun konsumen dari luar daerah.

Video Praktisi

Tips Menghadapi Kompetitor, Owner Poyeng Knit Shop

Bakpia memang identik dengan makanan khas dari Yogyakarta, bakpia yang cukup terkenal berasal dari daerah Pathuk. Kini isi dari bakpia sangat  bervariasi, tidak hanya berisi kacang hijau saja. Namun juga memberikan isi rasa cokelat, keju, kumbu hijau, dan kumbu hitam. Pilihan bahan yang tepat serta keunikan rasa yang dimiliki bakpia, menjadikannya oleh – oleh khas Jogja yang dicintai oleh para wisatawan domestik ataupun wisatawan luar daerah. Selain pengolahannya yang mudah, bakpia juga memiliki ketahanan produk hingga satu bulan lamanya dan tidak muah rusak baik rasa maupun bentuknya. Walaupun tanpa menggunakan bahan pengawet, namun penyimpanannya harus dalam suhu ruang yang baik.

Karena bakpia telah dikenal pasar dengan baik, pemasaran produk tersebut tidaklah susah. Bakpia selalu identik dengan oleh – oleh dan wisatawan. Untuk itu carilah tempat yang stategis untuk memasarkan bakpia, misalnya tempat yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Selain itu pemasaran juga dapat dilakukan dengan menitipkan bakpia di toko – toko yang ada di sekitar kota Jogja. Atau bisa juga dilakukan dengan menggandeng biro perjalanan and wisata di kota Anda. Jadikan mereka mitra dengan merekomendasikan toko bakpia Anda sebagai salah satu tujuan wisata para   wisatawan, hal ini akan mendatangkan keuntungan yang besar bagi Anda. Karena biasanya para wisatawan akan membeli dengan jumlah besar. Berbisnis sukses dengan sajian kuliner oleh – oleh Jogja pun dapat menjadi salah satu peluang usaha yang menguntungkan. Bagi Anda yang ingin mencoba memproduksi bakpia sendiri, berikut kami sertakan resep pembuatan bakpia Jogja. Selamat mencoba dan sslam sukses selalu bagi usaha Anda.

Resep Bakpia Pathuk

Bahan Lapisan Kulit Bakpia Pathuk :

-    tepung terigu protein sedang 125 gram

-    minyak sayur 50 ml

-    margarin 1/2 sendok makan

Bahan Kulit Bakpia Pathuk :

-    tepung terigu protein sedang 250 gram

-    tepung terigu protein tinggi 125 gram

-    gula pasir 75 gram

-    garam 1/2 sendok teh

-    air 200 ml

-    minyak sayur 200 ml

Bahan Isi Bakpia Keju Susu :

  • kacang hijau kupas 250 gram, kukus, haluskan
  • gula halus 50 gram
  • margarin 2 sendok makan
  • susu bubuk 100 gram
  • keju cheddar parut 100 gram

Cara Membuat Kulit Bakpia Pathuk :

  1. Bahan lapisan kulit bakpia : Campur semua bahan, aduk rata dan sisihkan.
  2. Bahan kulit bakpia :
  • Panaskan 100 ml air, masukkan gula. Aduk hingga rata dan gula larut, lalu tiriskan.
  • Campur terigu dan garam. Tuangi air larutan gula lalu uleni hingga rata. Kemudian tuang 100 ml minyak sayur, uleni hingga adonan kalis.
  • Gulung adonan hingga berbentuk bulat panjang berdiameter 2 cm. Potong – potong  seberat 5 gram, bulatkan. Lakukan hingga adonan habis.
  • Tipiskan adonan, ambil sedikit adonan lapisan (kurang lebih 1 gram). Oleskan pada permukaan adonan secara merata.
  • Lipat seperti amplop lalu satukan ujung-ujungnya (bulatkan).
  • Masukkan bulatan adonan dalam sisa minyak, diamkan selama 15 menit.
  • Adonan kulit bakpia pathuk siap diisi dan dipanggang

Cara Membuat Isi Bakpia Keju Susu :

  1. Campur kacang hijau yang telah dihaluskan, gula halus, margarin, susu bubuk, dan keju cheddar. Aduk rata, hingga kalis.
  2. Bentuk adonan isi bulat pipih dengan diameter 3 cm dan tinggi 1,5 cm hingga adonan isi habis. Sisihkan.
  3. Ambil 1 bulatan adonan kulit, pipihkan. Letakkan adonan isi di tengah adonan kulit, tutupkan adonan kulit. Satukan dan rekatkan.
  4. Panggang di atas pan anti lengket dengan api kecil selama kurang lebih 10-15 menit. Tutup dan biarkan hingga sisi bawah matang. Balik adonan, masak kembali sampai kue matang (10-15 menit).
  5. Angkat dan sajikan.

sumber gambar : http://www.a4blog.com/wp-content/uploads/2008/08/bakpia6.jpg dan http://jogjafood.files.wordpress.com/2007/12/431eed44d7b43.jpg