Kopi Luwak merupakan salah satu dari jenis kopi yang berasal dari biji kopi yang sebelumnya sudah dimakan dan masuk kedalam pencernaan hewan bernama luwak. Luwak atau lengkapnya musang luwak, memang senang sekali mencari buah-buahan yang cukup baik dan masak termasuk buah kopi sebagai makanannya. Luwak akan memilih buah kopi yang betul-betul masak sebagai makanannya, kemudian biji kopi yang dilindungi kulit keras dan tidak tercerna akan keluar bersama kotoran luwak.

Video Praktisi

Kunci Sukses Memulai Bisnis Brownies Telo

Sebelum memakannya, luwak mengupas terlebih dahulu buah kopi sebelum memakan daging buahnya. Biji kopi yang ikut termakan akan ikut keluar secata utuh bersama dengan kotoran luwak, karena pencernaan luwak tidak mampu mencerna biji kopi tersebut. Selama dalam perut luwak, biji kopi tercampur dengan enzym yang dihasilkan di dalam saluran pencernaan dan mengalami semacam proses fermentasi. Proses tersebutlah yang pada akhirnya menghasilkan kopi yang memiliki cita rasa dan aroma yang luar biasa.

Sebagai salah satu kekayaan alam bangsa Indonesia yang memiliki nilai ekonomi dan budaya yang tinggi, saat ini keberadaan kopi tersebut sangat langka karena menyempitnya lahan-lahan perkebunan kopi dan menurunnya populasi binatang luwak. Kopi luwak memang menjadi primadona cita rasa di kalangan penggemar kopi, tidak cuma di Indonesia bahkan sampai ke mancanegara.

Kopi luwak asli yang dikumpulkan dari alam, biasanya masih dalam bentuk feses dari binatang luwak, kemudian diproses dengan tata cara tersendiri hingga menghasilkan biji kopi luwak asli dengan cita rasa istimewa. Biji kopi seperti ini, pada masa lalu sering diburu para petani kopi, karena diyakini berasal dari biji kopi terbaik dan telah difermentasikan secara alami dalam perut luwak. Dan konon, rasa kopi luwak ini memang benar-benar berbeda dan spesial di kalangan para penggemar dan penikmat kopi.

Kopi luwak tersebut mempunyai harga yang terbilang tinggi dibanding dengan kopi jenis lain. Namun, hal itu tidak mengurangi penikmat kopi untuk memburu kopi luwak ini. Karena cita rasa dari kopi ini memang luar biasa bagi para penggemar kopi. Untuk dapat menikmati rasa dan aroma kopi luwak secara optimal dan maksimal sebenarnya tidak jauh beda dengan penyajian kopi pada umumnya. Untuk mendapatkan cita rasa yang optimal, kopi luwak dapat dinikmati dengan menyeduh ± 8 gr/ 150 cc air panas (95-98ºC). Pergunakan air setelah mendidih supaya cita rasa dapat terjaga dan tidak ikut menguap beserta air mendidih. Pergunakan media cangkir yang berbahan keramik agar dapat menahan dan menjaga panas agar tidak cepat dingin. Kopi luwak akan lebih terasa nikmat bila dihidangkan tanpa gula.

Diolah dari berbagai sumber

sumber gambar :http://4.bp.blogspot.com/_512VEbm7xB0/SPtPcv_kLpI/AAAAAAAAKcs/AiriQaJK7eY/s320/9.jpg