Menambah Penghasilan Keluarga

gambar duitSebenarnya apa yang penting bagi Anda sampai Anda menambah penghasilan segala? Anda mugkin merasa bahwa penghasilan Anda sudah sangat mencukupi. Buat apa lagi Anda harus menambah penghasilan?

Harga Naik, Standar Hidup Menurun

Saya akan coba mengingatkan lagi kepada Anda bahwa kita hidup ditengah dunia dimana harga-harga terus naik setiap tahun. Sekarang ditengah kenaikan harga seperti itu, apa yang terjadi bila Anda tidak menambah penghasilan Anda?

Yang jelas, standart hidup Anda akan menurun. Jumlah penghasilan yang sama tiap tahunnya, standart hidup Anda akan menurun karena naiknya harga barang dan jasa. Pertanyaannya, sampai kapan Anda dapat bertahan?

Menambah penghasilan itu tidak mudah. Akan tetapi untuk jangka panjang itulah solusinya untuk menghadapi kenaikan harga.

Sebuah keluarga bisa saja tidak menambah penghasilan dan mencari cara lain agar uangnya cukup, seperti lebh fokus pada bagaimana mengelola penghasilan agar cukup untuk keperluan sebulan. Tetapi secara jangka panjang, kenaikan harga itu akan terus terjadi dari tahun ketahun dan biasanya sulit untuk turun.

Cara Menambah Penghasilan

Bagaimana menambah penghasilan? Ada 4 cara yang bisa Anda pilih dalam menambah penghasilan:

  1. Bekerja pada orang lain.
  2. Bekerja sendiri dengan mengandalkan keahlian.
  3. Membuka usaha.
  4. Melakukan investasi.

Bekerja pada Orang Lain Sebagai Karyawan

Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan bekerja pada orang lain sebagai karyawan. Bila saat iniAnda berstatus karyawan, Anda bisa menjadi karyawan juga di tempat lain, sehingga Anda akan mendapatkan dua amplop gaji.

Apa kelebihan dan kekurangan ekerja sebagai karyawan? Yang jelas, bekerja sebagai karyawan memang enakkarena Anda tinggal datang dan bekerja dan pada akhir bulan mendapat gaji. Anda Cuma perlu menuruti aturan jam kerjanya saja. Kekurangannya, kalau Anda tidak bekerja tidak dapat gaji. Itulah sebabnya banyak orang yang sudah berusia 60 tahun tetapi masih tetap bekerja sebagai karyawan karena takut tidak punya penghasilan.

Bekerja Sendiri dengan Mengandalkan Keahlian

Kalu Anda punya keahlian khusus, Anda bisa bekerja dan mendapatkan honor dari situ. Contohnya, kalau Anda bisa menyanyi, Anda bisa menyanyi di pesta-pesta dan mendapatkan honor. Kalau Anda bisa mengajar, Anda bisa mengajar dengan system les privat. Bekerja sendiri harus dibedakan dengan bekerja sebagai karyawan. Sebagai karyawan Anda mendapat gaji, sedangkan dengan bekerja sendiri Anda tidak mendapatkan gaji, tetapi mendapatkan honor. Contoh mereka yang bekerja dengan mengandalkan keahlian dan mendapatkan honor adalah dokter yang buka praktek dirumah setelah jam kerja berakhir.

Kalau Anda perhatikan sebetulnya hamper setiap orang punya keahlian atau keterampilan khusus yang bisa dijual. Masalahnya adalah apakah Anda berani menjual keahlian atau keterampilan yang Anda miliki itu kepada khalayak.

Kelebihan bekerja sendiri dengan mengandalkan keahlian adalah Anda akan mendapatkan penghasilan yang memang sesuai dengan keahlian Anda. Anda akan termotifasi untuk lebih memperdalam keahlian sehingga Anda akan mendapatkan bayaran yang lebih. Sedangkan kekurangan bekerja sendiri adalah jika Anda malas maka pendapatanpun akan menjauh dari Anda.

Membuka Usaha

Kenapa Anda tidak mencoba menjalankan sebuah usaha? Anda bisa membuka toko, warung klontong, biro jasa, laundry, rumah makan dan masih banyak lagi. Yang penting keseriusan Anda dan jika berkembang serahkanlah pengelolaannya pada karyawan Anda, sehingga Anda punya waktu untuk memikirkan usaha yang lain lagi.

Mungkin Anda berfikir bahwa untuk bisa berhasil dalam usaha perlu modal uang yang cukup besar. Saya kira hal ini tidak selalu benar, kesuksesan sebuah usaha seringkali tidak tergantung pada besarnya modal. Memang ada beberapa usaha yang memerlukan modal awal cukup besar, tetapi banyak juga usaha yang tidak terlalu membutuhkan modal yang besar. Ada banyak orang yang berhasil dalam usahanya dengan modal yang hanya sedikit. Yang paling penting adalah ide dan kesungguhan. Dengan menjalankan sebuah usaha Anda otomatis lebih terlatih untuk bisa mandiri dan bertahan hidup.

Melakukan Investasi

Anda punya uang? Kenapa tidak menginvestasikannya? Ada banyak cara investasi tinggal Anda pandai-pandai memilih investasi yang aman dan cepat menguntungkan. Investasi berupa emas, deposito, atau investasi tanah akan cepat menghasilkan dan nilainya pun cepat bertambah seiring waktu.

Yang Penting Kemauan

Mencari penghasilan tambahan itu tidak sulit jika Anda punya kemauan. Bila Anda tidak memiliki kemauan untuk mau mendapatkan penghasilan tambahan, cara apapun yang Anda lakukan akan sulit. Saatnya Anda memutuskan dan alangkah baiknya segera bertindak agar kesempatan yang ada tidak hanya numpang lewat. Selamat berjuang dan salam sukses.

Sumber artikel : buku Mengatur Pengeluaran Secara Bijak

Sumber gambar : http://3.bp.blogspot.com/_6QDCo_FM2Fo/

24 Komentar

    • saya ingin memulai memasarkan tempat-tempat wisata dibali apa bisa , begitu juga menyewakan transfort

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com, pada dasarnya untuk memulai usaha tak perlu menunggu sampai mapan. Untuk membantu Sdri. Mela, berikut ini kami berikan tips dan trik memulai usaha sedini mungkin, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  1. Saya ingin sekali bisa menambah penghasilan untuk keluarga saya. tetapi sampai saat ini saya masih bingung apa yang harus saya lakukan. tiap malam buka laptop tapi masih belum ada petunjuk buat saya. mohon saran dan bantuannya. terima kasih.

  2. mksiiiih pa atas infonya..
    sya tertarik dgn artikel bisnis flanel
    krn sy jg sdang bljar otodidak ttng itu
    sya ingin menekuni bisnis itu baik offline maupun online
    walau sya msh berstatus mahasiswa smster awal
    mohon bimbingan ttng cra berbisnis ya pak
    ap bs d krm ke email??
    trima kasih

  3. saya ingin bekerja di rumah seperti nempelin merek sebuah produk ex. sepatu, bagi Perusahaan/home industri yang mau ngasih kerjaan pada saya area sidoarjo, insya allah mau dengan harga yang relatif murah dari yang lainnya. trimakasih

  4. telah banyak ibu-ibu rumah tangga serta mahasiswa bahkan pengangguran yg telah berhasil setelah bergabung dengan bisnis kami,
    bisnis yg di jalankan antara lain, usaha loundry ataupun agen sabun pembersih dll..
    info lengkap silahkan liat di ovalclean.indonetwork atau klik di www.ovalclean.blogspot.com atau sms ke 087893888808

    • Bagaimana caranya agar bisa bergabung membuat usaha tersebut, dan besarnya modal yang diperlukan? mohon informasinya.

      Terima kasih

  5. bagaimana cra mengembangkan usaha yang baru dirintis,saya seorang karyawan tapi sya sekarang mencoba memulai usaha pulsa elektrik.hub : 0818270579

  6. TOLONGIN SAYA, SAYA ADALAH SEOARNG YANG BARU SAJA MERID DAN BUTUH UANG TAMBAHAN UNTUK KELUARGA SAYA. SAYA INGIN MEMBUKA USAHA SENDIRI TETAPI SAYA MASIH BINGUNG MAU USAHA APA, TOLONG KASIH SARAN KEPADA SAYA. DAN BAGAIMANA CARANYA UNTUK MENDAPATKAN MODAL DARI PINJAMAN LUNAK? TERIMAKASIH.

  7. bagai mana caranya agar bisa buka usaha sendiri dan modal nya g begitu besar.saya minta saran nya.Terimakasih

  8. untuk bpk nurdin dan bu siska sy ingin membantu. silahkan hub sy ke email: agronaturalindonesia@yahoo.com. smg bermanfaat

  9. saya lagi ingin mencari pekerjaan yang bisa merubah kehidupan saya . . untuk keluarga saya dan untuk saya sendiri . tapi saya tidak tahu cara yang tepat bagaimana secara sekarang pemasaran di pasaran cukup bersaing . . apakah sebenarnya kalau ingin punya usaha sendiri harus mempunyai modal yang cukup besar??
    beri saya solusi yang tepat ..
    terima kasih.

  10. saya sudah hampir 10 thn buka bengkel mobil,namun sampai sekarang saya belum dapat untuk membeli rumah dan bahkan saat ini saya masih banyak utang.mohon petunjuk dan bagaimana solusinya

  11. seperti mas Era, menurut saya Modal Spirit itu malah no 1, yang lain lebih mudah. Anda punya konsep apa dan lokasi dimana, bsia diskusi dengan kami, lewat 0816532472 . Saya pensiunan , punya bisnis kost2an putri untuk klas menengah dan atas, syukur Alhamdulillah cukup survive.
    Untuk mas Drafi, sepertinya yang cocok adalah usaha yang “sinergy” dengan bengkel tsb, yaitu kalau nggak sparepart ya cuci motor/mobil.
    selamat mencoba

  12. Kami punya usaha bengkel dan ingin buka usaha lagi di sebelah bengkel tersebut, kira2 usaha apa yg cocok? mohon masukannya..thanks

  13. peluang usaha apa yang cocok buat ekonomi lemah tapi punya semangat yang kuat? tlp. 021-91925201

  14. ok bangeeet!! gue mau tapi untuk cyto medical Laboratorim,gimana ya..crpemasaran krn t4nya ddlm gang

Comments are closed.