sirup-jahe Pengolahan jahe menjadi produk–produk makanan, minuman dan kesehatan sudah banyak dilakukan masyarakat awam. Pengertian dan konsumsi masyarakat terhadap produk jahe pun semakin meningkat, maka tidak mengherankan jika sekarang banyak berdiri industri – industri kecil pengolah jahe, yang walau di tengah krisis masih mampu bertahan.

Minuman jahe merupakan minuman yang sudah dikenal baik oleh masyarakat  Kendala yang sering dihadapi adalah kurang praktis dalam penyiapannya, karena penyajian harus dilakukan dari awal persiapan bahan, pemasakan sampai dengan siap untuk diminum. Akhir-akhir ini munculah suatu terobosan baru yakni pembuatan sirup jahe yang diyakini dapat digunakan sebagai alternatif  pemecahan permasalahan kebutuhan konsumen yang ingin serba cepat dan praktis.

Sirup jahe adalah suatu cairan yang mempunyai kadar gula cukup tinggi, biasanya berkisar antara 55-65%. Dikenal tiga macam jenis sirup yaitu sirup meja (table syrup), yaitu sirup yang biasa ditambahkan pada makanan atau masakan yang sudah siap disajikan. Jenis kedua adalah sirup untuk masakan (cooking syrup), yaitu sirup yang digunakan sebagai pemberi rasa manis pada masakan (roti, cookies). Dan jenis yang lainnya adalah sirup untuk minuman (bottling syrup) yaitu sirup yang digunakan untuk membuat minuman. Dari ketiga jenis tersebut yang paling banyak dikenal di Indonesia adalah sirup untuk minuman, contohnya adalah sirup jahe yang merupakan sirup yang terbuat dari bahan tradisional dan alami.

BAHAN  :

  1. Jahe Emprit (kecil)    : 112,5 gr
  2. Jahe Gajah (besar)     : 337,5 gr
  3. Gula pasir                      : 825 gr
  4. Air                                    : 500 ml
  5. Garam                             : secukupnya
  6. Daun pandan                : secukupnya
  7. Cengkeh                          : secukupnya
  8. Pengental (CMC)         : 0,25 – 0,5 % ( berat/volume)

Cara Pembuatan:

  1. Rimpang jahe gajah dan emprit (3:1) di kupas dan di cuci sampai bersih.
  2. Setelah di cuci jahe di iris-iris untuk memperkecil ukuran.
  3. Jahe di hancurkan dan di rebus sampai menjadi bubur jahe.
  4. Bubur jahe disaring dan di tambahkan dengan larutan gula dan dididihkan.
  5. Catatan: larutan gula di buat dari campuran air mendidih yang di tambahkan gula.
  6. Setelah di didihkan campuran jahe dean larutan gula ditambahkan CMC  0,25%-0,50% dan di aduk sampai mencampur dan sirup jahe siap dikemas.

sumber Gambar: http://wb5.itrademarket.com/pdimage/39/523539_ijasah002.jpg