Manajemen UKM

Strategi Inovasi Untuk Mengatasi Persaingan Usaha

strategi inovasiMelonjaknya jumlah pelaku usaha belakangan ini tentunya mengakibatkan persaingan pasar menjadi semakin ketat. Bahkan sekarang ini persaingan antara pengusaha yang satu dengan pelaku usaha lainnya sudah dalam kondisi yang semakin kompleks, sehingga masing-masing perusahaan kini berlomba menciptakan inovasi-inovasi baru untuk mempertahankan eksistensi bisnisnya.

Menggunakan inovasi baru untuk menghadapi persaingan pasar ternyata cukup efektif untuk memenangkan pasar yang ada. Tanpa adanya inovasi dari para pelaku usaha, bisa dipastikan konsumen akan cepat bosan dan bisnisnya pun akan tenggelam di tengah ramainya persaingan. Karena itulah, para pelaku usaha kecil maupun besar dituntut untuk selalu berinovasi baik dalam urusan internal perusahaan maupun untuk meningkatkan daya saing produk yang dihasilkan.

Untuk melakukan sebuah inovasi, Anda bisa memulainya dari hal-hal yang sederhana. Misalnya saja sebagai berikut :

Sebagian besar pelaku usaha pastinya berusaha untuk menciptakan produk baru yang belum pernah ada sebelumnya. Strategi ini memang cukup efektif, sehingga produk yang Anda ciptakan memiliki daya saing yang cukup kuat dan mampu bertahan di tengah padatnya persaingan pasar. Selain menciptakan produk baru, Anda juga bisa mengembangkan produk yang sudah ada menjadi produk yang luar biasa. Dalam hal ini Anda bisa meningkatkan kualitasnya, memperbaharui bentuknya, atau mempercantik kemasan produknya.

  • Manfaatkan teknologi moderninovasi produk

Strategi inovasi juga bisa Anda jalankan dengan memanfaatkan bantuan teknologi modern dalam setiap proses produksi maupun operasional usaha. Dengan begitu Anda bisa lebih produktif, memiliki daya saing produk yang lebih tinggi, serta bisa lebih teliti untuk mengurangi resiko kesalahan kerja yang disebabkan oleh human error.

  • Meningkatkan kualitas SDM

Untuk menciptakan produk yang inovatif, tentunya dibutuhkan sumber daya manusia yang berkompetensi dan memiliki kreativitas cukup tinggi. Karenanya sebelum merencanakan sesuatu yang inovatif, penting bagi Anda untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan karyawan sesuai dengan perkembangan perusahaan. Sebab, tanpa tangan-tangan kreatif, mustahil sebuah produk inovatif bisa tercipta.

  • Tingkatkan Pelayanan

Disamping strategi inovasi dengan menciptakan sebuah produk, Anda juga bisa menawarkan pelayanan khusus bagi konsumen Anda. Misalnya saja melayani pemesanan secara online, memberikan layanan delivery order, serta menawarkan paket one stop service untuk memberikan total solusi bagi para konsumen Anda.

Melihat pentingnya strategi inovasi untuk mengatasi persaingan usaha, tidak ada salahnya bila Anda segera mencobanya untuk meningkatkan daya saing bisnis Anda. Jangan pernah berhenti untuk berinovasi, karena para pesaing Anda juga tidak pernah lelah untuk berkreasi. Salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://www.freshnetworks.com/blog/wp-content/uploads/2011/04/innovation.jpg
2. http://www.innovationmanagement.se/wp-content/uploads/2011/04/how-to-begin-the-process-of-open-innovation-kapeleris.jpg