Pemasaran

6 Strategi Pemasaran, untuk Bisnis Rumahan

Sudah punya bisnis rumahan, tapi masih bingung juga bagaimana caranya mengoptimalkan pemasaran?

 

6-strategi-pemasaran-untuk-bisnis-rumahan

Bisnis rumahan memang menjadi pilihan tepat bagi pemula yang ingin terjun memulai usaha dengan modal kecil. Selain bisa dijalankan dari rumah, tanpa meninggalkan tugas utama bersama keluarga, bisnis rumahan juga bisa dijadikan mata pencaharian untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

Mulai dari proses perencanaan, proses produksi sampai dengan pemasaran, bisnis rumahan tentunya jauh berbeda dengan bisnis-bisnis besar pada umumnya. Lalu bagaimana cara membuat bisnis rumahan menghasilkan pendapatan yang besar?

Tentu saja tidak lepas strategi pemasaran yang baik dan tepat. Berikut adalah beberapa strategi pemasaran bisnis rumahan bagi pemula yang dapat Anda terapkan dalam bisnis Anda.

1. Brosur

Menyebarkan brosur merupakan salah satu strategi pemasaran untuk usaha rumahan yang cukup efektif. Selain menyebarkan brosur, Anda juga bisa memasang pamphlet di tempat-tempat yang mudah dilihat oleh orang dan ramai dikunjungi orang. Semakin banyak orang yang membaca brosur atau pampflet Anda maka semakin besar pula kemungkinan Anda untuk menemukan konsumen atau pelanggan.

2. Memanfaatkan Media Online

Memasarkan produk atau usaha rumahan melalui media online bukanlah hal yang baru lagi. Anda bisa memulainya dengan membuat akun facebook, twitter dan lain sebagainya untuk menjaring banyak konsumen. Selain itu, Anda juga dapat mencoba untuk bergabung dengan forum-forum online yang sesuai dengan pangsa pasar. Menjalin hubungan lebih luas akan memberikan kesempatan lebih baik bagi pemula bisnis.

3. Dari Mulut ke Mulut

Sebagai langkah awal memasarkan produk bisnis rumahan memang bukan hal mudah. Biasanya para pemula bisnis rumahan memasarkannya dengan cara dari mulut ke mulut. Yang bisa Anda jadikan target pasar adalah, teman, keluarga, tetangga bahkan rekan kerja. Mulai dari orang terdekat tersebut Anda sebagai pemula bisnis bisa mendapatkan kritan serta masukan untuk mengembangkan bisnis rumahan yang Anda jalankan.

4. Mengikuti Berbagai Bazar

Bisnis rumahan tidak akan bisa berkembang dengan baik ketika Anda hanya duduk diam tanpa melakukan usaha apapun. Salah satu strategi pemasaran untuk mengenalkan produk Anda adalah dengan mengikuti pameran atau bazaar. Dengan begitu Anda mempunyai kesempatan untuk memamerkan produk hasil olahan rumahan Anda. Dengan mengikuti acara bazar, pemula tidak hanya bisa meningkatkan penjualan produk tetapi juga bisa menjaring relasi bisnis lebih banyak lagi.

5. Pasarkan ke Toko-Toko

Jika hal ini dirasa perlu dan harus, Anda dapat memasarkan produk dari usaha rumahan Anda ke toko-toko yang berada jauh dari tempat tinggal Anda. Namun sebelum Anda menggunakan strategi pemasaran rumahan, cobalah terlebih dahulu untuk memahami bagaimana karakter pembeli dari toko tersebut. Apa yang mereka butuhkan dan bagaimana pengaruhnya bagi bisnis rumahan Anda kelak.

6. Kartu Nama

Membuat kartu nama bagi sebagian pemula bisnis kadang dianggap sebagai hal sepele. Banyak dari pemula bisnis yang menganggap bahwa membuat kartu nama hanyalah sebagai sarana untuk memudahkan orang menghubungi perusahaan Anda. Padahal perlu Anda ketahui bahwa kartu nama bisa digunakan sebagai alat untuk pemasaran usaha rumahan Anda.

Rumah memanglah tempat untuk memulai usaha yang sangat strategis bagi Anda yang memiliki modal kecil. Jika bisnis rumahan Anda sudah maju dan berkembang dengan baik, barulah Anda memikirkan strategi baru untuk menyewa tempat usaha yang lebih besar lagi.

Sumber gambar : http://tweakyourbiz.com/marketing/files/shutterstock_242895121.jpg