Manajemen UKM

5 Cara Memulai Bisnis Untuk Pemula, Kamu Wajib Baca!

5 Cara Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Belakangan ini semakin banyak anak muda yang pengen merintis usaha. Sayangnya, keinginan hanya sebatas angan-angan saja, karena sebagian besar dari mereka tak tahu bagaimana cara memulai bisnis dari awal. Parahnya lagi, tak sedikit dari mereka yang beralasan masih bingung memilih jenis usaha apa cocok untuk pemula.

Agar impianmu jadi pengusaha sukses bisa diraih di usia muda, kali ini BisnisUKM.com  akan menjabarkan lima tips mudah yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan mimpimu jadi seorang pengusaha.

5 Cara Memulai Bisnis Buatmu yang Pertama Kali Berwirausaha

Pertama, luruskan niat dan miliki mindset bisnis yang benar

Memutuskan terjun ke dunia usaha memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi bicara bisnis itu ada untung dan rugi. Tak seperti nasib karyawan yang selalu dapat gaji tetap setiap bulan, sebagai pengusaha kamu harus siap menghadapi resiko kerugian yang setiap waktu bisa menghantuimu. Tentukan dari sekarang tujuanmu memulai bisnis, dan pastikan kamu sudah siap jadi pengusaha atau masih ingin berada di zona nyaman dengan selamanya jadi karyawan?

Kedua, putuskan apa yang akan kamu jual

Pengen mulai bisnis di akhir tahun 2017 tapi masih bingung pilih produk apa yang mau dijual? Kalau produk yang aku jual nggak laku gimana? Apalagi sekarang sudah banyak pengusaha yang punya produk serupa. Jadi makin ciut nyali deh mau coba memulai usaha. Padahal ada banyak produk komoditas yang bisa kamu jual saat ini, mulai dari barang-barang yang sesuai hobimu, produk unggulan di daerah asalmu, atau bisa juga melihat produk kekinian yang sekarang ini sedang hits di pasaran. Biar nggak penasaran, kamu bisa cari tahu 5 daftar produk terlaris DISINI.

Ketiga, buat website jualan atau toko online

Di jaman serba digital seperti sekarang, wajib hukumnya bagi pemula untuk membuat website toko online. Soalnya sekarang ini jamannya konsumen berbelanja lewat online. Hanya tinggal klik layar smartphone, konsumen sudah bisa belanja produk apa saja yang mereka butuhkan. Biar nggak ketinggalan kereta, pastikan bisnis yang kamu jalankan sudah punya website toko online. Kalau kamu belum tahu caranya buat website toko online, bisa baca selengkapnya DISINI.

Keempat, promosikan lapak jualan toko online

Nah, ini yang paling penting. Ternyata cara memulai bisnis di internet tidak hanya sebatas membuat website dan konsumen akan datang sendiri ke toko onlinemu. Kamu juga harus aktif mempromosikan lapak jualan toko online di sosial media maupun situs marketplace yang memiliki target pasar sesuai dengan konsumen yang kamu bidik. Salah satunya cara mempromosikannya bisa kamu simak DISINI.

Kelima, cari mentor dan lingkungan yang positif

Agar tak buta ilmu dalam mengembangkan bisnis, penting bagi para pemula untuk bisa mencari mentor dan bergabung dengan lingkungan yang positif. Belajar langsung dari para pengusaha yang sudah sukses, tidah hanya bisa menambah bekal pengetahuan tapi juga jadi salah satu cara untuk membangun jaringan bisnis yang sehat. Kekuatan jaringan bisnis dan komunitas itu perlu, jadi jangan sungkan ya untuk membaur dengan lingkungan yang positif.

Selamat mencoba dan salam sukses!