Dalam menjalankan bisnis online, adanya nama domain menjadi ujung tombak bagi kemajuan bisnis tersebut. Istilahnya domain dalam bisnis online dapat disamakan dengan merek atau brand yang dikenalkan kepada konsumen agar mereka mengenal dan tertarik untuk berkunjung ke  website maupun blog yang mereka gunakan untuk menjalankan bisnis online.

Video Praktisi

Pentingnya Nilai Tambah Suatu Produk, Lumica Jogja

Selain sering dijadikan sebagai merek, nama domain juga sering dijadikan sebagai alamat yang dituju para pengguna internet untuk menemukan website ataupun blog yang ingin mereka kunjungi. Dengan mengetikan nama domain pada address bar, kita dapat menemukan home atau halaman website maupun blog yang kita cari. Misalnya saja nama domain Google dan Yahoo yang sering dicari para pengguna internet.

Pentingnya pengaruh nama domain pada bisnis online, membuat para pelaku bisnis ini harus mempertimbangkan beberapa hal untuk memperoleh nama domain yang bagus dan menjual. Berikut beberapa tips memilih nama domain untuk bisnis online yang dapat membantu Anda :

  1. Gunakan nama domain yang mudah diingat. Dengan memilih nama domain yang mudah diingat, akan memudahkan para konsumen saat mengetikan alamat website ataupun halaman blog yang Anda pada address bar.
  2. Gunakan nama domain yang sesuai dengan website Anda. Sebaiknya gunakan nama domain yang sesuai dengan kategori website Anda. Misalnya saja jika Anda fokus dengan kategori bisnis, Anda dapat menggunakan nama domain bisnisukm.com sebagai pilihan yang sesuai dengan website Anda.
  3. Usahakan nama domain dengan keyword yang banyak dicari. Nama domain yang sesuai dengan keyword yang banyak dicari pengguna internet, membantu website atau blog Anda memperoleh posisi yang tinggi dalam pencarian search engine. Sehingga website Anda mudah dicari para pengguna internet, dan secara tidak langsung membantu mengenalkan bisnis online Anda pada para konsumen.
  4. Hindari nama domain yang terlalu panjang. Walaupun Anda memiliki 67 karakter untuk membuat nama domain Anda, namun hindari penggunaan nama domain yang terlalu panjang. Usahakan penggunaan nama domain satu kata saja namun cukup bermakna, karena nama domain satu kata lebih mudah diingat para konsumen.
  5. Hindari penggunaan tanda penghubung kata maupun angka. Pemakaian tanda penghubung maupun angka, akan mempersulit para konsumen saat mengingat alamat website atau blog kita. Sehingga memungkinkan adanya kesalahan ketik saat mencari alamat website ataupun blog kita.
  6. Pilih akhiran nama domain dengan com. Ada beberapa akhiran nama domain yang biasa digunakan, misalnya saja com, net, org. Namun dalam menjalankan bisnis online usahakan untuk memilih akhiran com terlebih dahulu, karena domain tersebut lebih mudah diingat dan lebih dikenal masyarakat.

Semoga dengan adanya beberapa petimbangan tersebut dapat membantu Anda dalam menentukan nama domain bagi bisnis online yang akan Anda jalankan. Walaupun pelaku bisnis online sudah semakin meningkat setiap harinya, namun masih banyak nama domain yang dapat Anda gunakan. Selamat mencoba dan salam sukses.

sumber gambar : http://www.them.pro/files/images/domain-names-extensions.jpg dan http://www.computesta.com