Tips Mengatasi Resiko Bisnis di Tahun 2013

resiko bisnis
resiko bisnis

Memasuki tahun 2013, perkembangan bisnis di negara kita diperkirakan mengalami peningkatan yang begitu pesat. Bila sebelumnya banyak masyarakat yang lebih memilih kesuksesan karirnya sebagai seorang karyawan, maka belakangan ini jiwa entrepreneur dalam diri masyarakat Indonesia mulai tumbuh semakin kuat dan sebagian dari mereka mulai memilih untuk merintis sebuah usaha. Tidaklah heran bila belakangan ini muncul pemain-pemain baru di dunia usaha, baik itu dari kalangan pengusaha muda (pemula) maupun dari para mantan karyawan yang ingin mengembangkan kesuksesan karirnya dengan terjun di dunia usaha.

Melihat potensi pasar di Indonesia yang masih sangat luas, banyak kalangan masyarakat yang mulai memanfaatkan peluang tersebut untuk merintis sebuah usaha. Meskipun keputusan tersebut menjanjikan keuntungan yang cukup besar, namun sebagai seorang pengusaha Anda juga harus berani menghadapi resiko-resiko pahit yang bakal muncul di tengah perjalanan menuju kesuksesan bisnis Anda.

Nah, untuk mengantisipasi resiko bisnis yang dimungkinkan muncul di tahun 2013. Berikut ini kami informasikan beberapa tips mengatasi resiko bisnis di tahun 2013 yang bisa Anda persiapkan dari sekarang.

  • Persaingan yang semakin ketat

Melihat perkembangan bisnis di Indonesia yang semakin pesat, maka tidak heran lagi bila persaingannya pun semakin hari juga semakin ketat. Hal ini tentunya sudah lazim terjadi, namun untuk bisa bertahan di tengah gempuran pasar yang semakin pesat, tentunya dibutuhkan kerja keras dan juga kerja cerdas untuk menyusun strategi bisnis yang paling tepat.

Jika Anda memilih strategi bisnis yang seragam seperti halnya pelaku bisnis lainnya, maka tidak menutup kemungkinan bila bisnis Anda tak bisa bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama. Manfaatkan kreatifitas Anda untuk menciptakan ide-ide segar yang belum pernah ada sebelumnya. Misalnya saja menciptakan produk-produk yang unik, menyusun strategi pemasaran yang menarik, atau meningkatkan kualitas pelayanan agar konsumen semakin nyaman berlangganan di tempat Anda.

  • Perubahan dari pasar konvensional ke ranah online

Seiring dengan meningkatnya perkembangan teknologi dan perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin modern, sekarang ini konsumen mulai meninggalkan pasar konvensional (pasar offline) dan mulai beralih ke ranah online yang memudahkan mereka untuk memenuhi segala kebutuhannya tanpa harus capek-capek ke luar rumah.

Fasilitas internet yang semakin mudah untuk diakses, tentunya cukup memudahkan para konsumen untuk bisa memenuhi kebutuhannya dengan cara yang terbilang sangat praktis. Kondisi inilah yang perlu Anda perhatikan dengan baik, sehingga sebagai pelaku usaha Anda juga harus sudah mempersiapkan konsep toko online untuk mendukung perkembangan bisnis Anda di tahun 2013.

  • Kualitas SDM
sumber daya manusia
sumber daya manusia

Untuk menjawab tuntutan pasar yang semakin besar, tentunya Anda juga membutuhkan bantuan SDM yang benar-benar handal. Dalam hal ini bukan hanya latarbelakang pendidikan karyawan saja yang harus Anda perhatikan ketika melakukan proses perekrutan, namun juga attitude (perilaku) dan skill (keterampilan) yang mereka miliki juga perlu dipertimbangkan dengan seksama sebagai modal utama Anda untuk memperkokoh kerajaan bisnis yang sedang Anda kembangkan.

Karenanya, penting bagi Anda untuk memberikan training atau pelatihan rutin bagi setiap karyawan, agar mereka bisa memiliki pengetahuan, kemampuan, serta visi dan misi yang sejalan dengan bisnis yang Anda jalankan. Semakin tinggi kualitas SDM yang Anda miliki, maka semakin besar pula peluang Anda untuk menjawab tantangan pasar.

Semoga ketiga tips bisnis yang telah kita bahas bersama bisa memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca dan membantu para pemula yang ingin mengembangkan bisnisnya di tahun 2013. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://3.bp.blogspot.com/-DnTaaOYIKA8/TwBXtsM-6ZI/AAAAAAAAAcA/eYurbcpa2QY/s1600/Resiko+usaha.jpg
2. http://4.bp.blogspot.com/-7Ft9boNXYpg/UL7ZYsVeXUI/AAAAAAAABtM/Vj3nGVW-BaA/s1600/sdm.png

1 Komentar

  1. Tips yang usefull bagi saya yang baru memulai berwirausaha. Berbagai artikel yang ditampilkan penuh konsepsi yang mudah untuk dilakukan. Thank’s banget buat Bisnis.ukm. Sukses buat Team dan kita semua

Komentar ditutup.