content marketing
content marketing

Berjualan melalui situs online, tentunya tidak bisa dipisahkan dengan dukungan content-content yang ada di dalamnya. Bila content yang dipublikasikan memberikan banyak manfaat bagi para pengunjungnya, bisa dipastikan bila traffic kunjungan yang dimiliki website tersebut juga mengalami peningkatan yang cukup pesat. Dan begitu juga sebaliknya, bila content di dalamnya kurang menarik, maka tidak menutup kemungkinan bila website Anda cenderung sepi dari kunjungan sehingga daya jual produk yang ditawarkan juga terbilang cukup rendah.

Video Praktisi

Memaksimalkan Bisnis Berbasis Hobi, Asimetris Craft

Karenanya, untuk menghindari kemungkinan buruk tersebut, penting bagi Anda untuk mempersiapkan content marketing secara matang. Mulailah dengan mencari tahu hal-hal apa saja yang banyak dicari, dibutuhkan, dan memiliki keterikatan cukup kuat dengan konsumen Anda dan sajikan semenarik mungkin untuk menggaet calon konsumen.

Penasaran dengan tips dan trik khusus untuk menggaet pelanggan melalui content marketing? Berikut kami informasikan lima tips bisnis online yang perlu diperhatikan ketika menyusun atau mempersiapkan content marketing.

1. Perhatikan hal-hal penting yang sering ditanyakan para konsumen
Dalam menjalankan sebuah usaha, keinginan, kebutuhan, dan permasalahan yang dihadapi para konsumen ternyata juga menjadi bagian penting yang perlu kita perhatikan. Sebab, dari pertanyaan-pertanyaan yang sering dilontarkan para konsumen, kita bisa mengetahui isu terbaru yang sedang hangat diperbincangkan masyarakat atau bisa juga memahami permasalah-permasalahan yang sering dihadapi para konsumen.

Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan bisa memberikan jawaban bagi pertanyaan atau permasalahan yang sering dihadapi para pelanggan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan pula bila Anda bisa memasukkan produk Anda sebagai salah satu alternatif solusi yang bisa memecahkan permasalahan konsumen.

2. Berikan nilai tambah pada konsumen
Di zaman serba teknologi seperti sekarang ini, para konsumen sudah cukup cerdas untuk memilih dan memilah produk mana yang paling cocok untuk memenuhi kebutuhannya. Karena itu berikan nilai tambah pada konsumen agar mereka mulai loyal dengan produk Anda. Contohnya saja bila Anda membuka toko online di bidang fashion, maka berikan konten artikel yang memberikan nilai tambah bagi konsumen Anda, misalnya seperti berbagi tips tentang cara mix and match baju dan aksesoris yang menjadi trend mode saat ini.

3. Pahami konsumen Anda
Sebelum berbagi konten, hal utama yang perlu Anda lakukan yaitu memahami konsumen Anda. Kenali apa yang mereka suka, cari tahu tentang apa yang mereka hindari, dan berikan ruang seluas-luasnya bagi mereka untuk menunjukan kecintaan mereka pada produk Anda. Contohnya saja memberikan beberapa pilihan produk terbaru untuk memenuhi kebutuhan mereka, menghindari konten-konten yang tidak mereka sukai, dan memberikan forum khusus bagi mereka untuk bisa berbagi informasi dengan sesama konsumen.

4. Publikasikan kegiatan Anda sehari-hari

tips content marketing
tips content marketing

Tak hanya menginformasikan konten-konten yang sesuai dengan produk unggulan yang Anda miliki, dalam hal ini Anda juga bisa mempublikasikan kegiatan bisnis yang Anda lakukan di balik layar untuk menghasilkan sebuah produk unggulan. Contohnya saja seperti mempublikasikan konten artikel yang mengangkat aktivitas Anda dalam mengadakan sebuah seminar, konten foto yang meliput kegiatan promosi launching produk terbaru Anda, atau konten video yang menggambarkan aktivitas Anda selama menjalankan proses produksi.

5. Selingi dengan informasi ringan yang menghibur
Disamping menginformasikan konten marketing yang bersifat formal, Anda juga bisa menambahkan website Anda dengan informasi atau berita ringan yang bersifat menghibur. Contohnya saja seperti strategi promosi online para pelaku bisnis agen tour and travel yang belakangan ini mulai menginformasikan beberapa tempat wisata menarik untuk meningkatkan loyalitas para konsumen.

Semoga kelima tips menggaet pelanggan melalui content marketing yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula yang masih bingung mempromosikan bisnisnya di dunia maya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://www.hajarabis.com/berita/uploads/news/6-tips-konten-marketing-berkualitas-3365-contentma.jpg
2. http://startupbisnis.com/wp-content/uploads/2012/07/content-marketing-plan.jpg