5 Kegagalan Pengusaha Dalam Merintis Bisnisnya

kegagalan pengusaha
kegagalan pengusaha

Banyak yang bilang merintis sebuah usaha itu sebenarnya susah-susah gampang. Sebagian orang mengatakan susah karena mereka belum merencanakan bisnisnya dengan matang sehingga tak jarang terjebak dalam beberapa kesalahan yang mengantarkannya ke jurang kegagalan. Sebaliknya, ada pula sebagian pengusaha yang mengatakan merintis bisnis itu sebenarnya gampang, sebab mereka mempersiapkannya dengan baik sehingga hasil yang didapatkan juga optimal sesuai dengan apa yang mereka rencanakan.

Karenanya, sebelum terjun di dunia usaha, ada baiknya bila terlebih dahulu Anda menyadari dan mewaspadai beberapa kesalahan atau kegagalan yang sering dilakukan para pengusaha ketika mulai merintis sebuah usaha.

Berikut adalah 5 kegalalan yang sering dilakukan para pengusaha ketika mulai merintis sebuah usaha.

Pertama, memilih usaha hanya karena ikut-ikutan trend pasar yang ada di sekitarnya. Tak jarang para pemula di sekitar kita ketika ditanya mengapa ingin merintis sebuah usaha? Jawabannya hanya karena ingin sukses seperti para pengusaha di sekitarnya yang bisa berhasil menekuni bidang usahanya. Tentu ini sebuah kesalahan fatal, karena Anda merintis usaha hanya karena latah atau hanya sekedar ikut-ikutan trend pasar dalam berbisnis. Kesalahan ini perlu Anda hindari dari sekarang, sebab Anda hanya akan menghadapi banyak kesulitan jika Anda memilih sebuah usaha yang Anda sendiri tidak memahami seluk beluknya, serta tidak memiliki ketertarikan atau passion di bisnis tersebut.

Kedua, minimnya visi dan misi yang Anda miliki. Ketika memutuskan untuk terjun di dunia usaha, pastinya Anda harus memiliki visi dan misi yang jelas untuk menentukan arah dan tujuan bisnis Anda. Poin inilah yang kurang diperhatikan para pemula. Sebagian besar dari mereka hanya menjalankan bisnisnya secara spontan untuk satu dua bulan ke depan, hal inilah yang membuat mereka melupakan apa tujuan jangka pendek maupun impian besar yang ingin mereka capai sebagai rencana jangka panjang. Tanpa kedua kunci kesuksesan tersebut, bisa dipastikan bila bisnis Anda hanya akan jalan ditempat tanpa mengalami pertumbuhan maupun perkembangan yang cukup signifikan.

kegagalan usaha
kegagalan usaha

Ketiga, kurang tekun dalam mengelola usaha. Untuk bisa menjadi pengusaha sukses, tentunya kita tidak hanya dituntut berhasil mewujudkan sebuah ide menjadi peluang usaha, namun juga harus mampu mengelola usaha tersebut hingga menuju puncak kesuksesannya. Pastikan bila Anda merekrut SDM yang benar-benar handal, memastikan bila kondisi arus kas bisnis Anda bisa berjalan dengan baik, serta mampu menghadapi pasang surut gelombang persaingan pasar yang sewaktu-waktu bisa mengancam perjalanan bisnis Anda. Jika aktivitas pengelolaan yang Anda jalankan kurang memadai, tidak menutup kemungkinan bila bisnis Anda bakal kalah bersaing dengan pelaku bisnis lainnya.

Keempat, belum siap menghadapi lonjakan permintaan. Tidak jarang para pelaku usaha mengalami kegagalan usaha ketika pertumbuhan bisnisnya mengalami peningkatan yang cukup pesat. Mengapa bisa begitu? Sebab, para pemula belum siap menghadapi pertumbuhan bisnis dalam waktu yang relatif cukup singkat, sehingga mereka masih kesulitan menangani lonjakan konsumen, membangun saluran distribusi baru, serta kelabakan memperluas peluang bisnis untuk bisa menangani ledakan permintaan setiap harinya. Meskipun pertumbuhan bisnis menjadi salah satu poin positif bagi Anda, namun bila SDM yang Anda miliki belum bisa mengelola pertumbuhan tersebut dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan bila kondisi seperti ini hanya akan menjadi boomerang yang siap menghancurkan perjalanan bisnis Anda.

Kelima, individualis dan masih sulit untuk berbagi. Kebanyakan pemula terlalu bangga dengan peluang bisnisnya. Bahkan, tak jarang para pelaku usaha selalu merasa bisnisnya paling baik, merasa dirinya paling sukses, serta menganggap produknya paling unik, sehingga mereka sulit diajak sharing ataupun bekerjasama dengan sesama pelaku usaha karena mereka takut bila seseorang akan mencuri ide bisnisnya. Padahal, dengan sering-sering melakukan sharing bisnis dengan sesama pelaku usaha, kita bisa memperluas ilmu dan pengalaman untuk bekal mengembangkan roda bisnis kita.

Nah, semoga setelah membahas beberapa tips bisnis yang pekan ini mengangkat tentang 5 kegagalan pengusaha dalam merintis bisnisnya ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi para pemula untuk lebih cermat dalam merintis usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://www.majalahexcellent.com/web/images/artikel/phpeiyze__resized.jpg
2. http://cdn.wittysparks.com/wp-content/uploads/2012/12/Business_Failure_Downtime_Closed.jpg

1 Komentar

Comments are closed.