Peluang usaha yang berhubungan dengan makanan dan minuman memang selalu memiliki prospek yang sangat bagus. Oleh karena itu banyak orang yang lebih memilih terjun menekuni usaha tersebut. Beberapa waktu yang lalu BisnisUKM telah mengangkat tema selama sepekan tentang bisnis makanan, dan memberikan beberapa ide bisnis makanan yang menarik. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami tidak akan mengangkat tema tentang usaha makanan lagi, melainkan tentang usaha yang sangat berhubungan dengan makanan yaitu usaha minuman.

Video Praktisi

Strategi Pemasaran Menjalankan Usaha Konveksi

Mengapa kami mengangkat usaha minuman? Karena saat ini usaha minuman semakin banyak berkembang dan tampil dengan menu yang fresh, dan unik. Berbagai menu minuman belakangan ini juga sangat digemari para pecinta kuliner, maka tak heran kini banyak usaha franchise minuman yang bermunculan. Hal ini dipengaruhi karena secara tidak langsung usaha minuman menjadi teman sejati usaha makanan yang selalu laris di kalangan masyarakat.

Konsumen

Seluruh masyarakat dapat dijadikan sebagai target pasar, karena tidak dapat dipungkiri bahwa minuman juga menjadi kebutuhan pokok manusia selain kebutuhan makan. Dari bayi hingga orang tua pun juga bisa dijadikan sebagai konsumen. Adanya kebutuhan tersebut menjadi peluang besar bagi para pelaku usaha minuman untuk meraih untung besar.

Info Produk

Untuk memulai usaha minuman, ada banyak pilihan menu yang dapat dicoba menjadi sebuah usaha. Dari mulai minuman dingin, hingga minuman hangat memiliki berbagai varian menu yang berpotensi memberikan untung besar. Misalnya saja menu minuman hangat yang sudah banyak ditemui dipasaran antara lain wedang tahu, wedang ronde, wedang uwuh, wedang jahe, bajigur, sekoteng, teh kemasan, hingga berbagai macam menu kopi dan cokelat yang dapat dijadikan sebagai menu minuman hangat maupun minuman dingin. Menu minuman dingin pun juga memiliki banyak penggemar, dari mulai es krim, es cendol, es buah, es teler, es doger, es degan, soup buah hingga salad buah juga dapat dijadikan sebagai menu andalan dalam menjalankan usaha minuman.

Berbagai macam menu minuman biasa dijual dengan harga yang beragam pula, dari mulai harga yang paling murah seribu rupiah hingga harga puluhan ribu rupiah untuk setiap menu yang ditawarkan.

Pemasaran

Untuk membantu pemasaran usaha minuman, yang sering dilakukan para pelaku usaha yaitu menggunakan spanduk atau banner untuk menarik para konsumen. Selain itu bagi pelaku usaha minuman yang sudah besar, dapat mengembangkan pasarnya dengan cara membuka kemitraan atau franchise untuk para investor yang tertarik dengan usaha minumannya. Saat ini sudah banyak usaha minuman yang telah membuka sistem franchise.

Kelebihan usaha

Menjalankan usaha minuman memiliki beberapa kelebihan, diantaranya yaitu mudahnya menjalankan bisnis ini. Usaha minuman termasuk usaha yang tidak memerlukan modal besar, dan tidak membutuhkan tempat usaha yang terlalu besar. Selain itu untuk menjalankan usaha ini cukup menggunakan gerobak, jadi bisa memilih menjalankan usaha dengan berkeliling atau memilih menetap di suatu tempat.

Kekurangan usaha

Selain kelebihan usaha, usaha minuman juga memiliki beberapa kekurangan. Bagi pengusaha minuman dingin, besar laba yang mereka peroleh dipengaruhi oleh cuaca. Terutama bagi pelaku usaha minuman dingin, jika turun hujan maka omset mereka pun juga akan menurun.

Sedangkan untuk pelaku usaha minuman hangat waktu usaha mereka juga terbatas, biasanya penjual minuman hangat mulai berdagang sore hingga malam hari. Karena disiang hari minat konsumen untuk minuman hangat masih kurang.
Kunci Sukses

Untuk memperoleh untung besar dari usaha minuman masih sangat terbuka lebar. Ciptakan menu minuman baru yang belum ada di pasaran, sehingga Anda memiliki keistimewaan tersendiri untuk menarik minat para konsumen. Disamping itu pilih lokasi yang strategis untuk membuka usaha minuman, sebaiknya pilih lokasi di depan pusat perbelanjaan, tempat ramai seperti taman bermain, maupun di depan sekolah – sekolah yang prospek pasarnya cukup bagus. Dan yang ketiga adalah ciptakan brand produk minuman yang Anda jual dengan nama yang menarik, hal ini untuk mempromosikan dan menanamkan image produk Anda kepada konsumen.

Sekian informasi dari kami, karena pekan ini kami mengambil topik usaha minuman. Untuk artikel berikutnya tim BisnisUKM akan mengangkat artikel tentang peluang usaha es krim. Semoga dapat menjadi inspirasi bisnis bagi Anda. Selalu ada jalan untuk menjalankan sebuah usaha, jika Anda jeli melihat peluang besar yang ada di depan mata. Salam sukses.

sumber gambar : http://greatnonijuice.files.wordpress.com/2008/11/minuman1.jpg dan http://usahabagihasil.multiply.com/