9 Tips Sukses Bagi Anda yang Tertarik Buka Bisnis Makanan

9 Tips Sukses Bagi Anda yang Tertarik Buka Bisnis Makanan

9 Tips sukses berikut ini dapat membantu memudahkan Anda untuk menjalankan bisnis makanan. Seperti yang kita ketahui sekarang ini bisnis makanan menjadi pilihan para pelaku bisnis. Hal tersebut karena bisnis makanan menjadi salah satu bisnis yang dinilai tak akan pernah ada matinya. Dengan alasan tersebut tak heran jika sekarang ini semakin banyak bermunculan bisnis makanan dengan berbagai macam dan jenis. Mulai dari makanan ringan sampai makanan berat.

Bisnis makanan bisa dikatakan sebagai peluang bisnis yang masih sangat terbuka lebar. Prospek bisnis ini cukup cerah dengan melihat minat pasar yang luas dan variasi menu yang dapat dikembangkan memberikan memudahkan kita untuk memulai usaha dibidang tersebut. Lalu, bagaimana peluang bisnis makanan ini dan bagaimana pangsa pasarnya? Mari langsung saja simak ulasan berikut ini.

Bagaimana Peluang Bisnis Makanan?

Peluang Bisnis

Disamping itu, bisnis makanan juga merupakan contoh peluang bisnis yang fleksibel. Karena bisnis tersebut dapat menyesuaikan besarnya modal yang Anda miliki. Misalnya jika Anda memiliki modal kecil, Anda bisa mencoba bisnis makanan dari rumah dan menitipkan produk makanan Anda di kantin sekolah ataupun warung – warung di lingkungan sekitar. Namun jika Anda memiliki modal cukup besar, Anda dapat mencoba untuk membuka restoran.

Pangsa Pasar

Sasaran pasar bisnis makanan sangatlah luas, dari mulai anak – anak hingga orang tua pun bisa dijadikan sebagai sasaran pasar. Namun untuk mempermudah pemilahan konsumen, sebaiknya Anda fokus pada salah satu pilihan yang ada pada bisnis makanan.

Contohnya saja membuka warung makan dengan menyajikan berbagai menu didalamnya atau bisa juga membangun rumah makan dengan menawarkan produk atau menu yang lebih khusus (rumah makan seafood). Sehingga bisnis makanan yang Anda miliki dapat membidik target pasar atau konsumen dengan tepat.rumah makan

Tips Sukses Bisnis Makanan

Besarnya keuntungan yang diperoleh dari bisnis makanan, menjadikan bisnis tersebut memiliki banyak pesaing. Untuk itu Anda harus memiliki strategi khusus untuk menjalankan bisnis makanan. Berikut kami berikan Resep sukses membuka bisnis makanan, yang dapat Anda jadikan sebagai inspirasi bisnis :

Menguasai Resep

Tips sukses menjalankan bisnis makanan yang pertama yakni dengan menguasai resep. Untuk memulai bisnis makanan, pilihlah makanan yang bisa Anda kuasai. Sehingga Anda telah memahami resep khusus atau cara pembuatannya. Namun jika bisnis yang ingin Anda tekuni belum Anda kuasai resepnya tidak menjadi msalah. Anda hanya perlu mempelajari dengan baik bagaimana resep dan pengolahan sampai menemukan rasa yang pas.

Menjaga Kualitas

Selalu menjaga kualitas produk. Pelajari lebih dalam tentang hal–hal detail yang berhubungan dengan menu makanan yang kita tawarkan, dari mulai cara pembuatan yang pas hingga memperhatikan takaran komposisi bahan dengan tepat. Hal ini sangat penting, karena kesan pertama konsumen tergantung dari rasa makanan yang disajikan.

Melakukan Riset Pasar

Tips sukses menjalankan bisnis makanan selanjutnya adalah melakukan riset pasar untuk mengetahui variasi jenis makanan yang ada, sehingga kita dapat menentukan inovasi makanan baru yang belum ada di pasaran. Selain itu riset juga dapat berguna untuk mengetahui harga serta kualitas rasa yang dimiliki para pesaing, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan produk.

Brand dan Citra

Memberikan citra atau merek khusus untuk usaha bisnis Anda. Sehingga produk makanan Anda memiliki image khusus dimata para konsumen. Usahakan menggunakan nama atau kata yang mudah diingat.

Yang kelima adalah penetapan harga jual. Berikan harga yang sesuai dengan kualitas rasa makanan. Jangan terlalu banyak dalam mengambil keuntungan, lebih baik memperoleh keuntungan sedikit namun banyak pelanggan yang datang.

Kreatif dan Inovatif

Terus belajar berfikir kreatif dan inovatif dalam mengembangkan menu makanan. Dengan begitu para konsumen tidak akan bosan dengan menu yang disajikan. Misalnya saja dengan menyediakan paket menu special yang berbeda di tiap harinya, menyediakan berbagai varian menu, membuat menu unik dibandingkan tempat lain.

Pelayanan

Berikan pelayanan terbaik bagi para konsumen, istilahnya pembeli adalah raja maka berikan pelayanan terbaik kepada mereka. Usahakan untuk selalu ramah dengan pembeli, memperhatikan permintaan konsumen, jaga kebersihan tempat usaha maupun produk makanan Anda, dan yang paling penting adalah jangan membuat para konsumen terlalu lama menunggu pesanan mereka.

Promosi

Promosi merupakan salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan omset bisnis Anda. Selain tempat yang strategis, kualitas rasa makanan yang lezat, strategi promosi juga sangat dibutuhkan dalam membangun bisnis makanan. Promosi dapat dilakukan melalui internet, promosi dari mulut ke mulut, memberikan bonus ataupun potongan harga khusus pada event tertentu, atau bisa juga dengan memasang banner iklan di tempat – tempat yang strategis.

Tenaga Kerja

Semakin berjalannya waktu tentu bisnis akan semakin berkembang. Jika bisnis telah berkembang maka perlu melakukan penambahan tenaga kerja. Sudah pasti semua pekerjaan tidak mungkin bisa dikerjakan seorang diri. Sehingga Anda sebagai owner bisa lebih fokus memikirkan pengembangan bisnis, sedangkan tenaga operasional dapat dikerjakan para pegawai Anda.

Cita Rasa

Menjaga cita rasa makanan menjadi salah satu kunci sukses. Tentu dengan konsisten menjaga cita rasa makanan tanpa mengubah dan mengurangi rasa akan membuat pelanggan tetap setia.

Semakin enak rasa makanan yang disajikan, keramahan pelayanan yang diberikan, kenyamanan tempat makan, serta strategi pemasaran yang tepat menjadi bagian penting dalam menjalankan bisnis makanan. Semoga tips sukses yang telah diulas diatas, dapat membantu Anda dalam membangun bisnis makanan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu Anda memberikan kemudahan menyiapkan berbagai startegi untuk menghadapi persaingan pasar dan mempelajari berbagai tips sukses memulai bisnis.

Untuk mendapatkan inspirasi dari para pengusaha sukses lainnya dalam mengembangkan bisnisnya. Simak juga beberapa inspirasi bisnis untuk pemua dan inspirasi bisnis dari para pengusaha sukses berikut ini. Ada 50 lebih pegusaha cafe, restoran, rumah makan, strategi pemasaran, tips dan trik membangun bisnis dari nol. Untuk mengetahui lebih lengkapnya cara menghadapi kendala bisnis bisa mengunjungi video dari bisniskuliner.id atau bisa KLIK DISINI.

Salam sukses !

 

 

Sumber gambar : Tim Bisnis UKM

66 thoughts on “9 Tips Sukses Bagi Anda yang Tertarik Buka Bisnis Makanan”

  1. selamat siang..
    saya mempunyai usaha d bidang makanan ringan seperti sistik.. untuk saat ini cara memasarkannya hanya ke kantin sekolah-sekokah dan warung.. saya ingin memperluas usaha saya bagaimana ya cara nya? mohon bantuan nya ya min..
    terimakasih

    Reply
  2. Saya mau membuka tempat usaha warung sate namun msh banyak keraguan hati, dikarenakan saat ini saya msh bekerja diperusahaan swasta. Apakah kiat2nya agar supaya keinginan saya ini bisa terrealisasi berjualan.

    Reply
  3. permisi agan/sista.
    saya andi, saya dan teman saya ingin mencoba buat usaha kecil”an. tp saya bingung harus buka apa, dan ingin.y membuka usaha yang kira.y ga terlalu banyak yg jual. untuk dana n tempat sendiri sudah direncanakan.

    trims.

    Reply
  4. Saya seorang mahasiswi di Surabaya, saya ingin mencoba membuka usaha makanan. Kira kira makanan ringan apa yang cocok dan diminati konsumen, mengingat di daerah ini sudah banyak yang berjualan juga. Dan bagaimana sistem bisnis saya agar tidak menggangu jadwal kuliah dan tidak terlalu mengeluarkan biaya besar?mohon sarannya.

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Sebagai langkah awal, Sdri. Desi bisa mengawalinya dari bisnis repackaging camilan yang ada di sekitar lokasi Anda. Misalnya seperti membeli aneka macam camilan yang ada di Surabaya, dan mengemas ulang dengan kisaran harga yang sesuai dengan kantong mahasiswa, contoh seperti Rp 1.000,00 atau Rp 2.000,00/ bungkus dan dititipkan di beberapa rumah kost, asrama mahasiswa, atau bisa juga di titipkan di kantin mahasiswa, koperasi mahasiswa, dan beberapa warung makan yang ada di sekitar kampus Anda. Bisnis ini modalnya cukup minim dan pastinya tidak mengganggu jadwal kuliah Anda setiap harinya. Mulailah dari yang kecil, mulailah dari yang mudah, dan yang paling penting mulailah dari sekarang! Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  5. Assalamualaikum.. Sebelumnya menarik melihat artikel … Komentar.. Diatas… Untuk mengembangkan usaha
    Atau membuka tidak perlu dana bnyak….sebelumnya buka restoran…Hrus ad sistematis… Kemitraan…serta teknik untuk menjalankan harus istiqomah..
    Untuk tahun ini..usaha ^^BE-KING^^ (bebek peking) untuk yg maw belajar khususnya di area SURABAYA -SIDOARJO AD TEMPAT STRATEGIS… membuka peluang usaha dapat inbox

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba