10 Kunci Kesuksesan Dalam Membuat Website

membuat websiteSeiring dengan perkembangan trend era digital seperti sekarang ini, banyak perusahaan besar maupun para pelaku usaha kecil yang tidak mau ketinggalan jaman dan mulai melirik pasar online sebagai lahan bisnis baru yang sangat menjanjikan. Tidaklah heran bila saat ini banyak pelaku usaha yang awalnya menjalankan bisnis secara offline, kini mulai mengembangkan sayapnya dengan membuat sebuah website untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Keberadaan situs online seperti website, tentunya memberikan kemudahan bagi calon konsumen untuk mengakses segala informasi yang berhubungan dengan bisnis Anda melalui dunia maya. Bahkan melalui  website, Anda juga bisa menjalin komunikasi dengan calon konsumen di berbagai daerah, sehingga peluang Anda untuk mendapatkan omset penjualan tinggi semakin terbuka lebar setiap harinya.

Nah, agar bisnis Anda tidak ketinggalan jaman dan mendapatkan peningkatan omset yang cukup tajam. Kini saatnya Anda membuat website untuk memasarkan produk atau jasa secara online. Dan untuk memudahkan rencana tersebut, berikut ini kami informasikan kepada para pembaca mengenai 10 kunci kesuksesan dalam membuat website.

1. Informasikan deskripsi perusahaan

Idealnya sebuah website selalu dilengkapi dengan identitas pemiliknya. Hal ini penting agar para pengunjung mengetahui siapa Anda dan bisnis apa yang Anda jalankan. Karena itu, wajib hukumnya untuk mencantumkan kolom “About us” atau “Tentang Kami” dalam website yang Anda miliki.

2. Desain website yang menarik dan tentunya ramah pengunjung

Tampilan website yang menarik memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen  untuk berkunjung ke website Anda. Jadi, sesuaikan warna dan desain website yang Anda buat dengan selera pasar yang Anda bidik. Yang terpenting adalah pilih warna yang tidak mencolok dan gunakan font tulisan yang mudah dibaca para pengunjung.nama domain

3. Pilih nama domain yang mudah diingat konsumen

Keberadaan domain memiliki fungsi yang hampir sama dengan merek pada sebuah produk. Karenanya, usahakan pilih nama domain yang familiar, unik, dan mudah diingat para konsumen. Contohnya saja seperti bisnisukm.com.

4. Pilih perusahaan hosting yang aman dan terpercaya

Anda bisa menjalin kerjasama dengan perusahaan hosting yang aman dan terpercaya untuk mencegah resiko buruk yang mungkin terjadi selama menjalankan bisnis online. Meskipun saat ini sudah banyak perusahaan hosting lokal maupun internasional, namun usahakan untuk memilih yang paling bagus reputasinya dan benar-benar terpercaya kualitas pelayanannya.

5. Dukung dengan Search Engine Optimization (SEO)

Sedikit banyak Anda harus mengetahui dan menguasai teknik SEO agar website Anda mudah ditemukan pengguna internet melalui mesin pencarian. Strategi ini bisa Anda jalankan dengan memanfaatkan keyword yang menarik, menambahkan beberapa link yang masih berhubungan dengan website Anda, menambahkan video, dan lain sebagainya.

6. Berikan konten yang up to date

Tarik minat konsumen dengan  menghadirkan konten-konten yang selalu up to date, secara rutin. Berikan informasi yang mereka butuhkan, dan hindari kegiatan copy-paste konten untuk menjaga kualitas website yang Anda bangun.

7. Cantumkan alamat dan contact person yang jelas

Salah satu senjata yang wajib Anda cantumkan dalam website adalah alamat dan contact person yang bisa dihubungi para konsumen. Hal ini penting untuk membangun kepercayaan dari konsumen, dan menjadi pintu gerbang bagi mereka untuk menghubungi Anda secara langsung.

8. Kuatkan dengan testimoni para pengunjung

Testimoni positif dari pelanggan menjadi kekuatan bagi Anda untuk meyakinkan calon konsumen lainnya. Jadi, tidak ada salahnya bila Anda menyisihkan ruang tertentu agar para konsumen bisa berbagi pengalaman yang mereka dapatkan setelah menggunakan produk atau jasa Anda

9. Promosikan website Anda

Salah satu kunci kesuksesan bisnis online terletak pada strategi promosi yang digunakan. Agar situs Anda menghasilkan omset besar, janganlah lelah untuk mempromosikannya melalui email, jejaring sosial, iklan baris, iklan baner, forum bisnis, dan lain sebagainya. Semakin banyak orang yang mengetahui informasi website Anda, maka semakin besar pula peluang Anda untuk mendatangkan omset besar setiap bulannya.

10. Lengkapi dengan peta situs untuk mempermudah navigasi

Seperti halnya sebuah buku yang dilengkapi daftar isi untuk mempermudah konsumennya dalam menemukan informasi di buku tersebut, maka Anda pun juga bisa melengkapi sebuah website dengan peta situs yang memudahkan konsumen untuk mendapatkan konten, produk, atau jasa yang mereka butuhkan.

Setelah membahas 10 tips bisnis online dalam membuat website, diharapkan para pengusaha tidak hanya sukses menguasai pasar offline namun juga berhasil memperluas pasar online. Jangan pernah lelah untuk mengembangkan bisnis Anda, mulai dari yang kecil, mulai dari yang mudah, mulai dari sekarang. Salam sukses.

Sumber gambar : http://www.webdesign.org/img_articles/17019/make-website-easily.jpg dan http://www.mybestsolutions.org/wp-content/uploads/2009/12/domain.png

3 Komentar

  1. salam kenal buat rekan rekan ,kalo ada tip dan info ,juga masukan dari teman teman,salam sukses ?

  2. terima kasih sy diterima mjd member baru di BisnisUKM.com, harapan saya media online ini mjd jalan sukses untk kita semua, terutama shobat yg bisnis ayam kampung.

Comments are closed.