10 Tips Memilih Lokasi Usaha Waralaba Yang Tepat

10-tips-memilih-lokasi-usaha-waralaba-yang-tepat

Salah satu kunci penting dalam memulai sebuah usaha waralaba maupun usaha lainnya adalah memilih lokasi usaha yang tepat. Lalu seberapa pentinglah memilih lokasi usaha yang strategis tersebut? Tantunya lokasi yang tepat sangatlah berperan penting bagi kelangsungan sebuah usaha. Jika sampai salah dalam memilih lokasi usaha maka yang akan terjadi usaha Anda akan mengalami kemunduran karena tidak tepat sasaran.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa peluang usaha waralaba sekarang ini sangat terbuka lebar. Banyaknya jasa maupun tawaran dari para perusahaan waralaba membuat banyak orang menjadi tertarik dan tergiur untuk bergabung dan berinvestasi ke dalam usaha waralaba tersebut. Namun, yang terpenting dari usaha waralaba tersebut adalah pemilihan lokasi atau tempat yang strategis dan juga tepat sehingga usaha waralaba bisa berjalan dengan lancar dan mendatangkan keuntungan besar.

Faktor lokasi dalam usaha waralaba tidak bisa dianggap sebagai hal sepele. Salah memilih lokasi usaha akan sangat berakibat buruk bagi usaha Anda kedepannya. Mungkin Anda pernah melihat usaha waralaba yang cukup terkenal, namun pelanggannya bisa dikatakan cukup sepi. Hal itu bisa jadi karena kesalahan dalam memilih lokasi usaha tersebut.

Parameter Memilih Lokasi Bisnis Waralaba

Sebelum memilih lokasi usaha waralaba, sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan survei terlebih dahulu. Memang sebagian besar dari para pemilik utama usaha waralaba biasanya mensurvei lokasi yang Anda ajukan. Namun, sebagian juga ada yang lepas tangan begitu saja. Nah, disinilah Anda harus jeli dalam memilih lokasi usaha nantinya. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih lokasi.

1. Kepadatan Penduduk

Kepadatan penduduk adalah salah satu indikator besarnya potensi pasar usaha yang akan Anda geluti. Meskipun hal ini belum bisa menjadi ukuran final. Apakah lokasi tersebut bisa dijadikan sebagai tempat belanja masyarakat atau tidak. Dan yang pasti jenis usaha yang akan tawarkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar ataupun tidak. Sehingga ini akan sangat mempengaruhi pertumbuhan usaha Anda. Tentu jika usaha yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan penduduk sekitar dan penduduknya cukup padat maka sudah pasti usaha Anda akan terus tumbuh berkembang.

2. Penghasilan

Mensurvei pendapatan masyarakat sekitar tempat usaha menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan sebelum memilih lokasi usaha. Apabila kepadatan penduduk tidak linier dengan tingkat daya beli masyarakatnya, maka bisa dikatakan bahwa lokasi tersebut tidak tepat sebagai tempat usaha tertentu. Karena itu, perlu Anda ketahui berapa penghasilan penduduk di area trade Anda. Apakah kira-kira masyarakat lingkungan terdekat akan menyukai produk yang ditawarkan dari usaha waralaba Anda.

3. Jumlah Usaha

Adakalanya, lokasi usaha yang dipilih adalah pusat perbelanjaan atau sentra perdagangan. Nah, apakah banyaknya usaha yang sejenis juga berpengaruh pada lokasi? Yaa sangat berpengaruh, semakin banyak usaha yang sejenis pada lokasi yang sama akan berpotensi menurunkan penjuakan dan persaingan pasar akan semakin ketat. Maka perlu sekali untuk mengetahui apakah tipe dari usaha di area tersebut menggunakan produk yang ditawarkan waralaba atau tidak.

4. Tempat Usaha

Ada beberapa tipe tempat usaha yang dapat Anda pilih sebagai tempat usaha Anda, misalnya saja mall, sentra usaha, pinggir jalan, perumahan dan tempat-tempat ramai lainnya. Pastikan lokasi usaha adalah lokasi yang stategis, mudah diakses dan dijangkau dengan berbagai jenis kendaraan. Lokasi usaha yang mudah diingat dan mudah dilihat.

5. Lalu Lintas

Salah satu yang menjadi bahan pertimbangan dalam memilih lokasi usaha yakni berapa banyakkah kendaraan yang lalu lalang di lokasi tersebut setiap harinya? Jika lokasi usaha Anda banyak dilalui kendaraan dan ramai lalu lalang orang maka usaha Anda akan mudah dikenal oleh masyarakat. Apakah orang-orang yang lalu lalang disekitar lokasi usaha Anda bisa melihat plang usaha Anda? Dan apakah lokasi yang Anda pilih mudah diakses? Mudah ditemukan dari arah manapun?

6. Pusat Keramaian

Tidak hanya di bagian mal saja yang menjadi tempat strategis untuk usaha. Kadang-kadang, diseberang jalan mal juga menjadi tempat yang dipenuhi oleh orang berlalu lalang dan biasanya harga sewanya juga lebih murah dari mal. Anda bisa memilih lokasi rumah sakit, kampus, sekolah atau di pusat keramaian lainnya. Dan yang terpenting memilih lokasi yang penuh dengan keramaian dan banyak orang berlalu lalang karena akan berpotensi untuk dikunjungi pelanggan.

7. Akses Karyawan

Lokasi usaha yang jarak tempuhnya sangat jauh bisa saja menjadi kontra produktif bagi karyawan Anda. Oleh sebab itu, lokasi yang Anda pilih sebaiknya terbilang cukup dekat terutama bagi karyawan-karyawan utama Anda.

8. Zona

Jika lokasi usaha Anda bukan daerah perdagangan atau lokasi yang tidak cocok dengan usaha Anda, maka alangkah baiknya tidak dipaksakan. Anda perlu menanyakan, apakah zona untuk lokasi yang Anda pilih cukup pantas bagi usaha Anda atau tidak. Perhatikan pula sekitar lokasi usaha Anda, jangan sampai apabila usaha waralaba Anda makanan namun lokasi usaha dekat dengan toko-toko bangunan dan toko kayu. Tentu tidak akan sampai pada target pasar yang akan dibidik.

9. Kompetisi

Pertimbangkan tingkat kompetisi usaha yang akan Anda jalankan. Jika di lokasi yang akan Anda pilih tersebut sudah penuh dengan usaha dengan menawarkan produk sejenis, maka bisa dikatakan bahwa lokasi tersebut menjadi lokasi yang tidak strategis lagi bagi Anda.

10. Lingkungan

Anda pastinya ingin melihat usaha Anda terlihat berwibawa dan lingkungan yang berada di sekitar lokasi juga tidak merasa terganggu dengan usaha waralaba Anda. Oleh sebab itu, tanyakan pada franchisor apakah area lokasi cukup bersih dan terkendali? Dan apakah lingkungannya juga cukup baik?

Semoga beberapa tips usaha waralaba yang telah kita bahas bersama bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda untuk memilih lokasi usaha sebelum Anda memutuskan untuk memulai usaha waralaba.

Demikian 10 tips dalam memilih lokasi usaha waralaba yang tepat, semoga dapat membantu Anda dalam mempertimbangkan pemilihan lokasi usaha waralaba. Sebelum memulai usaha waralaba bakalan jadi trend di 2020. 

Jangan lewatkan pula video inspirasi dari para pengusaha sukses dalam memulai usaha maupun mengembangkan usaha. Simak pula video strategi pemasaran, modal usaha, lokasi usaha, resep, produksi, manajemen, pengembangkan usaha dan tips trik membangun usaha dari nol.

Simak video kuliner.id liputan dari para pengusaha sukses. Sedikitnya ada Ada 50 lebih pegusaha cafe, restoran, rumah makan, inspirasi usaha dari para pengusaha sukses maupun pemula. Untuk mengetahui lebih lengkapnya  bisa mengunjungi video dari bisniskuliner.id atau bisa simak video pengusaha sukses ini dalam memilih lokasi usahanya.

 

Salam sukses!

 

 

 

Sumber gambar : http://accounting-media.blogspot.com/2014/11/kiat-memilih-lokasi-usaha-yang-ideal.html

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba