2 Makanan Jadul 90an Ini Bikin Kamu Heran & Penasaran Rasanya

Masih seputar makanan jadul 90an, yang mana merupakan makanan khas anak-anak zaman dulu. Makanan jadul sendiri memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri untuk dinikmati di era modern ini. Dimana banyaknya jajanan kekinian yang muncul ditengah-tengah masyarakat. Tetap tidak menyurutkan minat para masyarakat untuk menikmati makanan jadul.

Makanan jadul memang memberikan kenangan tersendiri bagi sebagian orang. Terutama para anak era 90an. Menyantap makanan jadul bisa mengingatkan pada kenangan masa kecil dan bernostalgia pada zamannya. Beberapa makanan jadul jika dihadirkan sekarang mungkin akan cukup unik. Beberapa diantaranya terkadang membuat kita tercengang heran. Keunikan beberapa makanan jadul ini bisa membuat kita terheran. Mau tahu 2 makanan jadul 90an yang unik yang satu ini? Yuk langsung kita simak aja.

2 Makanan Jadul 90an Unik

Dawet Sambal Pedas

Makanan jadul yang satu ini sangat unik, mungkin ada banyak orang yang belum pernah mencicipi bahkan melihat bentuknya seperti apa. Dawet sambel ini memang mirip dengan dawet pada umumnya. Bahan utamanya adalah cendol putih tepung ganyong. Cara penyajiannya sangat berbeda dengan dawet pada umumnya. Jika biasanya disantap dengan gula merah, santan dan tambahan es. Cendol yang satu ini ditambahkan berbagai macam topping. Lebih uniknya lagi cendol ini di sajikan dengan tauge mentah, kubis, tahu potong, daun bawang dan juga sambal kacang pedas. Tentu rasanya cukup unik dan sangat khas.

Mungkin bagi sebagian orang merasa aneh dengan perpaduan cendol yang satu ini. Biasanya cendol di nikmati sebagai minuman dingin dengan ciri khas manis. Namun berbeda dengan cendol yang satu ini identik dengan rasa pedas, gurih, manis. Perpaduan yang cukup nikmat sekaligus unik. Beberapa orang mengaku menyukai makanan jadul yang satu ini. Bahkan tak sedikit yang rindu ingin mencicipi makanan yang satu ini. Gimana nih kamu penasaran sama makanan jadul yang satu ini? Yuk kita simak ada resep membuat makanan jadul 90an cendol sambal pedas.

Kembang Tahu

Berbicara soal makanan jadul pasti ada banyak makanan masa lampau yang muncul dibenakmu. Beberapa diantaranya memang kamu sering mendengar dan bahkan pernah mencobanya. Namun ada beberapa makanan jadul 90an yang berasal dari beberapa daerah yang dirasa unik. Bagaimana bisa unik? nah dari namanya saja pasti kamu sudah penasaran dan menebak-nebak seperti apa tampilannya dan juga rasanya.

Kembang tahu adalah nama makanan jadul 90an yang dulu jadi salah satu makanan yang cukup banyak digemari. Biasanya kamu mendengar tahu diolah menjadi apa? pastinya diolah seperti digoreng, ditumis atau dimasak bersama soup. Berbeda dengan makanan yang satu ini. Sangat unik penyajiannya, kembang tahu ini diolah menjadi minuman. Cukup aneh bukan?

Kembang tahu ini dinikmati layaknya minuman yang ditambah dengan es. Ada pula yang di nikmati seperti bubur sumsum. Kembang tahu ini adalah produk sampingan proses perebusan kedelai yang diambil dari endapan yang terkumpul di permukaan air perebusan kedelai.

Kembang tahu biasanyad ijual kering, ada yang dijual tipis, batangan, simpul dan tebal. Pemanfaatannya biasanya dicampurkan dalam makanan seperti sup, timlo, tumisan dan cap cap. Nah apa jadinya jika kembang tahu dijadikan minuman? Pasti kamu penasaran sekaligus heran rasanya seperti apa. Nah langsung aja kita cari tahu resepnya.

Resep Makanan Jadul 90an Kembang Tahu

Bahan :

  • Susu kedelai 750 ml
  • Gula pasir 50 gram
  • Agar-agar bubuk 2 gram
  • Air 750 ml
  • Gula merah 150 ml
  • Sereh 2 batang
  • Jahe 50 gram
  • Daun pandan 1 lembar

Cara Membuat :

  1. Campur susu kedelai, gula dan agar-agar lalu aduk rata. Kemudian panaskan dalam api sedang hingga mendidik. Aduk hingga semua rata, angkat.
  2. Pindahkan dalam loyang atau wadah bentuk persegi. Sisihkan hingga mengeras.
  3. Rebus air, gula merah, jahe, daun pandan dan sereh sampai mendidih. Aduk hingga kuah kental, angkat kemudian saring.
  4. Sediakan mangkuk saji, ambil puding dengan sendok atau apapun itu. Tuang ke mangkuk lalu siram dengan kuah gula jahe.
  5. Kembang tahu siap dihidangkan.

Nah tadi adalah 2 makanan jadul 90an yang unik dengan ciri khasnya masing-masing. Gimana kamu mau menjajal membuatnya sendiri? Atau kepikiran melestarikan kebudayaan nusantara dengan mengembangkan bisnis makanan jadul ini dengan dikemas konsep lebih menarik dan kekinian? Yuk, mulai dari sekarang, mulai dari yang kecil. Selamat mencoba.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba