12 Ide Kue Jadul Indonesia Yang Unik dan Melegenda

Ada banyak aneka kue jadul Indonesia yang sampai saat ini masih terus eksis dan jadi kegemaran para masyarakat. Rupanya meskipun dikatakan kue jadul namun kenyataanya kue jadul tetap jadi primadona. Kue jadul Indonesia pun sampai saat ini terus populer di kalangan masyarakat. Untuk menemukan kue jadul ini kamu bisa mendapatkanya di jajanan pasar. Biasanya berbagai varian kue jadul tersedia disana.

Meski kini hadir banyak jajanan kekinian yang sedang booming. Kenyataanya kue jadul ini tetap menjadi favorit para masyarakat. Keunikan dan ciri khas dari kue jadul ini mampu mengambil hati para masyarakat. Kekhasan kue jadul ini tidak bisa tergantikan dan di geser dengan jajanan kekinian. Meski dikatakan jadul namun tetap memiliki daya tarik tersendiri. Nah ini dia 12 ide kue jadul Indonesia yang unik dan melegenda sejak zaman dulu.

12 Ide Kue Jadul Indonesia

Kue Cucur

Kue jadul yang satu ini hampir mirip dengan serabi. Warnanya merah bata dengan ciri khas rasa manis. Jajanan yang satu ini terbuat dari gula aren dan tepung terigu yang digoreng. Bagian tengahnya tebal dan tipis pada bagian pinggirnya. Bentuknya ini seperti bunga lotus yang cantik dan menggoda untuk dicicipi. Kue yang satu ini dikenal dengan nama kue cucur dan biasanya dihidangkan untuk bersantai teman ngeteh atau ngopi.

Kue Talam

Makanan jadul yang satu ini warnanya sangat menggoda untuk dicicipi. Perpaduan hijau dan putih dari kue ini sangat unik dan menarik. Jajanan ini memiliki rasa yang legit, manis dan teksturnya sangat kenyal lembut. Kue talam ini terbuat dari tepung sagu, tepung beras, pandan dan gula.

Dadar Gulung

Merupakan kue jadul Indonesia yang cukup populer dan sering disebut dengan pancake. Kue ini tampilannya gulungan dengan isian kelapa gula jawa di dalamnya. Rasa paling khas paling dominan yang di dalamnya adalah rasa manis dan gurih. Rasa khas dan sangat Indonesia menjadikan siapa pun yang mencicipi menjadi ketagihan. Kue jadul bernama dadar gulung ini sangat identik dengan warna hijau. Namun kini seiring dengan perkembangan zaman tampilannya semakin beragam. Ada yang berwarna kuning, coklat, merah dan masih banyak lagi.

Bikang

Kue jadul Indonesia kali ini adalah bikang, yang merupakan kue yang sangat dikenal oleh para masyarakat Indonesia. Terutama bagi orang Jawa, kue ini dinamakan coro bikan. Biasanya warnanya beragam, ada yang berwarna merah muda, hijau, coklat, putih. Teksturnya mirip dengan bika Ambon namun ini berwarna warni dan bentuknya bundar dan mengembang di tengahnya.

Nagasari

Kue jadul yang satu ini terbuat dari bahan tepung beras dan santan. Dengan isian pisang didalamnya, uniknya kue yang satu ini di bungkus dengan daun pisang dan cara memasaknya dengan di kukus dengan menggunakan daun pisang. Tentu sangat unik dan khas sekali ada bau aroma daun segar dari proses memasak yang membuatnya semakin nikmat untuk dinikmati. Sensasi rasa lembut, manis, gurih ini mampu membuat ketagihan saat gigitan pertamanya.

Kue Bugis

Kue yang satu ini namanya kue bugis, dan merupakan kue basah tradisional Indonesia dari Sulawesi. Makanan ini berbahan dasar tepung beras ketan yang dipadukan atau diisi dengan parutan kelapa dan gula jawa. Rasa khas yang di tawarkan adalah lembut, lezat, manis dan gurih ketika dinikmati. Jika di daerah Jawa kue ini hampir mirip dengan kue mendut.

Kue Mendut

Jajanan yang satu ini adalah kue dari Jawa yang konon katanya berasal dari cerita roro mendut. Mendut ini terbuat dari tepung beras yang diisi dengan gula merah. Di beberapa tempat kue ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan diberi santan. Namun ada pula yang hanya disajikan tanpa kuah santan. Tekstur kenyal dan manis merupakan ciri khas dari mendut yang satu ini.

Kue Bugis Mandi

Kue jadul Indonesia yang satu ini disebut dengan kue bugis mandi karena tampilan ciri khasnya adalah dihidangkan dengan rendaman saus santan kental. Selain itu kue ini diisi dengan parutan kelapa, kacang hijau. Tampilannya yang sangat khas sangat menggoda untuk dicicipi. Rasanya manis, gurih, lembut dan nagih.

Mata Kebo

Siapa yang tak kenal dengan kue yang satu ini? kue ini namanya mata kebo. Identik dengan warna merah yang sangat menggoda untuk dicicipi. Kue ini konon katanya berasal dari Tiongkok dan kini sangat populer di Indonesia. Bentuknya bulat pipih agak lonjong dan seperti kura-kura. Kue ini berasal dari tepung beras ketan warna merah.

Biasanya diisi dengan kelapa yang dicampur gula jawa. Ada pula yang diisi dengan kacang hijau. Ciri khas dari kue ini dibungkus dengan daun pisang dan kemudian dikukus. Kini sudah mulai beragam warnanya, ada mata kebo yang dibuat dari ubi ungu dan warnanya ungu. Ada pula yang berwarna hijau dengan menggunakan warna alami dari daun suji.

Kue Lumpur

Kue jadul Indonesia yang satu ini adalah jajanan kue basah yang memiliki tekstur sangat lembut. Jajanan ini terbuat dari santan dan tepung terigu yang dicampur dengan kentang, telur, vanila dan kismis. Kue yang satu ini cukup manis dan lembut teksturnya. Aroma vanilla pandan sangat khas dan menjadi daya tarik tersendiri.

Putu Ayu

Kue yang satu ini namanya putu ayu, sesuai dengan namanya kue ini memang bentuk tampilannya ayu. Kue ini dibuat dengan cara dikukus dan disajikan dengan parutan kelapa. Waranya biasanya hijau dan putih dengan ciri khas rasa gurih dan manis. Jajanan ini terbuat dari tepung terigu, gula, santan dan masih banyak campuran bahan pendukung lainnya. Putu ayu ini memiliki aroma yang sangat menggoda, gurih, manis dan harum yang khas dari daun pandan.

Semar Mendem

Semar mendem adalah kue jadul Indonesia yang berasal dari daerah Solo. Hampir mirip dengan lemper namun memiliki ciri khas yang berbeda. Terbuat dari ketan putih yang di aron dan dicampur dengan santan dan garam lalu dikukus. Rasanya sangat gurih dan nikmat, dengan isian daging cincang didalamnya. Dan campuran terigu dan telur dadar yang membungkus bagian luarnya.

Nah itu tadi adalah 12 ide kue jadul Indonesia yang bisa dijadikan referensi untuk bisnis. Beberapa kue jadul tadi merupakan kue paling enak dan jadi favorit para masyarakat Indonesia. Gimana siap membuat dan memodifikasinya lebih menarik dan kekinian?

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba