3 Tahun Hidup di Jalanan, Kini Jadi Juragan Lobster Hias Air Tawar

Lobster hias menjadi salah satu komoditas perikanan yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Pasar yang besar menjadi salah satu alasan kenapa banyak pihak melirik lobster hias untuk dijadikan ladang penghasilan. Hal itu pula yang menjadi latar belakang Agus dari Nisa Mina Lobster Magelang membudidayakan lobster hias air tawar.

Sempat mengenyam kehidupan jalanan sebagai anak punk, Agus perlahan tapi pasti mampu mengembangkan budidaya lobster hias berjenis clarkii. Cerita pahit di jalanan justru menjadikannya bermental lebih kuat menjalani lika liku dunia usaha.

Kendati sempat diremehkan lingkungan sekitar, namun berkat ketekunan dan restu dari keluarga (khususnya ibu) usaha lobster hias yang digeluti Agus semakin berkembang pesat. Bahkan dirinya mampu memberdayakan lingkungan dari mulai anak muda hingga orang tua untuk ikut membudidayakan lobster hias.

Bukan tanpa sebab, selain untuk pemberdayaan dan pengabdian masyarakat, keputusan Agus mengajak lingkungannya untuk berdaya juga karena pasar. Keterbatasan lahan yang dimiliki agus membuat dirinya memutar cara melayani kebutuhan pasar, baik lokal maupun nasional. (her_)

Tinggalkan komentar