Kopi Suroloyo, Menikmati Kopi dari Puncak Tertinggi Pegunungan Menoreh

Puncak Suroloyo yang berada di Kecamatan Samigaluh Kulon Progo dikenal sebagai kawasan wisata alam dengan view yang menawan. Menjadi salah satu puncak tertinggi di Pegunungan Menoreh, dari Puncak Suroloyo kita bisa melihat Candi Borobudur serta gunung-gunung tinggi di Jawa seperti Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dll.

Selain eksotisme view dan wisata, di kawasan Suroloyo kita juga bisa menikmati sajian kuliner khas wilayah tersebut, salah satunya kopi. Kopi Suroloyo baik jenis robusta maupun arabica memiliki citarasa khas.

Fakta tersebut disampaikan oleh Windarto, akamsi (anak kampung sini) dari Suroloyo yang berperan mengembangkan dan memperkenalkan kopi Suroloyo ke khalayak. Menurut Mas Win (sapaan akrab), kopi di kawasan Suroloyo sejatinya sudah ada sejak zaman nenek moyang dulu. Namun karena dari sisi pengolahan dan pemasaran masih tradisional, kopi suroloyo belum banyak dikenal dan memiliki nilai jual lebih.

Generasi Mas Win dan teman-teman yang melihat kondisi tersebut tergerak hati untuk mengolah dan memasarkan kopi suroloyo ke pasar yang lebih luas. Step by step dari sisi branding, pengolahan (mesin), kemasan, dan pemasaran dia perbaiki satu per satu. Bahkan kini Mas Win juga mendirikan kedai kopi di kawasan wisata Puncak Suroloyo untuk lebih memperkenalkan dan memperluas jangkauan pasar (wisatawan).

Penasaran dengan cita rasa khas dari Kopi Suroloyo beserta sajian khas lainnya? Lengkapnya bisa disimak di video liputan kami ya! (her_)

Tinggalkan komentar