Inspirasi Bisnis

4 Kiat Sukses Ini, Bikin Bisnis Jasa Cuci Motor & Mobil Anti Sepi!

SHARE YUK!

4-kiat-sukses-ini-bikin-bisnis-jasa-cuci-motor-mobil-anti-sepiDi kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, kemacetan lalu lintas tentu sudah menjadi suatu pemandangan yang biasa. Jumlah kendaraan yang terus meningkat setiap waktu menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Menurut data dari Perhimpunan Studi Pengembangan Wilayah, sedikitnya ada sekitar 18 juta kendaraan yang masuk jakarta setiap harinya. Sungguh jumlah yang sangat luar biasa!

Tapi jika kita amati dengan kacamata bisnis, realita ini sebenarnya dapat dijadikan sebagai satu peluang bisnis yang cukup menguntungkan. Salah satunya saja seperti peluang bisnis jasa cuci motor dan mobil.

usaha-cuci-motor

Jumlah kendaraan yang sangat besar ditambah dengan kesibukan masyarakat perkotaan yang tidak punya banyak waktu untuk mencuci kendaraannya sendiri, membuat bisnis jasa cuci motor dan mobil ini jadi salah satu pilihan yang tepat di tengah tingkat kemacetan yang semakin padat. Apalagi saat musin penghujan datang, jasa ini akan semakin banyak dibutuhkan orang.

Nah bagi anda yang ingin mencoba bisnis ini atau mungkin ingin mengembangkan bisnis jasa cuci motor dan mobil yang sudah anda rintis, berikut beberapa tips biar pelanggan anda makin setia!.

  1. Lokasi Strategis

Pemilihan lokasi bisnis menjadi salah satu faktor penting dalam menjalankan sebuah usaha, tak terkecuali bisnis jasa cuci kendaraan ini. Pemilihan tempat akan sangat berperan besar dalam kelancaran dan kesuksesan bisnis. Pastikan untuk memilih tempat yang mudah dijangkau oleh para pelanggan, baik menggunakan motor ataupun mobil.

lokasi-strategis

Lokasi yang dekat dengan pusat keramaian juga bisa menjadi pilihan. Perhatikan pula adanya para kompetitor saat memilih lokasi. Dan yang tidak kalah penting adalah pastikan lokasi tersebut mampu membuat pelanggan mengetahui keberadaan usaha kita. Hal ini dikarenakan tak jarang banyak usaha didirikan dilokasi yang sudah strategis namun banyak pelanggan yang tidak mengetahui keberadaannya. Jadi pilih lokasi secara cermat ya!

  1. Hasil yang Optimal Jadi Alasan Pelanggan untuk Datang Kembali

Jika lokasi usaha sudah sesuai, langkah berikutnya adalah memberikan kualitas terbaik untuk pelanggan. Pastikan hasil cucian bisa optimal, sehingga para pelanggan akan merasa puas dengan service yang kita berikan. Kepuasan pelanggan juga menjadi salah satu faktor kunci dalam kesuksesan sebuah usaha.

good-services

Pelanggan yang merasa puas, kemungkinan besar pasti akan kembali lagi. Ada baiknya anda merekrut para pekerja yang kompeten untuk memberikan hasil pelayanan yang maksimal. Dan juga lupa Services pelanggan dengan pelayanan terbaik dari anda. Bersikap ramah dan memberikan senyum adalah hal sederhana yang bisa anda berikan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. So, Jangan lupa senyum ya!.

  1. Harga yang kompetitif

Hasil yang Optimal dan pelayanan yang baik masih belum cukup lho.. kalo harga tidak bersaing dengan kompetitor lain yang tidak berada jauh dari lokasimu. Bisnis pencucian mobil dan motor ini sensitif terhadap harga karena harga standar yang relatif kecil. Apalagi untuk motor yang mengingar masyarakat marginal, beda harga 2 ribu saja sudah menjadi pertimbangan mereka dalam pemilihan lokasi cuci motor.

  1. Sediakan Wifi

Bisnis cuci motor dan mobil ini sekarang meskipun menjamur tapi dalam waktu-waktu tertentu seperti di saat akhir pekan masih seringkali terlihat penuh, banyak antrian. Terkadang pelanggan bisa membatalkan niatnya untuk cuci motor di suatu tempat bila antrian terlalu panjang. Nah untuk mensiasati hal ini, perlu anda pikirkan service tambahan buat pelanggan kalian agar tetap bersedia sabar menunggu.

logo-wista

Anda bisa menambahkan fasilitas tambahan untuk makin memanjakan para pelanggan. Salah satunya yaitu dengan menyediakan WiFi Station dari Telkom Indonesia yang siap membuat pelanggan makin betah dengan internet super ngebut!. Dijamin pelanggan susah move on dan makin setia!

Demikian tips untuk memulai ataupun mengembangkan usaha cuci kendaraan untuk anda. Semoga bermanfaat!.

 

— Rizal D. P–

BisnisUKM.com

SHARE YUK!