5 Cara Ampuh Sukseskan Bisnis Fashion Online Kamu

sumber gambar: Unsplash.com/Lauren Fleischmann

Bisnis fashion? Kenapa tidak? Fashion tentu saja menjadi salah satu keperluan wajib bagi manusia. Bisnis ini sangat menjanjikan dan sudah banyak sekali yang mencobanya. Maka, supaya kamu juga bisa mengikuti jejak kesuksesan pengusaha fashion sebelumnya, kamu perlu tahu 5 cara ampuh ini. Pokoknya jangan skip satu carapun supaya bisnismu makin yahut.

1. Cari tahu dulu sasaran bisnismu. Untuk siapa?

cari-tahu-siapa-pelanggan
sumber gambar: Unsplash.com/Fancycrave

Kalau kamu ingin mulai bisnis fashion, hal paling pertama yang perlu kamu pertimbangkan adalah… untuk siapa? Siapakah sasaran pelanggan? Apakah kamu akan menyediakan fashion untuk semua kalangan, perempuan saja, laki-laki saja, atau anak-anak? Kamu harus pikirkan itu sedari awal. Sebaiknya untuk permulaan, target pasarnya spesifik saja, misalnya fashion wanita.

Menjadikan wanita sebagai target pemasaran juga tidak sembarangan. Perlu juga mempertimbangkan usia berapa saja sasarannya? Apakah remaja atau dewasa. Karena setiap segmen punya karakteristik masing-masing. Selera untuk setiap kalangan umur juga cenderung berbeda, sehingga perlu pendalaman dalam menentukan siapa ya target pasar bisnis fashion yang saya jalankan? Pokoknya salah satu kunci sukses bisnis fashion adalah kreativitasmu.

2. Persiapkan amunisi bisnis fashion online-mu!

sumber gambar: Unsplash.com/Benjamin Dada

Kamu sudah memutuskan untuk berbisnis secara online. Ada beberapa alasan mengapa seseorang biasanya memilih online. Pertama, karena hemat biaya tidak perlu sewa gedung. Kedua, karena lebih fleksibel. Ketiga, karena memang sekarang jamannya sudah serba online sehingga harus diikuti.

Kalau kamu sudah mantap ingin usaha online, kamu harus pastikan paham alur perdagangan online. Kamu bisa menyediakan produk yang ready stock ataupun sistem pre order. Semua tergantung kebijakan online shop kamu. Pastikan juga kamu punya tenaga ahli yang nantinya akan memantau pemasaran dan melakukan pemasaran melalui media sosial. Pokoknya jangan pernah meremehkan kekuatan media sosial!

3. Manfaatkan hasil riset untuk menentukan produk

trend-fashion
sumber gambar: Unsplash.com/Hannah Morgan

Riset bisa lewat beragam cara. Bisa dengan cara obsevasi langsung terkait model pakaian yang sedang hits, bisa juga lewat jejak pendapat. Kalau bisa keduanya malah lebih baik lagi karena saling melengkapi. Jadi, kamu bisa tahu produk apa saja yang sedang digandrungi sehingga produk yang kamu siapkan bisa laku dipasaran. Jangan sampai karena kamu terlalu malas riset, ujung-ujungnya kamu juga yang rugi karena produkmu tidak lak. Pokoknya jangan sampai hal mengerikan itu terjadi pada bisnismu ya!

4. Harus punya strategi marketing yang baik

Menjalankan bisnis online itu erat kaitannya dengan digital marketing. Kamu butuh seseorang yang memang pandai di bidang ini untuk menunjang suksesnya bisnis online kamu. Media sosial tidak bisa dikelola sembarangan, sesuka hati. Ada teknik marketing yang harus dikuasai supaya calon pembeli yang mengikuti akun media sosial, tidak berakhir mengunfollow akun kamu. Sayang banget, udah capek-capek promosi akun eh ujung-ujungnya di unfollow karena ternyata stategi marketing yang dipakai nggak banget.

Pokoknya kalau pakai media sosial jangan sampai memberikan kesan kalau kamu spam terlalu banyak postingan. Itu justru mengganggu followers kamu. Itulah mengapa dibutuhkan digital marketing biar usahamu bisnis online tidak sia-sia.

Biasanya orang akan tertarik kalau ada lomba. Adakan saja lomba misalnya ootd, di mana setiap foto yang diunggah wajib tag akun media sosial online shop kamu. Oh iya, pastikan kalau yang ikutan lomba adalah followers kamu. Itung-itung nambah followers. Siapa yang ootd-nya paling keren dengan caption menarik berhak mendapatkan hadiah dari kamu. Pokoknya dengan cara-cara sederhana yang bisa membahagiakan calon pelanggan kamu deh.

5. Bekerjasama dengan selebgram

Selebgram di sini tidak harus selebriti yang sudah pasti bayarannya kadang bisa sangat mahal. Kalau kamu baru mulai bisnis dan merasa belum cukup banyak modal membayar biaya endorsement, kamu bisa manfaatkan orang terdekatmu. Ya, kamu past punya kenalan yang followers-nya banyak? Manfaatkan link yang kamu punya untuk usahamu.

Kamu bisa minta tolong rekan atau kerabatmu untuk membantu promosikan produk. Simpel banget kan? Itulah mengapa dalam berbisnis, link sangat penting. Makanya, perluas pergaulan kamu ya biar punya semakin banyak relasi.

6. Kemasan menjadi salah satu strategi marketing

Hei, kamu yakin masih mau membungkus produkmu hanya dengan plastik bening? Kamu bisa lho pakai kemasan yang agak lain dari yang lain. Harapannya, perbedaan yang menonjol ini bisa menjadi ciri khas bisnis online kamu. Kalau kamu penasaran contoh kemasan untuk produk fashion-mu, boleh banget mampir ke sini.

Oke, itu tadi enam cara jitu yang akan bikin kamu selangkah lebih dekat mencapai kesuksesan bisnis yang hakiki. Apabila kamu sekarang sedang berbisnis online dan punya tambahan jurus lainnya, boleh lho sharing di kolom komentar! Selamat merintis bisnis bagi yang sedang belajar! Dan semoga bisnisnya lancar terus bagi yang sudah lama terjun ke bisnis fashion online!

 

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba