Inspirasi Bisnis

5 Ide Bisnis Jasa yang Cocok di Daerah Perkotaan

Bisnis jasa di perkotaanGaya hidup masyarakat perkotaan yang cukup dinamis, nampaknya turut memunculkan permintaan dan kebutuhan yang serba praktis. Tuntutan aktivitas kerja yang cukup tinggi serta waktu luang yang terbatas, menjadi alasan mengapa bisnis jasa peluangnya masih sangat potensial di daerah perkotaan.

Sedikitnya ada lima sektor bisnis jasa yang potensi perkembangannya semakin menjanjikan di daerah perkotaan. Kira-kira apa saja layanan jasa yang banyak dicari masyarakat di perkotaan? Simak 5 ide bisnis jasa yang cukup potensial untuk dijalankan di kawasan kota.

Pertama, Jasa Transportasi

Mobilitas masyarakat perkotaan yang relatif tinggi, memberikan celah baru bagi para pelaku usaha untuk merintis bisnis jasa transportasi. Contohnya saja seperti sekarang ini yang sedang booming adalah jasa transportasi berbasis aplikasi online seperti Go-jek, Grabbike, Grabtaxi, Bangjek, Blue-Jek, dan lain sebagainya. Selain jasa transportasi dengan aplikasi online, saat ini jasa rental mobil juga kian menjanjikan karena sebagian besar instansi maupun perusahaan di daerah perkotaan kini lebih memilih sewa mobil bulanan atau tahunan untuk kebutuhan operasional kantor.

Kedua, Sektor Pendidikan

Inovasi dan pertumbuhan bisnis jasa bisa dikatakan sejalan dengan permintaan dan kebutuhan pasar. Tak terkecuali perkembangan bisnis jasa di sektor pendidikan, seiring dengan bertambahnya jumlah wanita karir di kota-kota besar, saat ini lembaga pendidikan non formal seperti misalnya PAUD, Kelompok Bermain (KB), dan day care, banyak dibutuhkan di kota-kota besar. Tidak hanya itu saja, banyak orang tua yang sengaja memberikan les tambahan seperti kursus bahasa, les melukis, mewarnai, les membaca iqro, komputer, dan lain sebagainya.

Ketiga, Jasa Sewa Rumah

Mengingat banyaknya pendatang yang melancong ke kota-kota besar, maka salah satu ide bisnis jasa yang sangat cocok dijalankan di kota besar adalah jasa sewa tempat tinggal. Baik itu berupa kost-kostan, kontrakan rumah, ataupun sewa apartemen yang belakangan ini keuntungannya semakin menjanjikan. Tentu untuk bisa menjalankan bisnis jasa yang satu ini, modal usaha yang dibutuhkan tidaklah sedikit.

Keempat, Jasa Kesehatan dan Kecantikan

Meski peluang bisnis di sektor ini masih terbilang baru, namun kemunculan bisnis jasa kesehatan dan kecantikan menjadi bukti bahwa inovasi dan perkembangan bisnis bisa lahir selaras dengan kebutuhan pasar. Dengan tingkat stress yang cukup tinggi, masyarakat perkotaan membutuhkan layanan terapi kesehatan dan kecantikan untuk menunjang penampilan mereka setiap harinya. Beberapa bisnis jasa di sektor ini yang mulai bermunculan di daerah kota seperti misalnya klinik terapi herbal, sanggar yoga, senam, ataupun bisnis salon dan spa.

Kelima, Bisnis Jasa di Bidang Hiburan dan Pariwisata

Beberapa tahun terakhir, sektor pariwisata khususnya seperti hotel serta tour and travel mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Bahkan bisa dikatakan pariwisata menjadi penggerak ekonomi sebuah negara. Dan seperti yang dapat kita lihat bahwa peningkatan dunia pariwisata saat ini sedang mengalami perkembangan yang cukup pesat, tak terkecuali pertumbuhan bisnis pariwisata di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan menjamurnya hotel-hotel baru dan jasa tour and travel di berbagai daerah di Indonesia.

Nah, dari kelima bisnis jasa yang telah kita kupas, selanjutnya Anda bisa memilih peluang bisnis yang sesuai dengan keterampilan dan kondisi finansial Anda. Salam sukses!

Sumber gambar : http://www.jccany.org/images/content/pagebuilder/fhccc3.jpg